Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Dengan Metode Eksperimen
bagus sinung wibowo(1*)(1) uns
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi statistika. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Teras tahun pelajaran 2019/2020sebanyak 30 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode experimen yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada kondisi awal dan kondisi akhir pada materi statistika mengalami peningkatan. Siswa yang tampak tidak bergairah dan bermalas-malasan belajar berkurang dari banyak menjadi hampir tidak ada. Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran siswa terlibat aktif bekerja melakukan praktikum sehingga tidak ada kesempatan untuk bermalas-malasan. Hasil belajar matematika materi statistika setelah diberikan proses pembelajaran pada siklus II meningkat. Ketika diberikan ulangan harian (tes) pada kondisi awal, nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 80 berjumlah 5 anak, sedang pada siklus II (kondisi akhir) nilai tertinggi yang diperoleh siswa 100 berjumlah 5 anak. Nilai terendah pada kondisi awal sebesar 45 dan pada siklus II (kondisi akhir) sebesar 65 yang juga meningkat. Nilai rata-rata kelas meningkat signifikan dari 55 pada kondisi awal menjadi 70 pada siklus II (kondisi akhir) yaitu sebesar 21,43 %. Hal ini sudah memenuhi harapan untuk mencapai batas KKM (Kriteris Ketuntasan Minimal) sebesar 65.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view(s): 339 time(s)PDF: 362 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.