Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi

Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi

Penelitian komunikasi selalu menawarkan hasil dan temuan yang menarik, up to date dan memberikan kontribusi di berbagai bidang komunikasi. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi yang dikelola oleh Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta selalu berusaha untuk memberikan rujukan hasil penelitian yang penting dan berdampak bagi praktisi dan ilmuwan komunikasi. Komuniti fokus dengan penelitian dan teori di berbagai bidang komunikasi dan menjadi forum bagi akademisi dan praktisi.
Proses komunikasi yang dilakukan manusia dalam berbagai konteks, melibatkan media dalam penyampaian pesannya. Komuniti menerbitkan naskah yang mengeksplorasi, menjelaskan serta menguji proses, penyebab dan dampak dari komunikasi yang terjadi di berbagai konteks kehidupan manusia. Berikut berbagai konteks yang sesuai dengan ruang lingkup Komuniti : Media massa, media sosial, antar-pribadi, kelompok dan organisasi, public relations, antar budaya, komunikasi pemasaran, komunikasi krisis, komunikasi kesehatan, dan komunikasi politik.


IDENTITAS JURNAL

Nama Jurnal

:

Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi

Nama Singkatan 

:

Komuniti

ISSN Online 

:

 2549-5623

ISSN Cetak

:

 2087-085X

Akreditasi SINTA

:

Sinta 4 

Penerbit

:

Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Alamat Editorial

:

 Jl. A. Yani 1 Pabelan Kartasura Surakarta 57102

Email

:

 komuniti@ums.ac.id

Tahun Pertama Terbit

:

 2010

Announcements

 
No announcements have been published.
 
More Announcements...

Volume 12, No. 1, Maret 2020

Jurnal Komuniti Volume 12 Nomor 1 Tahun 2020 ini selain menyajikan artikel di bidang komunikasi politik, komunikasi antar pribadi, media massa juga menerbitkan artikel yang focus berbagai isu dalam penggunaan media sosial.

Artikel yang mengkaji di bidang media massa adalah artikel dengan judul Analisis Framing Pemberitaan Banjir Jakarta Januari 2020 Di Harian Kompas.com dan Jawapos.com, sedangkan artikel di bidang media sosial terdiri dari artikel dengan judul Pesan Promosi dalam Akun Twitter @Netmediatama, Pola Anak Konsumsi Youtube dan Pola Pendampingan Ibu Bekerja (Working Mom) pada Anak dalam Mengakses Youtube, dan Eksploitasi Anak Melalui Akun Instagram (Analisis Wacana Kritis Praktek Sharenting oleh Selebgram Ashanty & Rachel Venya).

Di bidang komunikasi politik, ada artikel dengan judul Praktik Lobi dan Negosiasi Oleh Legislator Sebagai Bentuk Komunikasi Politik yang saat ini sedang hangat dibicarakan di masyarakat, serta artikel di bidang komunikasi antar pribadi, diwakili oleh artikel berjudul Pengurangan Ketidakpastian Pada Pekerja Salon Tunarungu dalam Melayani Pelanggan Baru.

Table of Contents

Articles

Santi Susanti, Wina Erwina
1-10
Nexen Alexandre Pinontoan, Umaimah Wahid
11-24
Ardianto Ardianto, Guntur F Prisanto, Irwansyah Irwansyah, Niken Febrina Ernungtyas, Syahrul Hidayanto
25-39

Komunikasi Antar Pribadi

Andheka Malestha, Ratri Kusumaningtyas
51-67

Budaya Media Baru

Fasiyah Noor, Restu Ayu Mumpuni, Anita Amaliyah, Indah Laksmiwati
40-50
Merry Fridha, Rahmat Edi Irawan
68-80