BUDAYA MENGINTEGRASIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM KEGIATAN SEKOLAH DASAR

Sabar Narimo(1*)

(1) progdi pascasarjana
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian pada artikel ini ada tiga. 1) Mendeskripsikan budaya mengintegrasikan karakter religius dalam kegitan kurikuler. 2) Mendeskripsikan budaya mengintegrasikan karakter religius dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah. 3) Mendeskripsikan budaya mengintegrasikan karakter religius dalam kegiatan kokurikuler. Jenis penelitian kualitatif etnografi. Tempat penelitian di Sekolah Dasar Muhammadiyah 16 Karangasem Surakarta. Subjek penelitian, kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa semester genap 2019/2020. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data denga metode induktif. Hasil penelitian, 1) Kegiatan kurikuler dalam menanamkan religius, yaitu membiasakan penghayatan terhadap suatu ajaran, ideologi, doktrin, atau nilai sehingga merupakan keyakinan dan kesadaran akan realitas atau nilai yang diwujudkan dalam sikap dan perilaku, sehingga menjadi siswa yang berwatak dan berbudi pekerti sesuai ajaran agama yang dianutnya. Kegiatan yang terkait dengan pembiasan karakter religius, yaitu salam, doa sebelum dan sesudah belajar. 2) Budaya mengintegrasikan karakter religius dalam kegitan ekstrakurikuler terkait dengan pembiasaan salam, Doa sebelum dan sesudah belajar, Sholat Dhuha, peringatan hari besar islam, Membaca Al-Ma’tsurot, memakai peci, Kegiatan tadarus, penelolaan infak, dan dahwah romadhan. 3) Budaya mengintegrasikan karakter religius dalam kegitan kokurikuler, terkait dengan pembiasaan Baca Tulis Al-qur’an, kultum ba’da dhuhur, Peringatan Hari Besar Islam, zakat dan qurban.

Keywords

budaya, karakter, religius, kegiatan sekolah.

Full Text:

PDF

References

Abdillah, R.A. 2015, Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Smp N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter Edisi April 2015, TH. V, No.1

Amaruddin, H., Atmaja, H.T., & Khafid, M. 2020, Peran Keluarga dan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun X, Nomor 1, April 2020, hlm. 33-46.

Bambang D., & Eny. 2017. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Bangun Rekaprima Vol.03/2/Oktober/2017

Daryanto, 2015, Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah, Yogyakarta: Gaya Media.

Hamid, A. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren: Pelajar dan Santri dalam Era IT & Cyber Culture. Surabaya: IMTIYAZ.

Handayani, N. & Indartono, S. (2016). The Implementation of Multicultural Character Education. International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science , 508518. Joel Stein (2013).

Hermino, A., 2016, “Asean Economic Community in The Perspective of Transformational Leadership In School”, International Journal of Education and Research, Vol. 4 (6), pp. 401-416. Diperoleh dari http://www.ijern.com/journal/2016/June-2016/35.pdf (diunduh tanggal 10 Juni 2017)

Johnson, E. B., 2010, Contextual Teaching and Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Bandung: Mizan Media Utama.

Jumroatun, L., et al. 2018, Implementasi Budaya Sekolah Islami dalam Rangka Pembinaan Karakter Siswa. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 2 Juni 2018, Hal : 206-212 Tersedia Online di http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/ ISSN 2615-8574 (online) (diunduh tanggal 10 Juni 2019)

Kesuma, D., Triatna, C., dan Permana, J., 2017, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kosim, A. 2019, Internalisasi Pendidikan Karakter Berbasis School Culture, Jurnal Wahana Karay Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika Vol. 3 No. 1 Jan-Juni 2019, hal. 240-251.

Lisnawati, S., 2016, “The Habituation Of Behavior As Students’ Character Reinforcement In Global Era”, Journal of Education, Vol. 2 (3), pp. 413-428. Diperoleh dari http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi/article/view/852 (diunduh tanggal 10 Juni 2017)

Maryono, 2015, “The Implementation of Character Education Policy at Junior High Schools and Islamic Junior High Schools in Pacitan”, International Journal of Education and Research, Vo. 3(5), pp. 267-274. Diperoleh dari http://www.ijern.com/journal/2015/May-2015/23.pdf (diunduh tanggal 2 Juni 2019).

Marzuki & Haq, P.I. 2018, Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius dan Karakter Kebangsaan Di Madrasah Tsanawiyah Al falah Jatinangor Sumedang. Pendidikan Karakter, Tahun VIII, Nomor 1, April 2018 (diunduh tanggal 24 Juli 2020).

Miles, M.B, & Huberman, A.M. 2018. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi R. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Moleong, L.J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Murdiono, M. 2018. Strategi Internalisasi Nilai-nilai Moral Religius dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Cakrawala Pendidikan, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY, hlm. 99-111.

