PENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA

Fithri Setya Marwati(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Persaingan antar perusahaan semakin tinggi, sehingga untuk menghadapi hal tersebut perusahaan dituntut untuk dapat memiliki pengetahuan pengetahuan keuangan yang baik dan memiliki motivasi agar dapat langgeng bisnisnya dan memiliki kinerja yang baik. CV. Cikal Reka Kreasi yang bertempat di Sukoharjo sebagai salah satu perusahaan kontraktor di Sukoharjo mendapatkan perhatian terutama dalam pengetahuan keuangan dan motivasi dari karyawan agar dapat langgeng bisnisnya dan memiliki kinerja yang baik.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan dan motivasi terhadap keberlangsungan usaha. Penelitian dilakukan di CV. Cikal Reka Kreasi Sukoharjo dengan waktu penelitian dari bulan November 2016 sampai dengan bulan Juli 2017. Sampel yang diambil sejumlah 133 orang dengan teknik pengambilan menggunakan Slovin. Metode pengolahan data menggunakan analisis regresi berganda.

Dari hasil penelitian ini dapat diketahui variabel-variabel yang diteliti yaitu pengetahuan keuangan dan motivasi berpengaruh secara signifikan dan simultan terhadap keberlangsungan usaha CV. Cikal Reka Kreasi Sukoharjo.

Keywords

Pengetahuan Keuangan, motivasi, keberlangsungan usaha.

Full Text:

PDF

References

Arifin, 1990. Perilaku Dalam Organisasi. Semarang : BPFE UNDIP.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi V. Jakarta: Rineka Cipta Jakarta.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariat. Semarang : BPFE UNDIP.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang, 2002. Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE UGM.

Sekaran, Uma. 2002. Research Methods for Business A Skill Building Approach, Fourth Edition. Singapore: John Wiley & Sons, Inc.

Singgih Santoso. 2001. Buku Latihan SPSS Statistik Parametik. Elex Media Komputindo Gramedia. Jakarta.

SPSS Ins. (2014) SPSS Base 18.0 Application Guide. Chicago: SPSS, In

Sudaryono, Arief, dan Bharata, 2004. Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi. Jurnal Akuntansi dan Manajemen. Maret. STIE YPPN, Yogyakarta.

Sulaiman. Wahid. 2004. Analisis Regresi Menggunakan SPSS. Contoh Kasus dan Pemecahannya. Andi. Yogyakarta.

Tjahjaning Poerwati, 2012. Pengaruh Perilaku Belajar dan Motivasi terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi di UNISBANK Semarang.

Article Metrics

Abstract view(s): 914 time(s)
PDF: 1318 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.