Peningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Statistika Dengan Metode Eksperimen

bagus sinung wibowo(1*)

(1) uns
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi statistika. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Teras tahun pelajaran 2019/2020sebanyak 30 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode experimen yang dilaksanakan  dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada kondisi awal dan kondisi akhir pada materi statistika mengalami peningkatan. Siswa yang tampak tidak bergairah dan bermalas-malasan belajar berkurang dari banyak menjadi hampir tidak ada.  Hal ini disebabkan karena selama proses pembelajaran siswa terlibat aktif  bekerja melakukan praktikum sehingga tidak ada kesempatan untuk bermalas-malasan.  Hasil belajar matematika materi statistika setelah diberikan proses pembelajaran pada siklus II meningkat. Ketika diberikan ulangan harian (tes) pada kondisi awal, nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 80 berjumlah 5 anak, sedang pada siklus II (kondisi akhir)  nilai tertinggi yang diperoleh siswa 100 berjumlah 5 anak.  Nilai terendah pada kondisi awal sebesar 45 dan pada siklus II (kondisi akhir) sebesar 65 yang juga meningkat. Nilai rata-rata kelas meningkat signifikan dari 55 pada kondisi awal menjadi 70 pada siklus II (kondisi akhir) yaitu sebesar 21,43 %.  Hal ini sudah memenuhi harapan untuk mencapai batas KKM (Kriteris Ketuntasan Minimal) sebesar 65.

Keywords

matematika, statistika, metode eksperimen, aktivitas, hasil belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view(s): 339 time(s)
PDF: 362 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.