KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL- QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN (PENDEKATAN TAFSIR TEMATIK)

Maria Ulfa(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Al Qur’an mengispirasikan bahwa pekerjaan evaluasi terhadap manusia adalah suatu tugas penting dalam rangkaian proses pendidikan yang dilaksanakan oleh pendidik. Ada tiga tujuan pedagogis dari system evaluasi Allah terhadap manusia. Pertama, Untuk menguji kemampuan manusia beriman terhadap  berbagai macam problema kehidupan yang dialaminya. Kedua, Untuk mengetahui sampai dimana atau sejauhmana hasil pendidikan wahyu yang telah diterapkan Rasulullah kepada manusia. Ketiga, Untuk menentukan klasifikasi tingkat-tingkat hidup keIslaman / keimanan manusia, sehingga manusia diketahui yang paling mulia disisi Allah yaitu yang paling bertaqwa kepadaNya. Manusia yang sedang dalam iman dan ketaqwaanya atau manusia yang ingkar kepada ajaran Islam. Evaluasi pendidikan Islam dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, Pertama, evaluasi diri sendiri (self evaluation intropeksi). Kedua evaluasi terhadap orang lain (peserta didik)

Keywords

evaluasi, pendidikan, al-quran

Full Text:

Untitled PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Ali, Muhammad Ash-Shabuuniy. 1992. “Studi Ilmu Al-Qur’an. Alih Bahasa oleh Aminuddin”. Bandung: Pustaka Setia.

___________________________. 2000. “Cahaya Al-Qur’an; Tafsir Tematik Surah al-Baqarah-l-An’am, Jakarta Timur: Pustaka al-Kautsar

Baidar, Nasrudin. 2002. “Metode penafsiran al-Qur’an”. Yogyakarta: Pestaka Pelajar.

Djalal, Abdul. 1990. “Urgensi Tafsir Maudhu’i Pada Masa Kini”. Jakarta: Kalam Mulia.

Fuad, Evaluasi Pendidikan dalam al Qur’an. (objek application/pdf)

Gojali , Nanang. 2013. Tafsir dan Hadits tentang Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Hadi, Sutrisno. 1979. Metodologi Research. Yogyakarta: Yayasan penerbitan fakultas psikologi UGM.

Hasam Ali, al Aridl. 1992. “Sejarah dan metodologi Tafsir”. Jakarta: Rajawali Press.

Kementrian Agama Republik Indonesia. 2014. Al-Qur’an dan Ternemahnya Disertai Asbabun Nuzul. Klaten: CV Sahabat.

Kementrian Pendidikan nasional RI. 2009. Panduan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Remdiknas RI.

Mappanganro. Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah. Ujungpandang: Yayasan Ahkam, 1996

Moleong, Lexy J. 2006. “Metode Penelitian Kualitatif”. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muthoifin, 2013. Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Perspektif Pendidikan Islam. Disertasi : Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.

Nizar, Syamsul. 2002. “Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis, dan Praktis.” Cet.I. Jakarta: Ciputat Press.

Quraish, M Syihab. 2000. “tafsir al Misbah (Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an)”. Jakarta: Lentera Hati

Ramayulis, Prof. Dr. H.. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Ramayulis dan Syamsul Nizar. 2009. “Filsafat Pendidikan Islam”. Jakarta: Kalam Mulia.

Sudiono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Tafsir, Ahmad. Metodologi pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya

Thoha, Chabib. 1990. Teknik-Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tilaar, H.AR. 2008. Manajemen Pendidikan Nasional, Kajian Pendidikan Masa Depan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yafie Ali. 1992. “Sejarah dan Metodologi Tafsir”. Jakarta: Rajawali Press.

Article Metrics

Abstract view(s): 12083 time(s)
Untitled: 0 time(s) PDF: 2195 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.