Kemampuan Literasi Matematika, Soal Model PISA, dan Konteks Motif Batik Tulis Jahe Selawe

Habibi Habibi(1), Rully Charitas Indra Prahmana(2*)

(1) Department of Mathematics Education, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
(2) Department of Mathematics Education, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Literasi matematika merupakan salah satu keterampilan yang penting untuk dimaksimalkan di abad ke-21. Namun, kemampuan ini masih belum banyak mendapat dukungan untuk dimaksimalkan, salah satunya dengan memberikan sejumlah soal yang dapat melatih kemampuan tersebut selama kegiatan belajar-mengajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi siswa menggunakan soal matematika dengan model PISA menggunakan konteks Motif Batik Jahe Selawe yang valid, praktis, dan berpotensi menumbuhkan kemampuan literasi siswa. Adapun soal yang dikembangkan menggunakan metode penelitian desain dengan jenis penelitian pengembangan. Jenis penelitian ini terdiri dari tiga langkah yaitu tahap investigasi pendahuluan, prototipe, dan penilaian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pakem Sleman. Instrumen pengumpulan data meliputi walkthrough, wawancara, lembar validasi, tes, rekaman video, dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan deskriptif-kualitatif. Kemampuan literasi matematika siswa dapat dilihat dari hasil jawaban siswa pada tahap uji lapangan. Kemampuan literasi matematika yang tampak pada masalah matematika model PISA menggunakan konteks Motif Batik Jahe Selawe meliputi kemampuan menggunakan alat bantu matematika, kemampuan menalar dan argumentasi, kemampuan matematika, dan kemampuan komunikasi

Keywords

Kemampuan literasi matematika; Soal Model PISA; Konteks Motif Batik Jawa Selawe; Design Research

Full Text:

PDF

References

Alika, M.F., Darsono, T., & Linuwih, S. (2018). Pengembangan soal model pisa untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp pada materi pemanasan global. Unnes Physics Education Journal, 7(3), 58-65.

Amalia, A. R., Rusdi, R., & Kamid, K. (2021). Pengembangan soal matematika bermuatan hots setara pisa berkonteks pancasila. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-19.

Aminah, S., Dwidayati, N.K., & Mulyono. (2015). Kemampuan literasi matematika ditinjau dari kreativitas melalui pendekatan open ended problems (OEP). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 51-57.

Charmila, N., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan soal matematika model pisa menggunakan konteks Jambi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198-207.

Dasaprawira, M. N. (2021). Pengembangan soal matematika tipe pisa menggunakan konteks wisata Banyumas dan Cilacap. PRISMA, 10(1), 88-96.

Depdiknas. (2008). Panduan Penulisan Butir Soal. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dewantara, A.H. (2018). Soal matematika model PISA: Alternatif materi program pengayaan. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 197-213.

Fitra, D., Putri, R.I.I., & Susanti, E. (2018). Soal serupa PISA menggunakan konteks cabang olahraga lari. Journal Research in Universitas Adiwangsa Jambi, 1(1), 8-22.

Gustiningsi, T., & Somakim. (2021). Pengembangan soal matematika tipe pisa level 5 dengan konteks pribadi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 915-926.

Hardianti, S., & Zulkardi. (2019). Pengembangan soal matematika tipe pisa konteks light rail transit (LRT) Palembang. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. 6, 151-156.

Irianto, P.O., & Febrianti, L.Y. (2017). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), 640-647.

Jurnaidi & Zulkardi. (2013). Pengembangan soal model pisa pada konten change and relationship untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 37-54.

Lutfianto, M., & Sari, A.F. (2017). Respon siswa terhadap soal matematika mirip pisa dengan konteks berintegrasi nilai islam. Jurnal Elemen, 3(2), 108-117.

Lutfianto, M., Zulkardi, & Hartono, Y. (2013). Unfinished student answer in pisa mathematics contextual problem. Journal on Mathematics Education, 4(2), 188-193.

Miles, M.B., & Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis Second Edition. USA: SAGE Publication.

Mitari, O., & Zulkardi. (2019). Pengembangan soal matematika model pisa dengan konteks wisata jakabaring sport city. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6, 172-178.

Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. In J. Van Den Akker, R.M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp (Eds), Design Approaches and Tools in Education and Training, 125-136. Boston: Kluwer Academic.

Nizar, H., Putri, R.I.I., & Zulkardi. (2018). Developing PISA- like mathematics problem using the 2018 Asian games football and table tennis context. Journal on Mathematics Education, 9(2), 183-194.

Nusantara, D. S., Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2021). Designing PISA-like mathematics task using a covid-19 context (PISAComat). Journal on Mathematics Education, 12(2), 349-364.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.

Pamungkas, A.S. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis literasi pada materi bilangan bagi mahasiswa calon guru sd. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 228-240.

Permatasari, R. (2018). Pengembangan soal matematika tipe pisa pada konten uncertainty and data menggunakan konteks olahraga permainan di Asian games. Tesis. Palembang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya.

Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Introduction. In Tjeerd Plomp & Nienke Nieveen (Eds.), Educational Design Research – Part A: An Introduction, 10-51. Enschede: SLO.

Putri, R.I.I. (2011). Pembelajaran materi bangun datar melalui cerita menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (pmri) di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(2), 234-239.

Putri, R.I.I. (2014). Evaluasi program pelatihan pendidikan matematika realistik indonesia (pmri) bagi guru matematika sumatera selatan. Prosiding Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan, 1(1), 522-527.

Reeves, T.C., Herrington, J., & Oliver, R. (2005). Design research: A socially responsible approach to instructional technology research in higher education. Journal of Computing in Higher Education, 16(2), 97- 116.

Reihani, M., Afgani, M. W., Paradesa, R., & Putri, A. D. (2020). Validitas pengembangan soal matematika level 4 model pisa menggunakan konteks covid-19. JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology, 3(2), 68-78.

Sari, R.H.N. (2015). Literasi matematika: Apa, mengapa, dan bagaimana. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 714-720.

Sugiman, & Kusumah, Y.S. (2010). Dampak pendidikan matematika realistik indonesia terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa smp. Journal on Mathematics Education, 1(1), 41-52.

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluation. London: Kogan Page

Wati, E.H., & Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal matematika berbasis pisa pada konten change and relationship. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), 199-209.

Zulkardi, & Putri, R.I.I. (2006). Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Prosiding KNM13. Konferensi Nasional Matematika Ke-13 Semarang, 1-7.

Zulkardi. (2006). Formative Evaluation: What, Why, When, and How. http://www.oocities.org/zulkardi/books.html. diunduh tanggal 13 Juli 2019.

Article Metrics

Abstract view(s): 916 time(s)
PDF: 899 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.