إدارة المناهج الدراسية في فترة الوباء في المدرسة الثنوية المحمدية الخاص بمحمدية الكوثر
Titi Nur Karimah(1*), Istanto Istanto(2)(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
: Kurikulum merupakan sebuah susunan rencana untuk mengatur tentang tujuan, isi dan bahan pelajaran yang secara orientatif akan diberikan maupun diterapkan dalam ruang lingkup belajar mengajar di sekolah.P engelolaan kurikulum meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga tahap pengawasan dan evaluasi. Tahap pengelolaan ini berkenaan dengan semua tindakan yang berhubungan dengan perincian dan pembagian tugas yang kemungkinan biasa dilaksanakan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum di SMP Muhammadiyah Al Kautsar PK pada masa pandemi dan mengidentifikasi kriteria keberhasilan manajemen kurikulum di SMP Muhammadiyah Al Kautsar PK pada masa pandemi. Karena Penelitian ini berusaha memahami tentang manajemen kurikulum pada masa pandemi di SMP Muhammadiyah Al Kautsar Program Khusus.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menjelaskan tentang manajemen kurikulum pada masa pandemi di SMP Muhammadiyah Al-Kautsar Program Khusus yang pelaksanaan dalam belajaran daring terbagi dalam 5 periode, dimana setiap periode ada 4 tahap. Tahap yang pertama adalah video conference dengan aplikasi zoom meeting, tahap yang kedua adalah pembelajaran e-learning dengan edmodo, kemudian yang ketiga adalah kegiatan kunjungan kerumah untuk memastikan kegiatan pelaksanaan keagamaan siswa di rumah dan yang keempat adalah CBT (computer based test) sebagai evaluasi materi pelajaran yang telah dilaksanakan.Pengelolaan kurikulum meliputi proses perencanaan di SMP Muhammadiyah Al Kautsar PK sebulan sebelum memasuki semester baru akan mengadakan workshop untuk mengerti bagaimana pembelajaran yang akan dibagikan kepada peserta didik dalam pembelajaran daring selama satu semester ini. Workshop yang dilakukan seperti pembuatan silabus, perangkat pembelajaran dan pembuatan video sekaligus. Pengorganisasian di SMP Muhammadiyah Al Kautsar Program Khusus dalam mengkoordinir kegiatan pembelajaran sudah direncanakan di awal yang melalui workshop. Media yang digunakan untuk pembelajaran yaitu video pembelajaran yang diupload di youtube, diskusi daring menggunakan edmodo, pembelajaran yang menggunakan video conference zoom, kunjungan kerumah dan penilaian harian. Dan untuk pelaksanaan pembelajaran menggunakan edmodo yang di upload sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan masing-masing pelajaran yang mendapatkan jatah 2 jam. Satu jam untuk proses siswa memahami video, kemudian satu jam setelahnya untuk siswa mengerjakan tugas-tugas. hingga tahap pengawasan Konsep pengawasan peserta didik melalui sistem absensi yang teratur, sapa wali kelas sebelum pembelajaran di gabung dengan melihat persiapan anak, kelengkapan anak, kegiatan pra sebelum pembelajaran yang akan di gabung oleh wali kelas kurang lebih satu jam sebelum pembelajaran dimulai. Pengawasan lain yaitu kegiatan ibadah yang menggunakan buku monitoring yang kerjasama dengan wali murid dalam mengontrol dan mengawasi pelaksanaan pembelajaran siswa dengan penandatangan di buku peserta didik untuk memastikan anak mengikuti kegiatan pembelajaran yang diberikan dari sekolah ataupun tidak, dan evaluasi untuk bapak ibu guru dilaksanakan setiap hari sabtu untuk mengevaluasi tentang apa yang sudah dilakukan dalam satu minggu. Dan diakhir bulan juga ada evaluasi terkait dengan apa yang sudah disampaikan oleh bapak ibu guru melalui video pembelajaran. Kemudian evaluasi untuk peserta didik yaitu dilakukan secara periodikal berdasarkan yang telah disampaikannya kompetensi dasar tentang mata pelajaran tertentu. Kemudian diakhir bulan ada evaluasi dari bapak ibu guru yang menggunakan kuis, penugasan menggunakan item yang sudah ada di edmodo, dan ulangan harian yang dilaksanakan akhir bulan. Kurikulum yang digunakan pada masa pandemi di SMP Muhammadiyah Al Kautsar PK yaitu menggunakan kurikulum darurat covid-19. Dan keberhasilan yang sudah tercapai pada masa pandemi yaitu tercipta pembelajaran yang kreatif dan inovatif, bapak ibu guruyang semangat dalam meningkatkan etos kerja, siswa mampu beradaptasi dengan metode pembelajaran jarak jauh, siswa mampu memahami dengan metode pembelajaran yang digunakan guru, siswa mampu beradaptasi dengan cepat terhadap pembelajaran pada masa pandemi, kemandirian siswa lebih tumbuh ketika pembelajaran daring, dan kesadaran pribadi peserta didik lebih baik dengan pemberian tugas kepada siswaKeywords
Full Text:
PDFReferences
Ani, Rita Andri. 2020. skripsi: “Evaluasi Pembelajaran Online Matematika Siswa Kelas SD 5 Negri Metro Pusat” Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro Lampung 2020.
