Penggunaan Teknologi Multimedia dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Arab dengan Buku Al-‘Arabiyyah Bayna Yadayk
Fachri Muhammad Thoyib(1*), Mutohharun Jinan(2), Syamsul Hidayat(3)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Teknologi pembelajaran bahasa Arab merupakan penggunaan perangkat lunak, aplikasi, dan solusi digital untuk membantu individu dalam mempelajari bahasa Arab dengan lebih efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan penggunaan teknologi dan pengaruh penggunaan teknologi terhadap pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan buku “"Al-‘Arabiyyah Bayna Yadayk". Metode penelitian menggunaan penelitian kualitatif, dengan cara melakukan proses eksplorasi dan pemahaman yang bermakna terhadap individu ataupun kelompok. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi terhadap pembelajaran di kelas, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pertama analisis konten, kemudian melakukan interpretaif dan yang terakhir yaitu dengan analisis komparatif. Hasil dalam penelitian ini yaitu Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Islam Terpadu Al Madinah dengan menggunakan multimedia yaitu adanya bahan ajar yang berbentuk digital seperti powerpoint, Latihan soal, audio percakapan, dan konten pembelajran yang dapat dapat diakses dalam situs resmi Al-Arabiyah Lil Jami' (Arabic For All). Pembelajaran di Madrasah Mutawassithah Imam Bukhari Solo pengguanaan mutimedia lebih banyak menggunakan teknologi audia untuk mendengarkan percakapan dalam bahasa Arab. Penggunaan multimedia dalam pembelajaran di kedua sekolah dinilai efektif karena dapat menarik perhatian siswa, mengurangi kejenuhan siswa dalam proses pembelajaran dan dapat mendukung proses pembelajaran bahasa Arab terhadap kemampuan berbicara siswa dengan bahasa Arab.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albirini, A. (2006). Teacher’s attitudes toward information and communication technologies: The case of Syrian EFL teachers. Computers & Education, 47(4), 486-503. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2004.10.013
Al-Dahdouh, A. A. (2020). Interactive multimedia for teaching Arabic as a foreign language: A case study. Journal of Interactive Learning.
Al-Fauzan, ‘A. bin I., et al. (2014). Al-‘Arabiyah Bayn Yadaik (2nd ed.). Al-Mamlakah Al-‘Arabiyyah As-su’udiyah.
Al-Fauzan, A. I., Husain, M. T., & Fadhl, M. A. K. M. (2014). Al-‘Arabiyah Bayn Yadaik (Vols. 1-4). Arabic For All.
Al-Seghayer, K. (2014). The impact of using multimedia on Arabic language learning. Language Learning & Technology.
Alshehri, A. M. (2017). The impact of using technology on Arabic language learning: A study in higher education. Journal of Educational Technology.
Amin, I. (2021). Materi pendamping Al-Arabiyah Baina Yadaik. Iqraversity.
Amin, I. (2021). Materi pendamping Al-Arabiyah Baina Yadaik. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.
Anselm, L. (1967). The discovery of grounded theory: Strategies for qualitative research. Aldine Publishing.
Arief, A. (2002). Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan Islam. Ciputat Press.
Azhari, H. (2019). Analisis kebijakan pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan. Journal for Islamic Studies, 2(1).
Bakri, M. I. (2023). Implementasi pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia pada peserta didik kelas VIII MTs Guppi Samata Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan [Unpublished master’s thesis]. Universitas Hasanuddin.
Bataineh, R. F. (2018). The role of e-learning in enhancing Arabic language learning. Journal of Language and Literature Studies.
Brown, H. D. (2007). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy (3rd ed.). Pearson Education.
Chapelle, C. A. (2003). English language learning and technology: Lectures on applied linguistics in the age of information and communication technology. John Benjamins Publishing. https://doi.org/10.1075/lllt.7
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications.
Dani. (2023). Teknologi pembelajaran bahasa Arab: Mengasah kemampuan bahasa dengan mudah dan menyenangkan.
Denzin, N. K. (1978). The research act: A theoretical introduction to sociological methods (2nd ed.). McGraw-Hill.
El Hanif, H. (2021). Pengembangan bahan ajar bahasa Arab berbasis multimedia interaktif. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.
Fauzan, M. A., & Wahyuni, N. T. (2021). Pembelajaran bahasa Arab menggunakan model virtual learning di era pandemi Covid-19. Al-Wijdan: Journal of Islamic Education Studies.
Fauzi, A. (2019). Implementasi buku Al-Arabiyyatu Baina Yadaik dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 1 Malang. Al-Ma’rifah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman.
Ghofur, A. (2019). Pembelajaran bahasa Arab dengan pemanfaatan teknologi. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(1).
Haniah, H., Hidayat, S., & Garancang, S. (2019). Al Kitab Al Dirasi Al Arabiyah Baina Yadaik. El-Tumuhat: English and Arabic Journal, 2(1).
Iswanto, R. (2017). Pembelajaran bahasa Arab dengan pemanfaatan teknologi. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 1(2).
Jailani, M. (2022). Pembelajaran bahasa Arab berbasis kurikulum Merdeka di pondok pesantren. Jurnal Pendidikan Pesantren.
Khusniyah, T. W., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan multimedia pembelajaran berbahasa Arab. Jurnal Pendidikan Teknologi.
Krippendorff, K. (2004). Content analysis: An introduction to its methodology (2nd ed.). Sage Publications.
Kurniasih, N., & Sani, B. (2017). Mengenal pedagogik sebagai ilmu dan seni mengajar. Remaja Rosdakarya.
Kvale, S. (2007). Doing interviews. Sage Publications.
Mahyudin. (2016). Pembelajaran bahasa Arab berbasis teknologi informasi dan komunikasi di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.
Mansur, I. (2021). Pembelajaran bahasa Arab berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada masa pandemi COVID-19. [Master’s thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta].
Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511811678
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.
Muhaimin, & Abdul Mujib. (1993). Pemikiran pendidikan Islam. Trigenda Karya.
Munir. (2012). Multimedia: Konsep & aplikasi dalam pendidikan. Alfabeta.
Muslim. (2015). Varian-varian paradigma, pendekatan, metode, dan jenis penelitian dalam ilmu komunikasi. Wahana, 1(10).
Nafi, M. D., et al. (2005). Praksis pembelajaran pesantren. ITD Rofiq.
Patton, M. Q. (1999). Qualitative evaluation and research methods (3rd ed.). Sage Publications.
Qasim, A. M. (2019). Effectiveness of using multimedia in Arabic language instruction for non-native speakers. International Journal of Arabic Studies.
Ricoeur, P. (1981). Hermeneutics and the human sciences: Essays on language, action, and interpretation. Cambridge University Press.
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak (11th ed., Vol. 1). Erlangga.
Stake, R. E. (1995). The art of case study research. Sage Publications.
Sudjana, N. (2011). Metode dan teknik pembelajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Yang, S. C., & Wang, T. Y. (2012). Interactive multimedia-based EFL reading: A comparison of effects of text-picture and audio-picture annotation types. Computer Assisted Language Learning. https://doi.org/10.1080/09588221.2011.605542
Yusufhadi, M. (2007). Menyemai benih teknologi pendidikan. Kencana.
Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis ICT: Konsep dan aplikasi pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Kencana.
Zuhairini, et al. (1981). Metodik khusus pendidikan agama. Usaha Nasional.
Zulian Yamit. (2003). Manajemen produksi dan operasi. Ekonisia Fakultas Ekonomi UII.
Article Metrics
Abstract view(s): 0 time(s)PDF: 0 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.