Peningkatan Kemampuan Membaca Recount Text dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation pada Siswa Kelas VIII.E SMP Negeri 1 Boyolali

B. Bardi(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membacaRecount text dan hasil belajar Bahasa Inggris melaluipenggunaan model pembelajaran Group Investigation bagi siswa kelas VIIIESMP Negeri 1 Boyolali pada semester 2 tahun 2016/2017.Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Boyolali pada semester 2 tahun 2016/2017. Jumlah siswa dalam kelas ini adalah 26 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Siswa diberikan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I pembelajaran secara kelompok besar yang terdiri atas 8 siswa, sedangkan siklus II pembelajaran secara kelompok kecil terdiri atas 4 siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data melalui observasi dan studi dokumentasi. Untuk validasi data, observasi tidak dilakukan sendiri oleh peneliti, tetapi berkolaborasi dengan siswa dan teman sejawat, serta dengan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang dilanjutkan dengan refleksi. Hasil penelitian menyatakan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan membaca Recount text dan hasil belajar Bahasa Inggris bagi siswa kelas VIIIE SMP Negeri 1 Boyolali pada semester 2 tahun 2016/2017. Dari kondisi awal kemampuan membaca Recount text rendah ke kondisi akhir menjadi tinggi dan hasil belajar dari kondisi awal dari rata-rata nilai 77 ke kondisi akhir rata-rata menjadi 87 naik 10 poin atau 12.99%.

Keywords

recount text; hasil belajar; model pembelajaran; group Investigation

Full Text:

PDF

References

Akhaidah, Arsjad, dan Ridwan. 1991. Pembinaan Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Anderson, Mark and Kathy. 2003. Text Types in English. Malaysia: Macmillian Education Australia Pty Ltd

Arsyad, A. 2003.Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Depdiknas. 1990. Sistem Pendidikan Nasional. Semarang: Media Wiyata.

......... .2004. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

......... . 2005. Standar Nasional Pendidikan. Solo: CV. Kharisma.

........ .2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Inggris Buku I. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

......... . 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Inggris Buku II. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

.......... . 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi 2006. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

......... .2006. Standar Kompetensi Lulusan Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah.Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Djumransjah, H.M . 2006. Filsafat Pendidikan. Malang: Bayumedia Publishing.

http://understandingtext.blogspot.com/2007/12/what-is-recount.html, diakses, 8 Februari 2017 jam 09.18

https://vivifebriyantiwordpress.wordpress.com/2011/05/26/ptk-group-investigation/, diakses, 10 Februari 2017

Mulyadi HP. 2010. Bimbingan Teknis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Semarang: LPMP Jawa Tengah.

Munadi, Y. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Slamet, St.Y. 2009. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: LPP UNS.

Sukmadinata, H.S. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Article Metrics

Abstract view(s): 6863 time(s)
PDF: 4553 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.