Pengembangan E-Modul Akuntansi Kontekstual Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Aplikatif Siswa Generasi Z

Agus Susilo(1*), Harsono SU(2)

(1) Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini secara umum memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas pengunaan e-modul akuntansi kontekstual berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan aplikatif siswa SMA jurusan IPS kelas XII. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan. Uji validasi hasil penggunaan modul dilakukan dengan uji validasi konten oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Slogohimo dengan menggunkan sasaran kelas perlakukan sebanyak 28 siswa pada kelas XII IPS 1 dan kelas kontrol sebanyak 25 siswa pada siswa kelas XII IPS 2. Hasil validasi ahli materi dan ahli media didapatkan penilaian secara berurutan sebesar 84,1 % dan 85,5 % modul layak digunakan. Uji beda antara kelas perlakuan dan kelas kontrol menggunakan independent Samples Test didapatkan nilai signifikansi sebesar 0, 000 ≤ 0,05, dengan demikian didapatkan kesimpulan e-modul akuntansi kontekstual berbasis proyek yang diterapkan di kelas perlakuan ini memiliki efektifitas untuk meningkatkan kemampuan aplikatif siswa.

Keywords

e-modul, kemampauan aplikatif, kontekstual

Full Text:

PDF

References

Anderson, Krathwohl, Airasian, Cruikshank, Richard, PR, P., & Raths, W. (2010). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Cogin, J. (2012). Are generational differences in work values fact or fiction? Multi-country evidence and implications. International Journal of Human Resource Management, 23(11), 2268–2294. https://doi.org/10.1080/09585192.2011.610967

Don Tapscott. (2009). Grown Up Digital: How the Net Generation is Changing Your World. In International Journal of Advertising (Vol. 28, Issue 1). https://doi.org/10.2501/s0265048709090490

Fernando, C. (2010). A Method of R & D Electronic Product for Application by Independent Engineers , Designers and Inventors. Management, 7(2), 153–173.

Gajbhiye, B. N., & Prasad, V. K. (2013). Model for Defence R&D Scientific and Engineering Software Development. Lecture Notes on Software Engineering, 1(3), 319–322. https://doi.org/10.7763/lnse.2013.v1.69

Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Myers, K. K., & Sadaghiani, K. (2010). Millennials in the workplace: A communication perspective on millennials’ organizational relationships and performance. Journal of Business and Psychology, 25(2), 225–238. https://doi.org/10.1007/s10869-010-9172-7

Su, X., Huang, X., Zhou, C., & Chang, M. (2017). A technological pedagogical content knowledge (TPACK) scale for geography teachers in senior high school. Egitim ve Bilim, 42(190), 325–341. https://doi.org/10.15390/EB.2017.6849

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180

Susilo, A., Djatmika, E. T., Mintarti, S. U., & Wahyono, H. (2019). The entrepreneurial learning of generation Z students in industrial revolution era 4.0 (a case study in tertiary education of Yogyakarta and Surakarta, Indonesia). International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(9), 96–113. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.9.5

Susilo, A., Siswandari, & Bandi. (2016). Pengembangan modul berbasis pembelajaran saintifik untuk peningkatan kemampuan mencipta siswa dalam proses pembelajaran akuntansi siswa kelas XII SMAN 1 Slogohimo 2014. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 50–56.

Susilowati, Lyna, N. (2015). Inovasi Pembelajaran Akuntansi Berbasis Blended Learning. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, VI(2), 222–232.

Sutama, S. (2020). Kelayakan Media Buku Bergambar Berbasis Visual Thinking Strategies Di Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 32(2), 1–12. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i2.12855

Yang, M. S. (2014). An Analisys of National R&D Collaborators Network based on The NTIS Data. International Journal of Software Engineering and Applications, 8(11), 11–24.

Article Metrics

Abstract view(s): 373 time(s)
PDF: 384 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.