STRATEGI KEGIATAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Hanum Hanifa Sukma(1*)

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, dari jurnal-jurnal penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis analisis isi (content analysis). Strategi literasi di sekolah dasar dalam meningkatan minat baca, pada tahap pembiasan adalah melaksanakan membaca 15 menit sebelum mata pelajaran di mulai, membuat pojok baca, dan menciptakan lingkungan kaya teks. Pada tahap pengembangan, dengan mengadakan jam wajib berkunjung ke perpustakaan, melakukan pengembangan kegiatan membaca 15 menit sebelum pelajaran, mengadakan kegiatan majalah dinding, dan kegiatan pengembangan literasi lain. Tahap pembelajaran dengan kegiatan membaca di awal, tengah, atau menjelang akhir pelajaran, menggunakan berbagai metode dan media, dan melakukan pembelajaran di perpustakaan pada saat-saat tertentu. Faktor pendukung adalah semangat peserta didik, dukungan guru, adanya fasilitas fisik dan sarana prasarana, serta anggaran  yang memadai, partisipasi aktif warga sekolah, dan dukungan orang tua dalam kegiatan literasi. Faktor penghambat adalah masih adanya peserta didik kurang bersemangat, Rendahnya pemahaman dan kesadaran guru terhadap pentingnya kegiatan literasi, Keterbatasan sarana fisik, dan kurangnya dana yang dimiliki sekolah.

Keywords

Strategi Literasi; Minat Baca

Full Text:

PDF

References

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. JPSD, 4(1), 15-29.

Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., Roosaria, D. R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Harususilo, Y. E. (2019). Skor PISA Terbaru Indonesia, Ini 5 PR Besar Pendidikan pada Era Nadiem Makarim. dalam https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/ 13002801/skor-pisa-terbaru-indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-nadiem-makarim?page=all, diakses 1 April 2020.

Hastuti, S., & Lestari, N. (2018, December 30). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan dan Pengembangan Literasi di SD Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 29-34. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.34

Irdawati, Yunidar, & Darmawan. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di MIN Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1-14.

Karima, A. (2019). PISA, Pendidikan Indonesia Molor di Peringkat 5 Terbawah, Peneliti Pendidikan Dunia Pertanyakan Metode Tes. dalam https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01325101/pisa-pendidikan-indonesia-molor-di-peringkat-5-terbawah-peneliti-pendidikan-dunia-pertanyakan-metode-tes?page=3, diakses 1 April 2020.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Triatma, I. N. (2016). Minat Baca Pada Peserta didik Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Delegan 2 Prambanan Sleman Yogyakarta. Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan UNY, V(6), 1-13.

Wahyuni, S. (2010). Menumbuhkembangkan Minat Baca Menuju Masyarakat Literat. Jurnal Diksi, 17(1), 179-189.

Wiedarti, P., Laksono, K., Retnaningdyah, P., Dewayani, S., Muldian, W., Sufyadi, S., Roosaria, D. R., Faizah, D. U., Sulastri, Rahmawan, N., Rahayu, E. S., Yusuf, A, & Antoro, B. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjem Dikdasmen, Kemendikbud.

Article Metrics

Abstract view(s): 8623 time(s)
PDF: 14591 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.