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda.
Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arlando, Muhammad Arlie. 2020. skripsi: “Efektivitas Proses Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Upi Pada Masa Pandemi Covid-19” Departemen Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia.
Asrul, Rusydi Ananda dan Rosnita. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media. ISBN 978-602-1317-49-5.
Depdiknas. 2013. Standar Kompetensi Bahan Kajian Pelayanan Profesional Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta Pusat, Puskur Balitbang.
Fathoni, Abdurrahman. 2006. Metodologi penelitian dan Teknik penyusunan Skripsi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
H. Dakir. 2010. “Perencanaan Dan Pengembangan Kurikulum” Jakarta, PT. Rineka CIpta.
Hamalik, Oemar. 2010. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja RosdaKarya.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
https://news.detik.com/berita/d-4944071/siswa-belajar-dari-rumah-kpai-anak-anak-stres-dikasih-banyak-tugas. Diakses pada Senin, 05 Oktober 2020. Pukul 21.21 WIB.
https://news.detik.com/berita/d-4983470/ungkap-corona-masuk-ri-sejak-januari-pakar-ui-pemerintah-menyangkal-terus. Diakses pada Senin, 05 Oktober 2020 pukul 20.50 WIB.
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-51769074. Diakses pada Mingggu, 4 Oktober 2020 pukul 20.00 WIB.
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah. Diakses pada Senin, 05 Oktober 2020 pukul 21.07 WIB.
https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/pengertian-manajemen/. Diakses pada hari Selasa, 6 Oktober 2020. Pukul 09.30 WIB.
https://www.tribunnews.com/nasional/2020/08/06/banyak-keluhan-soal-belajar-online-dari-ortu-siswa-guru-nadiem-makariem-berani-pertaruhkan-ini. Diakses pada Senin, 05 Oktober 2020 pukul 21.11 WIB.
Kaelan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Interdislipiner. Yogyakarta: Paradigma.
Mulyasa. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah”: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education ISSN 2715-2812 (Online) Vol. 2, No. 1, May.
Nasbi, Ibrahim. 2017. Manajemen Kurikulum: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Idaarah, Vol. i, No. 2, Desember.
Nurhalim, Muhammad. 2014. Optimalisasi Kurikulum Aktual dan Kurikulum Tersembunyi dalam Kurikulum 2013”. Jurnal STAIN Purwokerto. Vol 19 No 1 Januari. ISSN 1410-0053.
Rahman, Hidayatur. 2020. Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19” Jurnal Universitas Trunojoyo Madura. E-ISSN : 2721-7957.
Rosali, Ely Satiyasih. 2020. Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya” Skripsi Universitas Siliwangi Tasikmalaya.
Rusman. 2018. Manajemen Kurikulum. Jakarta : Rajawali Press.
Sagala, Syaiful. 2010. Administrasi Pendidikan Kontemporer” Bandung : CV. Alfabet.
Satori, D’Jama’an dan Aan Komariah. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suderajat, Hari. 2015. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah : MPMBS. Bandung: CiptaCekas Grafika.
Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfaberta.
Sukarna. 2011. Dasar –dasar Manajemen. Bandung: Mandar Maju.
Suprayogo, imam, dan Tobroni. 2003. Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Terry, George R. 2013. Principles of Management”Bandung: CV. Mandar Maju. Torang, Syamsir. Organisasi dan Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Alfabeta.
Tim Dosen oleh Administrasi Pendidikan UPI “Manajemen Pendidikan”
Zamili, Uranus. 2020. Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan Vol. 6 No 2 Mei.
Article Metrics
Abstract view(s): 209 time(s)PDF: 137 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.