ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN

Mohamad Ali(1*), Dartim Dartim(2), Mohammad Zakki Azani(3), Nurul Latifatul Inayati(4), Istanto Istanto(5)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Adanya kesesuaian proses pada Program Studi dalam menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh pengguna dan kerangka kurikulum yang tepat dalam implementasinya adalah syarat mutlak keberhasilan sebuah pengajaran di perguruan tinggi. Termasuk Prodi Pendidikan Agama Islam UMS sebagai bagian penting di dalamnya. Oleh karena itu penelitian ini hadir untuk memberikan kerangka atau gambaran peta jalan bagaimana design kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna atau user.

Selain itu, tulisan ini menjadi penting, karena mencoba melihat tingkat kepuasan stakeholder dalam hal ini sekolah (negeri dan swasta) terhadap kompetensi lulusan Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta baik pada aspek kompetensi peadagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kata lain tulisan ini bermaksud memotret dan membahas tingkat kepuasan sekolah atau lembaga pendidikan yang menjadi stakeholder atau user alumni Prodi PAI hingga mampu memunculkan rekomendasi untuk diimplementasikan pada kurikulum yang tepat bagi pengembangan Prodi PAI.

Keywords

Kurikulum, Pendidikan Islam, Pemangku Kepentingan

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. 2012. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Bourdieu, Pierre. 2000. Practical Reason: On the Theory of Action. Stanford. California: Stanford University Press.

Gafur, A. H. 2008. Manajemen Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Gunawan, Imam dan Djum Djum Noor Benty. 2017. Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta CV.

Irma Yusriani Simamora dan Mukhtaruddin, “Alumni Dan Stakeholder (Studi Terhadap Kepuasan dan Harapan Stakeholder Terhadap Alumni)”, Jurnal: Penelitian Medan Agama Vol. 10, No. 1, 2019.

Kamus KBBI online https://www.kbbi.web.id/ diakses pada 21 Januari 2022

Kurniadin, Didin dan Imam Machali. 2016. Manajemen Pendidikan Konsep Dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lestari, Yovi Anggi, dan Purwanti, M. (2018). “Hubungan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial, dan Kepribadian Pada Guru Sekolah Nonformal X”. Jurnal Kependidikan, Volume 1 nomor 2.

Mohamad Ali dan Istanto. 2018. Manajemen Sekolah Islam. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Musfah, J. 2015. Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nasbi, Ibrahim. 2017. Manajemen Kurikulum Sebuah Kajian Teoris. Makassar: UIN Alauddin Makassar Press.

Oemar Hamalik. 2017. Dasar Dasar Pengeangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ridwan Purnama dan Sulastri, “Analisis Model Kekuatan Stakeholder Dalam Desain Dan Implementasi Kebijakan Upi”, Jurnal llmu Manajemen & Bisnis -Volume 5 Nomor 2 September 2014.

Rino, Kurikulum. 2017. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saiful Bahri dan Heru Juabdin Sada. “Studi Tingkat Kepuasan Stakeholders Terhadap Kompetensi Lulusan Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Raden Intan Lampung di Kota Bandar Lampung”, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 10. No. I. 2019.

Samsudi dan Joko Widodo2, dkk, “Strategi Kemitraan Smk dengan Stakeholders dalam Pengembangan Kewirausahaan Lulusan”, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 33 Nomor 2 Tahun 2016.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafaruddin dan Amiruddin. 2017. Manajemen Kurikulum. Medan: Perdana Publishing

Usman, Husaini. 2019. Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Wahyudin, Dinn. 2014. Manajemen Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Article Metrics

Abstract view(s): 249 time(s)
PDF: 182 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.