KONTRIBUSI PELATIHAN GURU, IKLIM ORGANISASI DAN PERSEPSI GURU TENTANG KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SMKN KOTA SEMARANG
Aris Suparno(1*)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cakmak, M. 2009. “The Perceptions of Student Teachers about the Effects of Class Size With Regard to Effective Teaching Process.” The Qualitative Report Volume 14 Number 3 September 2009 395-408. Cemaloglu, N. 2006. “Analysis of The Primary School Teachers’ Perception Of Organizational Health In Terms Of Different Variables.” Journal of educarion. 30 (2006) 63-72. Danim, S. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah : Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Pendidikan. Jakarta :PT Bumi Aksara. Dessler G, 2004 Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi kesembilan jilid 1, alih bahasa Eli Tanya. Jakarta : Indeks. Hadiyanto. 2004. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta : PT Rineka Cipta. Hamalik, O. 2006. Pendidikan Guru : Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : PT Bumi Aksara. Harian Republika, 24 Desember 2004. Menyiapkan Guru yang Berkualitas dengan Pendekatan Micro Teaching. Diakses tanggal 15 Februari 2010. Hasibuan. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia : Edisi Revisi. Bumi Aksara : Jakarta. Hutchinson and Hoffman et al. 2009. On improving School Climate:Reducing Reliance On Rewards And Punishmen. International Journal Of Whole Schooling vol 5 no. 3. Nurkolish. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Grasindo. Pikiran Rakyat. 2006. Kualitas dan Profesionalisme Guru, Pikiran Rakyat (Online). http:// www.pikiranrakyat.com. Diakses tanggal 2 April 2010. Sagala, S. 2006. Manajemen Berba3sis Sekolah dan Masyarakat : Strategi Memenangkan Persaingan Mutu. Jakarta : PT Rakasta Samasta. Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Permada. Sarwono, S.W. 2006. TeoriTeori Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo. Suara Merdeka. 2005. Tantangan Guru Professional. Diakses tanggal 15 Februari 2010. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: pemdekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung. Suryosubroto, B. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta : PT Rineka Cipta. Triatna dan Komariah. 2006. Visionary Leadership : Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. Veithzal, R. 2005. Manajemen Sumber Dayta Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Wilson, M. 2006. “Continuing Professional Development and Professional Learning: Critical Reflection on Provision For School Leaders In England.” School of Education University of Leeds. Yamin, M. 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada
Article Metrics
Abstract view(s): 534 time(s)PDF: 368 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.