Budaya Getok Tular sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19 Bagi Siswa Sekolah Dasar

Maryam Sri Muhaimini(1*), Beti Kurniawati(2), Main Sufanti(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pandemi COVID-19 mengakibatkan dilaksanakanya pembelajaran jarak jauh yang mana terdapat beberapa permasalahan di dalamnya, antara lain siswa dan orang tua siswa belum memiliki smartphone, kuota internet yang terbatas, dan jaringan internet yang belum memadai. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui pelaksanaan, menganalisis kendala pembelajaran jarak jauh, dan menemukan solusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif adalah metode untuk memecahkan masalah dengan menggambarkan fakta yang ada dalam situasi penelitian secara deskripsi dan menganalisis data dengan menggunakan kata-kata. Teknik pengumpulan data dengan cara teknik simak dan teknik catat.  Teknik validasi penelitian ini adalah dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis interaktif. Kendala yang ditemukan dalam penelitian ini meliputi banyaknya tugas sekolah, tidak ada penyampaian materi,  dan fasilitas yang kurang memadai. Adapun solusi yang bisa diterapkan sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran jarak jauh yaitu dengan menerapkan metode getok tular. Getok tular adalah  salah satu cara komunikasi berantai dari mulut ke mulut.Kegiatan getok tular dilakukan ketika: pertama, salah seorang siswa tidak memiliki smartphone; kedua,  ketika tidak memiliki kuota internet; ketiga,  dilakukan dengan belajar kelompok; keempat, dilakukan ketika sedang bermain bersama.

Keywords

getok tular, pembelajaran jarak jauh, pandemi covid-19, siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References

Apriliana, NM. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas IV MI Bustanul Mubtadin Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya”. Jurnal Pedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 7(4): 281-288. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Badan Pusat Statistik. (2018). Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (P2TIK) Sektor Pendidikan 2018. Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2019). Indeks Pembangunan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi 2018. Badan Pusat Statistik.

Badriah, S. 2018. “Fungsi Handphone di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga”. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Airlangga: Surabaya.

CNN Indonesia. (2020). WHO Umumkan Virus Corona Sebagai Pandemi. https://m.cnnindonesia.com

Firman dan Rahman SR. 2020. “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19”. Indonesia Journal of Educational Science. 2(2): 81-89.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Indonesia. (2021). Data COVID-19 Global dan Indonesia. https://covid19.go.id/

Harjanto dan Mulayana D. 2008. “Komunikasi Getok Tular Pengantar Popularitas Merk”. Mediator. 9(2): 233-242.

Hastuti, D. 2009. “Stimulasi Psikososial pada Anak Kelompok Bermain dan Pengaruhnya pada Perkembangan Motorik, Kognitif, Sosial Emosi, dan Moral/Karakter Anak”. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konseling. 2(1): 41-56.

Herliandry, Nurhasanah, Suban ME, dan Kuswanto H. 2020. “Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Teknologi Pendidikan. 22(1): 65-70. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V Offline

Lase, D., Ndraha A, dan Harefa GG. 2020. “Persepsi Orang tua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora dan Kebudayaan. 2(2): 85-98. https://doi.org/10.36588/sundermann.v13i2.46

Megawanti, P., Megawati E, dan Nurkhafifah S. 2020. “Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19”. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan. 7(2): 75-82.

Napitupulu RM. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh”. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 7(1): 23-33.

Pakpahan dan Fitriani Y. 2020. “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19”. Journal of Information System, Applied, Management, Acounting and Research. 4(2): 30-36

Prawiyogi A.G. 2020. “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta”. Jurnal Pendidikan Dasar. Hal. 94-101. DOI: doi.org/10.21009/JPD.011.10

Purwanto, A., Ashari M, Santoso P.B, Wijayanti L.M, Hyun C.C, Putri R.S. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar”. Journal of Education, Psychology, and Counseling. 2(1): 1-12.

Rahmawati dan Krisanjaya. 2018. “Pelatihan Literasi Media dengan Metode Getok Tular Mulut ke Mulut (Strategi Word of Mouth Comunication) untuk Antisipasi Ujaran Kebencian (Hate Speech) Se Kota Depok Provinsi Jawa Barat”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 15(2): 106-112.

Risalah, A., W. Ibad, L. Maghfiroh, M. I. Azza, S. A. Cahyani, dan Z. A. Ulfayati. 2020. “Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di MI/SD”. Journal of Islamic Education at Elementary School. 1(1): 10-16. http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jeies

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Zaenal, F. Akbar. 2018. “Pengaruh Getok Tular Elektronik Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kota Makassar”. Jurnal Kepariwisataan. 2(1): 21-38.

Article Metrics

Abstract view(s): 563 time(s)
PDF: 609 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.