IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BEHAVIORISTIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SD MUHAMMADIYAH KUTOARJO

Widi Hastomo(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Magelang
(*) Corresponding Author

Abstract

Kita tahu Alloh memberikan penglihatan dan pendengaran, yang berfungsi sebagai sarana pendidikan yang berkaitan erat dengan meniru. Akal yang belum sempurna untuk anak-anak menjadi hal yang tidak begitu penting untuk memahami sesuatu tetapi contoh atau keteladanan yang ditiru menjadi penting untuk anak dalam beraktifitas. Pembiasaan yang baik, yang dilihat dan didengar oleh anak menjadi teladan untuk anak meskipun akalnya belum memahami. Kebiasaan (habits) yang diulang terus menerus akan bersemayam di otak bawah sadar anak, sehingga akan dapat menuntun anak terbiasa melakukan hal-hal yang baik.  Tidak dapat dipungkiri bahwa di setiap zaman pendidikan berbasis religiusitas sangat dibutuhkan oleh institusi pendidikan. Program ini selalu mengikuti pergerakan zaman, apalagi di zaman sekarang (generasi 4.0). Anak-anak, khususnya jenjang Sekolah Dasar harus beradaptasi secara kondisional dengan zamannya. Kurikulum yang diprogramkan di jenjang Sekolah Dasar relatif sama, namun perbedaanya pada kurikulum muatan lokal. Pihak sekolah diberikan kebebasan untuk memberikan pendidikan muatan lokal sesuai keadaan serta kebutuhan. Pendidikan muatan lokal berbasis religius dipilih sebagai upaya agar siswa tidak lepas dari aturan agamanya di setiap aktivitas kehidupannya sehari-hari.

Keywords

kurikulum, pembiasaan, keteladanan

Full Text:

PDF

References

Al-Ghazali, Ihya’ Ulumiddin, terj. Moh Zuhri. Jilid 4. (1993). Semarang: Asy Syifa.

Amir Daiaen Indra Kusuma dalam Hasbullah. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ani Jailani Jai, Chaerul Rochman, Nina Nurmila. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Jujur pada Siswa. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. UIN Raden Intan Lampung. Volume 10, Nomor I 2019. ISSN: 20869118. (Online) Tersedia: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/4781

Asmani, Jamal Ma’mur. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Azzet, Ahmad Muhaimin. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Arruz Media.

Cahyono, Heri. (2006). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai dalam Membentuk Karakter Religius. Ri’ayah 01.

Daud, Makmur. (1993). Terjemahan Shahih Muslim, Surabaya: Widjaya.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hamidy, Zainudin H, Dkk. (1995). Terjemahan Shahih Bukhari. Jakarta: Widjaya.

Hasbullah. (1999). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ibnu abdul hafidh Suwaid, Muhammad. (2010). Cara Nabi Mendidik Anak Disertai dengan Contoh-contoh Aplikatif dari Kehidupan Salafush Shaleh dan Ulama Amilin. Jakarta : Al-I’tisham Cahaya Umat.

Ismail SM, dkk. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo bekerja sama dengan Pustaka Pelajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam.

Iswandi. (2019). Efektifitas Pendekatan Keteladanan dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MIN Bandar Gadang. At-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, UIN Raden Intan Lampung. Volume 10, Nomor I 2019. ISSN: 20869118. (Online) Tersedia: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/3742

Kementrian Agama RI. (2012). Al-Qur’an dan Terjemahanya. PT. Sinergi Pustaka Indonesia, 2012 Hlm. 560.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. (2012). Pendidikan Karakter Persepektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012),.

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Mastuhu. (1999). Memberdayakan Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Logos Wacana llmu.

Miller, dalam Munir Mulkhan. (2002). Cerdas di Kelas Sekolah Kepribadian, Rangkuman Model Pengembangan Kepribadian dalam Pendidikan Berbasis Kelas. Kreasi Wacana.

Mulyasa. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Nata, Abudin. (2005). Pendidikan Islam di Era Global, Pendidikan Multikultural, Pendidikan Multin Iman, Pendidikan Agama, Moral dan Etika. Jakarta : UIN Jakarta Pers.

Nurchaili. (2010). Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurhadi, Ali. (2020). Implementasi Manajemen Strategi Berbasis Pembiasaan dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa. Al Afkar: Journal for Islamic Studies, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Volume 3, Nomor 1, Januari 2020. ISSN: 2614-4883. (Online) Tersedia: https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/84/65

Raharjo, Dawam. (1996). Ensiklopedi Al-Quran Tafsir Sosial berdasarkan Konsep-konsep Kunci. Jakarta: Paramadina.

Suyanto. (2000). Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Millinium Ketiga. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Thawaf, Siti Malikah. (1999). Pendekatan Kontekstual PAI. Logos Wacana Ilmu.

Admin, “Kemuliaan dan Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak”, Tersedia: Http://www.voa-islam.com. Diakses Kamis, 17 Juni 2021. Pukul 21:20 WIB.

Wawancara: Kepala SD Muhammadiyah Kutoarjo, Guru dan Karyawan, Siswa dan Wali Murid SD Muhammadiyah Kutoarjo.

Article Metrics

Abstract view(s): 58 time(s)
PDF: 21 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.