MENINGKATKAN PROFESIONALISME DAN KEMAMPUAN MENGELOLA LITERASI SEKOLAH BAGI KEPALA SEKOLAH MELALUI SUPERVISI MANAJERIAL DABIN I KECAMATAN BAKI SEMESTER I TAHUN 2018/2019
MARHENI WIDATI(1*)(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan mengelola literasi sekolah bagi kepala sekolah dasar se- Dabin I Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo pada semester I Tahun pelajaran 2018/2019 melalui supervisi manajerial . Penelitian ini dilaksanakan pada semester I Tahun pelajaran 2018/2019, tempat penelitian sekolah se- Dabin I Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Yang beralamat di sekolah Kecamatan Baki. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dasar se- Dabin I, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo pada semester I Tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi managerial dapat meningkatkan profesionalisme dan kemampuan mengelola litersai sekolah bagi kepala sekolah dasar se- Dabin I Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo pada semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. kondisi awal profesional rata-rata 68 ke kondisi akhir 77, kenaikan profesional kepala sekolah rata-rata 9 %. Sedangkan untuk kemampuan pengelolaan administrasi GLS kepala sekolah dari kondisi awal rata-rata 69 ke kondisi akhir 78 kenaikan pelaksanaan rata-rata 9 %.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd.Rahman A.Ghani,2014. Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah, Jakarta: Rajawali Pers
Agus Wibowo, 2012. Menjadi Guru Berkarakter, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Daryanto, 2014. Penelitian Tindakan Sekolah, Yogyakarta: Gava Media
Faizah Dewi U, C.S,2016, Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Moelung.L.J, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rasda Karya.
Mulyasa. E, 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyuseskan MBS dan KBK, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa.E, 2002. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nawawi.H dan Hadari.M, 2004. Kepemimpinan Yang Efektif, Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.
Suyadi, 2012. Buku panduan guru profesional, Yogyakarta: Andi
Wiedarti Pangesti, C.S, 2016, Desain Induk Gerakan Litersai Sekolah, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta
Zainal Aqib, 2018. Penelitian Tindakan Sekolah Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Andi
Article Metrics
Abstract view(s): 451 time(s)PDF: 436 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.