Kolegialitas Kepemimpinan Guru dalam Pembelajaran Matematika SMK
Djalal Fuadi(1*), Eko Rubiyanto(2), A. Fathoni(3)(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kolegialitas kepemimpinan
guru dalam pembelajaran matematika kelas XI SMK Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Surakarta 3 kelas, yaitu XI TPM D, XI TKBB, XI TKR A yang berjumlah 90 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dibantu dengan guru matematika. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha Collegiality dari guru matematika dalam pembelajaran dengan mendekati siswa secara pribadi, mengajak siswa berdialog tentang masa depan dan impian yang diinginkan,
mengenali latar belakang keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya, mengajak
siswa untuk memperbaiki diri melalui iman dan taqwa yang bersinergi dengan ilmu
pengetahuan dan memberikan wadah komunikasi online yang berupa grup media sosial agar siswa baik di dalam maupun di luar sekolah bisa komunikasi produktif agar siswa berhasil dalam pendidikan dan kesuksesan masa depan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Azis, Hamka. 2012. Karakter Guru Profesional. Jakarta ; Al Mawardi Prima
Ahmadi.2007.Sosiologi Pendidikan.Jakarta : Rineka Cipta
Anastasiadou, Sofia D.2014. Students’ toward effective leadership in education. Elsevier Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences 143 : 941-946
Androniceanu,Armenia. 2015. Leadership Competecies for Project Based School Management Succes. Elsevier Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences 182 : 232-238
Assoc. Prof.DR.Amalija Zakelj.2014. Support to Pupils with Learning Difficulties in Mathematics. Elsevier Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences 159 : 506-511
Bambang Sumardjoko. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif.Surakarta : UMS
Edward Sallis. 2011.Total Quality Management in Education.Yogyakarta: IRCisoD
Ibrahim,Mohd Yusril.2015. Model of Virtual Leadership, Intra-Team Communication and Job Performance Among School Leaders in Malaysia. Elsevier Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences 186 : 674-680
Karaduman,Gulsah Batdal.2015. Investigation of The Relationship Between Study Approaches and Self-Regulated Learning Skills of Teacher Candidates. Elsevier Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences 174 : 251-258
Mundia,Lawrence. 2015. Factors Contribusing to Effective Mathematics Teaching in Secondary Schools in Brunei Darusalam. Elsevier Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences 186 : 474-481
Oros,Cosmin.2015. Mathematical Education-Improving Methods for High School Terminal Classes. Elsevier Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences 191 : 15381543
Richardson,Lystra M.2015. Making Learning Foundational in Developing School Leaders. Elsevier Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences 174 : 2069-2074
Robova,Jarmila.2013. The Impact of Web Sites on Teaching and Learning Mathematics. Elsevier Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences 186 : 474-481
Sanjaya.2017.Paradigma Baru Mengajar.Jakarta : Kencana
Sah,Madiha.2012. The importnce and benefits of teacher collegelity in schools. Elsevier
Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences : 1242-1246
Siew Kheng Chua,Catherine.2015.Teacher Leadership enactment in profesional learning communiy contexts: Towards a better understanding of the phenomenon. School Leadership and Management, 35(2), 163 – 182.
Sofyan Anif.2014.Profesi Guru Antara Konsep, Implementasi, dan Pembinaan.Surakarta : BPFKIP UMS
Syamsul Bahri.2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Taniredja,Tukiran.2016. Guru yang Profesional. Bandung : Alfabeta
Tezer,Murat.2015.Determining Atittudes and anxiety Levels of Students in Need of Proctetion Towards Mathematics Course. Elsevier Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences 186 : 269-273
Thinwiangthong,Sampan.2014.Pre- and In-Service Teacher’ Role to Improve the Teaching and Learning Mathematics. Elsevier Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences 116 : 1940-1944
Tim Tarver. 2015. The Retention Rate of Students of Mathematics Education. Elsevier Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences 186 : 256- 259.
Tim Penyusun.2017. Pedoman Penulisan Tesis. Surakarta : SPs UMS
Tim Penyusun. 2018.Teknik Penulisan Ilmiah Menggunakan Smart Word dan Management Reference.Surakarta : Laboratorium SPs UMS
Yilmazer,Gulcin.2014. This Relationship Between Secondary School Students’ Arithmetic Performance and Their Mathematical Literacy. Elsevier Science Direct Procedia Social and Behavioral Sciences 152 : 619-623
Article Metrics
Abstract view(s): 704 time(s)PDF: 730 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.