Kemampuan Literasi Matematika, Soal Model PISA, dan Konteks Motif Batik Tulis Jahe Selawe
Habibi Habibi(1), Rully Charitas Indra Prahmana(2*)(1) Department of Mathematics Education, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
(2) Department of Mathematics Education, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alika, M.F., Darsono, T., & Linuwih, S. (2018). Pengembangan soal model pisa untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa smp pada materi pemanasan global. Unnes Physics Education Journal, 7(3), 58-65.
Amalia, A. R., Rusdi, R., & Kamid, K. (2021). Pengembangan soal matematika bermuatan hots setara pisa berkonteks pancasila. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-19.
Aminah, S., Dwidayati, N.K., & Mulyono. (2015). Kemampuan literasi matematika ditinjau dari kreativitas melalui pendekatan open ended problems (OEP). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 51-57.
Charmila, N., Zulkardi, & Darmawijoyo. (2016). Pengembangan soal matematika model pisa menggunakan konteks Jambi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 198-207.
Dasaprawira, M. N. (2021). Pengembangan soal matematika tipe pisa menggunakan konteks wisata Banyumas dan Cilacap. PRISMA, 10(1), 88-96.
Depdiknas. (2008). Panduan Penulisan Butir Soal. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dewantara, A.H. (2018). Soal matematika model PISA: Alternatif materi program pengayaan. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 197-213.
Fitra, D., Putri, R.I.I., & Susanti, E. (2018). Soal serupa PISA menggunakan konteks cabang olahraga lari. Journal Research in Universitas Adiwangsa Jambi, 1(1), 8-22.
Gustiningsi, T., & Somakim. (2021). Pengembangan soal matematika tipe pisa level 5 dengan konteks pribadi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 915-926.
Hardianti, S., & Zulkardi. (2019). Pengembangan soal matematika tipe pisa konteks light rail transit (LRT) Palembang. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. 6, 151-156.
Irianto, P.O., & Febrianti, L.Y. (2017). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), 640-647.
Jurnaidi & Zulkardi. (2013). Pengembangan soal model pisa pada konten change and relationship untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 37-54.
Lutfianto, M., & Sari, A.F. (2017). Respon siswa terhadap soal matematika mirip pisa dengan konteks berintegrasi nilai islam. Jurnal Elemen, 3(2), 108-117.
Lutfianto, M., Zulkardi, & Hartono, Y. (2013). Unfinished student answer in pisa mathematics contextual problem. Journal on Mathematics Education, 4(2), 188-193.
Miles, M.B., & Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis Second Edition. USA: SAGE Publication.
Mitari, O., & Zulkardi. (2019). Pengembangan soal matematika model pisa dengan konteks wisata jakabaring sport city. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6, 172-178.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. In J. Van Den Akker, R.M. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp (Eds), Design Approaches and Tools in Education and Training, 125-136. Boston: Kluwer Academic.
Nizar, H., Putri, R.I.I., & Zulkardi. (2018). Developing PISA- like mathematics problem using the 2018 Asian games football and table tennis context. Journal on Mathematics Education, 9(2), 183-194.
Nusantara, D. S., Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2021). Designing PISA-like mathematics task using a covid-19 context (PISAComat). Journal on Mathematics Education, 12(2), 349-364.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.
Pamungkas, A.S. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis literasi pada materi bilangan bagi mahasiswa calon guru sd. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 228-240.
Permatasari, R. (2018). Pengembangan soal matematika tipe pisa pada konten uncertainty and data menggunakan konteks olahraga permainan di Asian games. Tesis. Palembang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya.
Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Introduction. In Tjeerd Plomp & Nienke Nieveen (Eds.), Educational Design Research – Part A: An Introduction, 10-51. Enschede: SLO.
Putri, R.I.I. (2011). Pembelajaran materi bangun datar melalui cerita menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (pmri) di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(2), 234-239.
Putri, R.I.I. (2014). Evaluasi program pelatihan pendidikan matematika realistik indonesia (pmri) bagi guru matematika sumatera selatan. Prosiding Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan, 1(1), 522-527.
Reeves, T.C., Herrington, J., & Oliver, R. (2005). Design research: A socially responsible approach to instructional technology research in higher education. Journal of Computing in Higher Education, 16(2), 97- 116.
Reihani, M., Afgani, M. W., Paradesa, R., & Putri, A. D. (2020). Validitas pengembangan soal matematika level 4 model pisa menggunakan konteks covid-19. JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology, 3(2), 68-78.
Sari, R.H.N. (2015). Literasi matematika: Apa, mengapa, dan bagaimana. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 714-720.
Sugiman, & Kusumah, Y.S. (2010). Dampak pendidikan matematika realistik indonesia terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa smp. Journal on Mathematics Education, 1(1), 41-52.
Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluation. London: Kogan Page
Wati, E.H., & Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal matematika berbasis pisa pada konten change and relationship. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), 199-209.
Zulkardi, & Putri, R.I.I. (2006). Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Prosiding KNM13. Konferensi Nasional Matematika Ke-13 Semarang, 1-7.
Zulkardi. (2006). Formative Evaluation: What, Why, When, and How. http://www.oocities.org/zulkardi/books.html. diunduh tanggal 13 Juli 2019.
Article Metrics
Abstract view(s): 1143 time(s)PDF: 1153 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.