Strategi Peningkatan PeneraPan Metode PeMbelajaran E-lEarning pada PrograM Studi PGSD FKIP UST
C. indah nartani(1*), kristi Wardani(2), biya ebi Praheto(3)(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi mahasiswa
tentang penerapan pembelajaran e-learning pada Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata
Tamansiswa. Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian survey. Penelitian
survey adalah penelitian dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen
pengumpulan datanya. Sedangkan metode yang digunakan yaitu deskriptif analitis.
Adapun tempat penelitian ini dilakukan di Prodi PGSD UST yang beralamat di Kampus FKIP UST Jalan Batikan Tuntungan UH 3/1043 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan atas data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa dan dosen masuk ke dalam kategori tinggi terhadap penerapan pembelajaran berbasis e-learning di prodi PGSD FKIP UST. Dapat diketahui nilai rata-rata dari responden baik mahasiswa maupun dosen mencapai 80,6 berada pada kategori tinggi. Selain itu, 118 responden mahasiswa dari 156 responden memperoleh nilai angket skala 5 yang berada pada kategori tinggi atau sebesar 78% responden berada pada kategori tinggi. Kemudian, 22 responden dosen dari 27 responden memperoleh nilai angket skala 5 yang berada pada kategori tinggi atau sebesar 81,48% responden berada pada kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan adanya respon positif mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran e-learning di prodi PGSD. Dengan demikian pembelajaran berbasis e-learning dapat diterapkan dengan baik pada prodi PGSD karena keberteriaman mahasiswa dan dosen tinggi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arkorful, Valentina and Abaidoo Nelly. (2014). The role of e-learning, the advantages and
disadvantages of its adoption in Higher Education. International Journal of Education
and Research. Vol. 2 No. 12 pp. 397-410.
Darmayanti, Tri, dkk. (2007). E-learning pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah
Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan
Jarak Jauh, Volume 8, Nomor 2, September 2007, 99-113
Kaewkiriya, Thongchai. (2013). A Design and Development of E-learning Content For
Multimedia Technology Using Multimedia Game. International Journal of Software
Engineering & Applications (IJSEA), Vol.4, No.6, pp. 61-69.
Nugrahantini, Nanik Istantri. (2013). Motivasi Kerja Guru Di SMP Negeri Sub Rayon 2
Muntilan Kabupaten Magelang. Jurnal Varia Pendidikan, Vol. 25, No. 1, Hlm. 24-33.
Omer, Mohammed, et.al. (2015). E-learning Opens Door to the Global Community: Novice
Users’ Experiences of E-learning in a Somali University. MERLOT Journal of Online
Learning and Teaching. Vol. 11, No. 2, pp. 267-279.
Praheto, Biya Ebi. (2013). Penerapan Quantum Learning dengan Media Permainan Puzzle
untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Jawa pada siswa kelas 3B SD
Negeri 1 Wangon Kab. Banyumas. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Bahasa Jawa UNS.
Praheto, B. E., Andayani, Rohmadi, M., & Wardani, N. E. (2017). Peran Multimedia Interaktif
Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Di Pgsd. Proceedings, 173–
Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1224
Rahmaniah, Anna, dkk. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Learning Pada Materi
Hidrokarbon dan Minyak Bumi Kelas X Semester 2. Jurnal Penelitian, (Online). Jurnal
online.um.ac.id/artikel/Anna Rahmaniah.pdf)
Saiffudin, Much. Fuad. (2017). E-learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal Varia Pendidikan.
Vol. 29, No. 2, Hlm. 102-109.
Suteja, Bernad Renaldy, dkk. (2010). Personalization Sistem E-0learning Berbasis Ontology.
Jurnal Makara Sains, Vol. 14, No. 2, 192-200
Sutomo, Moh. (2012). E-learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran dalam Upaya
Meningkatkan Mutu di perguruan Tinggi. Jurnal Falasifa vol. 3 no 1. Maret 2012 149159
Warsita, Bambang. (2011). Pendidikan Jarak Jauh : Perancangan, Pengembangan,
Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Article Metrics
Abstract view(s): 521 time(s)PDF: 675 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.