STRATEGI PROMOSI GARUDA INDONESIA SURAKARTA DALAM MEMENANGKAN PERSAINGAN ANTARMASKAPAI

Adwitiya Ridho Febri Handono

DOI: https://doi.org/10.23917/komuniti.v7i1.2440

Abstract

Garuda Indonesia merupakan maskapai layanan penuh yang berkonsep Garuda Indonesia Experience. Persaingan antarmaskapai terutama di rute Solo Jakarta Solo tidak dapat dihindari dan berpengaruh pada pendapatan. Keuntungan maskapai dapat dilihat dari tingkat seat load factor dari rute yang dioperasikan. Kegiatan strategi promosi Garuda Indonesia Surakarta perlu dilakukan agar mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan jasa transportasi mereka dan mampu bersaing dengan maskapai lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan Garuda Indonesia Surakarta dalam memenangkan persaingan antarmaskapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif secara deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dengan empat informan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah Garuda Indonesia Surakarta menggunakan elemen pada Intergrated Marketing Communication, yaitu personal selling, periklanan, public relations, promosi, dan direct marketing.

Full Text:

PDF PDF

References

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2002. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta:Erlangga

Pawito. 2008. Penelitian Komunikasi dan Kualtitatif. Yogyakarta: LKIS.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga

Soemanegara. 2006. Strategi Marketing Communication: Konsep Strategis dan Terapan. Ban–

dung: Mandar Maju

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi

Article Metrics

Abstract view(s): 492 time(s)
PDF: 456 time(s) PDF: 349 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.