Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Mdde Melalui Model Pembelajaran STAD

Seti Sayoga(1*)

(1) SMK Muhammadiyah 3 Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreativitas dan hasil belajar Memahami Dasar-dasar Elektronika melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions(STAD). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dengan materi rangkaian seri dan paralel. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Indikatorkeberhasilan tindakan adalah meningkatnya kreativitas dan hasil belajar Memahami Dasar-dasar Elektronika. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Siswa dengan kategori sangat kreatif 12%, kreatif 70%, cukup kreatif 18% dan nilai rata-rata 74,93 pada siklus I dan 79,22 pada siklus II, 2) Siswa dengan kategori kreativitas sebagai berikut sangat kreatif 39%, kreatif 55%, cukup kreatif 6% Ketuntasan belajar sebesar 67% pada siklus I dan 85% pada siklus II.

Keywords

kreativitas; hasil belajar; memahami dasar-dasar elektronika

Full Text:

PDF

References

Atwi Suparman, 1997. Desain Instruksional, Jakarta : PAUPPAIUT.

Dimyatidan Mudjiono.(2003).BelajardanPembelajaran.Jakarta:Depdikbud.

Davis, Ivor K, 1973. Competency Based Learning Technology Management andDesign, New york : Mc Qraw Hill Book Company.

Handayani, S, 2011. Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievenment Division) dan kreativitas siswa sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran akuntansi pada kelas XI SMK N 1 Karanganyar

Tahun 2011/2012. (S1). UMS. Surakarta.

Hasan Langgulung, 1991. Kreativitas dan Pendidikan Islam Analisis dan Falsafah. Jakarta ; Pustaka Al Huda

Kuslan, Louis, L and Stone, H.A. 1982. Teaching Children Science an Inquiry. Discovery Approuch. Belmaunt California ; Wadsworth Publishing Companey.

Khotimah, SNK. 2014. Peningkatan kreativitas belajar matematika melalui metode STAD bagi kelas III SDN Jenggolo 3 Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Tahun 2014/2015.

(S1). UMS. Surakarta.

Rahmawati, LN. 2011. Peningkatan kreativitas mencipta desain busana dengan pendekatan pembelajaraan kooperatif berbasis STAD (Student Team Achievenment Division) pada mata diklat menggambar busana di SMK Negeri 4 Yogayakarta. (S1). UNY Yogyakarta.

Rawlinson, J.G, 1986. Berpikir Kreatif dan Brain Storming (terjemahan Marbun B.N dan Jurban Wachid). Jakarta ; Erlangga

Saifudin Azwar, 2002. Tes Prestasi Belajar. Yogyakarta ; Pustaka Pelajar.

Sugiyono, 2008. PenelititanPendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif danR&D). Bandung; Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2008. Prosedure Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik) Edisi Revisi VI, Jakarta ; Rineka Cipta.

Spectrum Program Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan, 2008. Direktorat Pembinaan SMK, Depdiknas : Jakarta

Utami Munandar, 2004. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat..Cetakan kedua. Jakarta ; Rineka Cipta.

Article Metrics

Abstract view(s): 777 time(s)
PDF: 2314 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.