Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran PKN Berbasis Kearifan Lokal untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa
Bambang Sumardjoko(1*)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayatrohaedi. 1986. Kepribadian Budaya Bangsa (local Genius). Jakarta: Pustaka Jaya. Barker. 2005. Cultural Studies: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Kreasi Wacana. Beyer, B.K. 1979. Inquiry in the Social Studies Classroom: A. Strategy for Teaching. Colum- bus, OH: Charles E. Merril Publ.Co. Chapin, June R. 2006. Elementary Social Studies: A Practice Guide. Pearson/Allyin and Ba- con. Couto, Richard A. 1998. “The Art of Teaching Democracy: the Practice”. Journal CIVITAS, Sept.-Oct. V.2 No.5. Budimansyah, D. 2012. Dimensi-dimensi Praktik Pendidikan Karakter. Bandung: Widya Ak- sara Press. Hannerz, U. 1992. Cultural Complexity: Studies in the Social Organization of Meaning. Co- lumbia University Press. Hasan, Hamid. 2001. Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik. Jenkins, Henry. 2004. Pop Cosmopolitanism: Mapping Cultural Flows in an Age of Media Con- vergence in theNew Millennium (edeteds) Marcelo M. Suárez-Orozco and Desirée Baolian Qin-Hilliard University of California Press Berkeley and Los Angeles, California. Ibrahim, H. Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press. Jarolimek, J. & Foster, C.D. 1976. Teaching and Learning in the Elementary School. London: Macmillan Publishing Co., Inc. Antara Kebudayaan dan Kebangsaan” dalam Prisma No. 8, Agustus. Jakarta : LP3ES. Kerr, L. 1996. Sage Advice. Wood Lake Publishing Inc., 1 Jan 1996 - 256 halaman. Kirdi Dipoyudo. 1990. Membangun Atas Dasar Pancasila. Jakarta: Yayasan Proklamasi. CSIS. Raths, L.E.,H.M & Simon, SB. 1978. Values and Teaching: Working with values in the class- room. Second edition. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company. Martorella, P. 1994. Social Studies for Elementry School Children: Developing Young Citizen. New York: MacMillan. Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1992. Qualitative Data Analysis. Beverly Hills: Sage Publica- tion. Nurhadi. 2004. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Matematika Geometri Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa”. Dalam Tesis. Surakarta. Poespowardojo, S. 1989. Filsafat Pancasila: Sebuah Pendekatan Sosio Budaya. Jakarta: Gramedia. Samsuri. 2010. “Pembentukan Karakter Warga Negara Demokratis dalam Politik Pendidikan Indonesia Periode Orde Baru Hingga Era Reformasi”. Dalam MGMP PKn Kab.Sleman. Sleman Press. Sapriya dan Winataputra. 2003. Pendidikan Kewarganegaraan: Model Pengembangan Materi dan Pembelajaran. Bandung: Laboratorium PKn UPI. Somantri, Nu’man. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Dedi Supriadi & Rohmat Mulyana (ed). Bandung: PPS-FPIPS UPI dan PT. Remadja Rosda Karya. Suseno, Franz Magnis. 1996. Etika Jawa, Sebuah Analisa falsafi tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Tilaar, HAR. 2007. Mengindonesia Etnisitas dan Identitas Bangsa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Winataputra, Udin S. & Sapriya. 2003. “Pengorganisasian Kurikulum Pendidikan Kewarganeg- araan dan IPS di Sekolah Dasar”. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pen- didikan. Tahun 12 Nomor 2, November 2003.
Article Metrics
Abstract view(s): 2930 time(s)PDF: 5788 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.