Murtako, M., 2015, “Culture-Based Character Education in Modernity Era”, Journal of TA’DIB,Vol.20(1),pp.149164.http://download.portalgaruda.org/article.php?article=388919 &val=7615&title=CULTURE-BASED%20CHARACTER%20 EDUCATION %20%20IN%20MODERNITY%20ERA (diunduh tanggal 10 Juni 2019).

Mushfi, M. & Fadilah, N. 2019. Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menengah Pertama Nurul Jadid, Jurnal MUDARRISUNA Vol. 9 No. 1 Januari-Juni 2019, hlm. 1-22, diakses tanggal 25 Juli 2020.

Muslich, M. 2016. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Neprializa, 2015. Manajemen Budaya Sekolah. Manajer Pendidikan, Volume9, Nomor3,Juli 2015, hlm.419-420

Ningrum, W. S. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Negeri 2 Blunyahan. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakartae-mail:wenny.sulistya2016@student.uny.ac.id

Nugroho, P. 2017, Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dan Kepribadian Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Humanis-Religius, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 12, No. 2, Agustus 2017, hlm. 355-379.

Oktarina, 2015. Implementasi Pendidikan Berbasis Budaya Lokal di Sekolah Dasar Negeri Krebet Tahun Pelajaran 2015/2016. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta

Pattaro, C., 2016, “Character Education: Themes and Researches. An Academic Literature Review” , Italian Journal of Sociology of Education, Vol. 8(1), pp. 6-30. Diperoleh dari http://ijse.padovauniversitypress.it/system/files/papers/2016 _1_2.pdf (diunduh tanggal 11 Juli 2020).

Pradana, Y. 2016. Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah (Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor). UCEJ, Vol. 1, No. 1, April 2016, Hal. 55-67. Untirta Civic Education Journal. ISSN : 2541-6693 (Diterima 29 Februari 2016; direvisi 10 Maret 2016; disetujui 20 Maret 2016) diunduh tanggal 4 Juli 2020.

Putry, R. 2018, Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas, Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies, Vol. 4, No. 1, Maret 2018, hlm. 39-52.

Ramadhanti, M., Sumantri, M.S., & Edwita. 2019, Pembentukan Karakter Dalam Pembelajaran BCTT (beyond center and circle time), Jurnal Educate, Vol. 4 No. 1 Januari 2019, hlm 9- 17.

Sahlan, A. (2010). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Malang: UIN Press Maliki.

Sarafuddin. 2019, Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dan Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Untuk Menangkal Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Tingkat Sekolah Dasar, Widya Wacana Vol. 14 Nomor 1, Februari 2019, hlm 9-19.

Setiyaningrum & Agustini. 2015. Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekola Di Sekolah Dasar. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, Nomor 2, Oktober 2015.

Sivo, S., Karl, S., Fox, J., Taub, G., and Robinson, E., 2017, “Structural Analysis of Character Education: A Cross-Cultural Investigation”, School Psychology Forum: Research in Practice, Vol. 11(2), pp. 33-44. https://www.edcollege.ucf.edu/wp-content/uploads/sites/8/2017/12/ ResearchSivo.pdf (diunduh tanggal 4 Juni 2017)

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Supranoto, H. 2015, Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran SMA. Jurnal: Promosi, Vol.3, No.1 hlm.36, https://fkip.ummetro.ac.id/journal/index.php/ekonomi/article/view/141/112, diakses pada tanggal 24 Juli 2020.

Sutama, 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, kualitatif, PTK, Mix Method, R&D. Sukoharjo: CV. Jasmine.

Suwandayani, B.I. & Isbadrianingtyas, N. 2017. Peran Budaya Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Anak Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Prosiding SENASGABUD http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASGABUD. (Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan). Edisi 1 Tahun 2017 Halaman 34-41 E-ISSN 2599-8406

Tilaar, 2014. Pendidikan Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.

’Ulum, S. H. & Koesdyantho, A.R. 2018, Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Membaca Alquran, Jurnal Sinektik Volume 1 Nomor 2, Edisi Desember 2018, hal. 22-236.

Usman,M. & Widyanto, A. 2019, Internalisasi Nilai-Nilai Toleransi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Lhokseumawe, DAYAH: Journal of Islamic Education Vol. 2, No.1, 2019, 36-52, diunduh tanggal 24 Juli 2020

Wagner, 2014. Leadership for an Improved School Culture. How to Assess and Improve the Culture of Your Culture. Kentucki: Kentucki School Leader (online). Diakses padatanggal2Juli 2020 dari http://www.schoolculture.net/kyschoolleaderfall04.pdf.

Wibowo, A. 2012, Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Zulmy, A. N. 2019. Penguatan Budaya Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di MAN Kota Surabaya dan SMA Muhammadiyah 9 Surabaya. Tesis, Program Pascasarjana, Jurusan Pendidikan Islam, Prodi Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Tidak dipublikasikan

Article Metrics

Abstract view(s): 1469 time(s)
PDF: 1728 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.