PENDIDIKAN KRITIS DALAM PANDANGAN MANSOUR FAKIH
Muhammad Ramadhansyah(1*), Mohamad Ali(2)(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Mohammad dan Zaenal Abidin. Ilmu Pendidikan Islam Bernuansa Keindonesiaan. Surakarta: Muhammadiyah University Pers. 2017.
Ali, Muhammad. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aligensindo, 2002.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta, 2006.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Atiyah, Muhamad Al-Abhrasy. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1970.
Bahri, Syaiful Djamarah dan Aswan Zaini. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Djati, Indra Sidi. Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.
Freire, Paulo. Pendidikan Tertindas. Jakarta: LP3ES, 2013.
Fakih, Mansour dkk. Pendidikan Popular: Membangun Kesadaran Kritis. Yogyakarta: Insist, 2001.
Fakih, Mansour. Jalan Lain Manifesto Intelektual Organik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
. Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi. Yogyakarta: Insist Press & Pustaka Pelajar, 2002
. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
. Masyarakat Sipil Untuk Transformasi Sosial: Pergolakan Ideologi LSM di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 1996
. Bebas dari Neo Liberalisme. Yogyakarta: Insist Press, 2005.
Marcoes, Lies dkk. Pokok-Pokok Pikiran Dr. Mansour Fakih: Refleksi Seperjuangan. Yogyakarta: SIGAB, 2004.
Shaull, Richard. “Prawacana” Dalam Paulo Freire, Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES.
Usa, Muslih.. Pendidikan di Indonesia antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1991.
Referensi Jurnal Ilmiah
Ali, Mohammad. 2017. “The Discourse of Transformative-Critical Pedagogy Among Modernist Muslim”. Jurnal Iseedu, Vol 1 No 1, November 2017.
. 2017. “Arus Pendidikan Islam Transformatife Di Indonesia: Sebuah Penjagaan Awal”, Jurnal Suhuf, Vol. 29 No. 1.
Fakih, Mansour dalam Sunhaji. 2008. “Paradigma Pendidikan Kritis Menuju Humanisasi Pendidikan, Insania Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan Vol. 13.
Khoirudin, Azaki.“Transformative-Critical Education Paradigm: Investigating the influence of Paulo Freire and Moeslim Abdurrahman in Ikatan Pelajar Muhammadiyah (1998-2008)”, Jurnal Iseedu, Vol. 1 No. 1, November 2017, 97-125
Ma;arif Jamuin & Yulia Eka Putri, 2017. “Maiyahan As A Model Of Cak Nun’s Tranformative Islamic Education”, Jurnal Iseedu, Vol. 1 No.1, November 2017, 73-96.
Referensi Skripsi dan Tesis
Alpan. “Pendidikan dan Konseptual (Telaah Konseptual Pendidikan Menurut Mansour Fakih”. Tarbiyah: UIN Sunan Kalijaga, 2010
Adinul, Sari Hasanah. 2009. “Paradigma Pendidikan Islam Kritis-Transformatif (Tinjauan Filosofis dan Metodologis)”. Tarbiyah: UIN Sunan Kalijaga, 2009.
Kholis, Nur. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berparadigma Kritis Transformatif Dalam Peningkatan Kreatifitas Berfikir Siswa MI 6 Tahun Tambak Boyo Sumber Sanan Kulon Blitar”. Tarbiyah: Uin Malang, 2009
Riza, Faisal. “Pengaruh Pendidikan Kritis Terhadap Pendidikan Agama Islam”. Tarbiyah: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007
Referensi Internet
Yudiharyono, “Mansour Fakih Perilaku Intelektual Organik, (https://yudiharyono.wordpress.com/2009/10/02/MansourFakih-fakih-pelaku-intelektual-organik/
Article Metrics
Abstract view(s): 593 time(s)PDF: 4956 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.