Pendistribusian Zakat Infak Sedekah Berbasis Kemitraan di BMT Amanah Ummah Sukoharjo

Nurul Huda(1*)

(1) Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pendistribusian Zakat, Infak, Sedekah (selanjutnya disebut ZIS) di BMT Amanah Ummah melalui pola kemitraan dengan lembaga pengelola zakat, yaitu Lazismu UMS. BMT Amanah Ummah dalam mendistribusikan melalui pola mandiri belum terlaksana secara optimal menjangkau mustahik secara luas dengan berbagai program kegiatan. Melalui pola kemitraan, kendala pendistribusian ZIS di BMT Amanah Ummah diharapkan dapat lebih optimal. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui proses dokumentasi. Adapun hasil penelitian adalahpertama, BMT Amanah Ummah dalam mendistribusikan ZIS telah menjalin kemitraan dengan Lazismu UMS yang direalisasikan dalam Program Ben Sehat dan Ben Pinter; Kedua, Kemitraan BMT Amanah Ummah dengan Lazismu UMS dalam mendistribusikan ZIS termasuk jenis bentuk pendistribusian konsumtif kreatif; Keitga, Kemitraan BMT Amanah Ummah dengan Lazismu UMS dalam mendistribusikan ZIS telah melaksanakan berdasarkan prinsip pemerataan, keadilan, dan kewilayahan; Keempat, kemitraan BMT Amanah Ummah dengan Lazismu UMS belum menjangkau jenis bentuk distrtibusi ZIS yang lainnya, seperti konsumtif tradisional, produktif tradisional, dan produktif kreatif. Demikian pula apabila dilihat dari prinsip pemerataan, belum meliputi ke seluruh program yang lain, yaitu: Kelembagaan, Ben Kuat, dan Ben Seneng.

Keywords

Pendistribusian ZIS, BMT Amanah Ummah, Lazismu UMS.

Full Text:

PDF

References

Ash-Shiddique, Hasbi., Pedoman Zakat, (Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2009).

BAZNAS, Fikih Zakat Kontekstual Indonesia, (Jakarta: Badan Amil Zakat Nasional, 2018).

Dakhoir, Ahmad., Hukum Zakat: pengaturan dan Integrasi Kelembagaan Pengelolaan Zakat Dengan Fungsi Lembaga Perbankan Syariah, (Surabaya: Aswaja Presindo, 2015).

Departemen Agama Republik Indonesia, al-Qur’an dan Terjemahnya, (Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir al-Qur’an, 1984).

Departemen Agama RI, Pedoman Zakat, (Jakarta: Proyek Peningkatan zakat dan wakaf, 2002).

Dokumen Laporan Tahunan BMT Amanah Ummah Tahun 2020.

Dokumen Laporan Tahunan BMT Amanah Ummah Tahun 2021.

Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Pengelolaan Zakat dan wakaf, (Bandung: Fokusmedia, 2012).

Soemitro, Andri., Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009).

Article Metrics

Abstract view(s): 224 time(s)
PDF: 134 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.