Peningkatan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Menyusun Teks Cerita Inspiratif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Discovery Learning pada Siswa Kelas IXB Semester 2 SMP Negeri 1 Teras

Sri Hartati(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian, mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan keterampilan menyusun teks cerita inspiratif dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IXB di SMP Negeri 1 Teras Boyolali tahun 2019/2020.  Subjek penelitian, siswa kelas IXB sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, catatan lapangan, wawancara, dan analisis dokumen dalam penelitian tindakan kelas dua siklus. Hasil penelitian, aktivitas siswa pada prasiklus rata-rata masih rendah, siswa pasif, tidak berani bertanya atau menjawab pertanyaan. Pada siklus 1 mengalami peningkatan. Siswa lebih aktif,  lebih percaya diri.  Siklus II rata-rata lebih aktif,  berani bertanya atau menjawab pertanyaan, lebih percaya diri. Berarti terjadi peningkatan akumulasi klasifikasi aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siklus II. Akumulasi klasifikasi penilaian keterampilan menyusun teks cerita inspiratif pada prasiklus,  siklus I, dan siklus II mengalami kenaikan yang berarti.  Pada prasiklus,  nilai tertinggi 80,  nilai terendah 40,  dan nilai rata-rata kelas 60.  Prestasi belajar pada siklus 1,  nilai terendah 46,  nilai tertinggi 86, dan nilai rata-rata 65,60. Hasil belajar siklus I masih berada dibawah KBM yaitu 68. Hasil belajar pada siklus II, nilai terendah 66, nilai rata-rata 79,13, dan nilai tertinggi 93. Pada siklus II terjadi kenaikan yang signifikan.  Berarti pada siklus 2 telah berhasil dengan optimal.

Full Text:

PDF

References

Abbas, Saleh. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Di sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dierktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Ahmad Rofi’uddin & Darmiyati Zuhdi.(1999). Pendidikan Bahasa dan SastraIndonesia di Kelas Tinggi.Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud.

Anitah, Sri. (2010). Model Pembelajaran. Surakarta:Yuma Pustaka.

B. Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas, (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia. Jakarta: Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Depdiknas. (2007). Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPA. Jakarta:Depdiknas.

Hamalik, Oemar. (2009). Pendekatan Baru Strategi Belajar-Mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniasih, Imas, dan Berlin Sani. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Khandaghi, Maghsood Amin dan Farasat, Maryam. (2011).”The Effect o Teacher’s Teaching Style on Students’ Adjusment”. 15: 1391-1394

Majid, Abdul. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

McNiff, J. (1992). Action Research: Principles and Practice. London: Routledge

Moleong J. Lexy. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ratmi. (2004). Pengertian Keaktifan Siswa. Diunduh dari : www.jurnalskripsi.net/pengertian-keaktifan-siswa/2011. diakses tanggal 18 April 2020 Pukul 10.00 WIB.

Samadhi, T.M.A, Ari, “Pembelajaran Aktif (Active Learning)” http://eng.unri.ac.ic//download//teachingimprovement/BK_Teach%26Learn_%20Learn_5.PDF,2010/17/06.

Sanapiah, Faisal. (2007). Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (1995). Metode Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: UPP AMPYKPN.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suyahman. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Sukoharjo: Univet Bantara.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher.

Tumurun, Septian Wahyu. (2016). Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).

Yamin, Martinis. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).

Article Metrics

Abstract view(s): 1078 time(s)
PDF: 1226 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.