TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PANDANGAN HASAN LANGGULUNG
Nur Eko Wahyudi(1*), Mohamad Ali(2)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Hasan Langgulung merupakan salah satu tokoh pendidikan Islam terkemuka yang berkontribusi besar terhadap dunia Pendidikan Islam. Peneliti berminat mengkaji pemikiran dan tujuan pendidikan Islam menurut Hasan Langglung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berdasarkan data-data kepustakaan dengan pendekatan sejarah dan filsafat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasan Langgulung berpandangan bahwa sistem pendidikan berdasarkan dan Al-Qur’an dan Sunnah baik dalam perumusan tujuan, metode, kurikulum, maupun profil guru. 2) Tujuan pendidikan Islam menurutnya dapat dibagi tiga yakni tujuan akhir, tujuan umum Islam, dan tujuan khusus pendidikan Islam dengan menitikberatkan pembentukan akhlak yang mulia, menanamkan iman serta aqidah Islam secara benar, menumbuhkan minat generasi muda untuk taat kepada hukum agama serta menanamkan penghargaan dan rasa cinta terhadap Al-Qur’an. Juga memperhatikan aspek perkembangan seperti jasmaniyah, ruhaniah, intelektual, hati nurani, dan sosial yang ada pada dalam diri seorang muslim supaya bisa memberi manfaat bagi sesama, nusa bangsa dan juga mengabdi berbakti kepada Allah SWT.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Syaibani, Omar Al Touny. (2007). Filsafat Pendidikan Islam. Terj: Prof. Dr. Hasan Langgulung. Jakarta: Bulan Bintang.
Abu Ahmadi, dan Nur Ubiyati. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rinneka Cipta
Abidin, Zainal. (2014). Filsafat Pendidikan Islam. Lampung: STAIN Jurai Siwo Metro Lampung
Ali, Mohamad Dan Zaenal Abdin. (2017). Ilmu Pendidikan Islam Bernuansa Keindonesiaan. Surakarta: Muhammadiyah Universty Press
Enzir. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Langgulung, Hasan. (2004). Manusia dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru
_______________ (1998). Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Marimba, Ahmad D. (1962). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.
Nata, Abudin. (2012). Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: Rajawali Pers
Noor Syam, Muhammad. (1973). Pengantar Filsafat Pendidikan. Malang: FIP IKIP Malang
Ramayulis. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Rinanto, Andre. (1982) Pengantar Pendidikan Islam. Yogyakarta: Yayasan Kanisius.
Rusmin, Muhammad. Januari-Juni 2017. “Konsep dan Tujuan Pendidikan Islam”, Vol. VI No. 1
Tim Dosen FIP IKIP Malang. (1981). Kapita Selekta-Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan, Malang: IKIP Malang
Triwiyanto, Teguh. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Suryana. (2010). Metodologi Penelitian. Bandung: UPI
Syarifudin. 2011. “Tujuan Pendidikan Islam, Pendidikan Islam dan Tujuan Hidup Muslim”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.3, No. 1
Zuhairi. (2018). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract view(s): 63 time(s)PDF: 21 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.