Efektivitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme di Sekolah Menengah Pertama
Uffun Ainullia Manan(1*), Sabar Narimo(2)(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Isi, Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah.
Fitriyani, A. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Menggunakan Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Cahaya. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Hamzah. 2008. Teori Belajar Konstruktivisme.http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/08/20/teori-belajar-konstruktivisme/ (diunduh 4 Maret 2016, jam 15.16
Mulyasa, E. 2012. Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Peraturan Menteri Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang StandarProses Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Raval, K.D. 2013. Lesson Plan: Blueprint of Teaching. International Journal for Research in Education. Vol. 2. Issue: 2
Robertson, W.H., Meyer, R.D.,& Wilkerson,T.L. 2012. The Mathematics of Skateboarding: A Relevant Application of the 5Es of Constructivism. Journal of Education and Learning;Vol. 1, No. 2; 2012. Published by canadian center of Science and Education.
Samsulhadi, 2010. Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. http://smpn1gumukmas01.blogspot.co.id/2010/07/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html(diunduh 5 Maret 2016 jam 12.21).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumardyono. 2004. Karakteristik Matematika Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Pengembangan Penataran Guru Matematika
Suparno, P. 1998. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Jakarta : Kanisius.
Supinah. 2008. Penyusunan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) Matematika SD dalam Rangka Pengembangan KTSP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Sutama, 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media.
Syukur, A. 2006. Mengembangkan Kemampuan Kritis melalui Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended. Tesis. Bandung: PPS UPI.
Wardoyo, S.M. 2013. Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, S.E.P. 2014. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Article Metrics
Abstract view(s): 1050 time(s)PDF: 1903 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.