EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA PADA MATA KULIAH KONSEP SAINS
Ivayuni Listiani(1*)(1) PGRI University Madiun
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, S., & Ahmadi, I.K. 2010. Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Arends, R. I., Wenitzky, N. E., & Tannenboum, M. D. 2001. Exploring teaching: An introduction to education. New York: McGraw-Hill Companies.
Arif, Moh. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. TA’ALLUM, 04 (01) : 123-148
Callahan, J.F., Clark, L.H., dan Kellough, R.D. 2009. Teaching In The Middle And Secondary Schools. New York: Macmillan Publishing Company.
Conny Semiawan, Tangyong, Belen, Yulaelawati Matahelemual & Wahyudi Suseloardjo. 2011. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia.
Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Duch, B.J., Groh, S.E. Allen, D.E. 2001. The Power of Problem-Based Learning. Stylus: Sterling, VA.
Hackling, M.W. 2005. Working Scientifically: Implementing and Assessing Open Investigation Work in Science. Western Australia: Departement of Education and Training.
Hendracipta, Nana, Lukman Nulhakim, Siti Mariam Agustini. 2017. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 3 (2). 2540-9093.
Ibrahim, Muslimin. 2011. Integrasi Fenomena IPA dalam Pembelajaran: Sebuah Alternatif pendidik Komprehensif.Bunga Rampai Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Generasi Masa Depan. Surabaya: University Press.
Ibrahim, M. dan Nur, M. 2005. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Pusat Sains dan MatematikSekolah. Universitas Negeri Surabaya.
Indrawati. 2009. Keterampilan Proses Sains: Tinjauan Kritis dan Teori ke Praktis. Bandung: Pusat Pengembangan Penataran Guru Ilmu Pengetahuan Alam.
Mergendoller, J.R., Maxwell, N.L., & Bellisimo, Y. 2006. The Effectiveness of Problem –Based Instruction: A Comparative Study of Instructional Methods and Student Characteristics. Interdisiplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(2). Available at: http://dx.doi.org/10.7771/1541-5015.1026
Pusat Penelitian Pendidikan Balitbang Kemdikbud. 2013. Survei Internasional PISA (Programme for International Student Assessment). Diperoleh 25 Februari 2012, dari http://litbang.kemdiknas.go.id/detail.php
Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sayekti, Ika Candra dan Arum Mawar Kinasih. 2016. Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV B SDM 12 Surakarta. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1, hlm. 93-100
Setiawan, I. G. A. N. 2008. Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X2 Sma Laboratorium Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 42-59.
Subiyanto. 2008. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidik.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasana, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Yayu, Ida, Moh. Nurhadi, Aas Saraswati, Uus Toharudin. 2017. Profil Penilaian Otentik Pada Perkuliahan IPA di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Pasundan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 3 (1). 2540-9093.
Article Metrics
Abstract view(s): 934 time(s)PDF: 657 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.