Penerapan Budaya 5S sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen
Yulianto Bambang Setyadi(1), Tri Oktafia Anggrahini(2*), Nanda Putri Kusuma Wardani(3), Wakhid Nanang Yunanto(4), Oktadina Tri Setiawati(5), Ganjar Nur Hidayati(6), Gita Ristiani Amalia(7), Meilinda Kurnia Dewi(8), Nugroho Priyatmojo(9), Ismiyanto Nugroho(10)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(10) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budhiman, Arif. (2017). “Gerakan Penguatan Pen-didikan Karakter”. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Citrapujiyati. (2017). “Implementasi Grand Design Pendidikan Karakter di Sekolah Alam Sebagai Penguatan Generasi Emas 2045 (Studi Deskriptif di Sekolah Alam Ungaran)”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Faozah,I. (2014). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Program 5S (Senyum,Salam,Sapa, Sopan, Santun) di SD Negeri 1 Sedayu Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Gunawan,Heri.(2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
https://www.kemdikbud.go.id/
Kertajaya, H. (2010). Grow with Character : The Model Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Marwanti, Endah dkk. (2018). “Implementasi Penanaman Karakter Anak dalam Syair Lagu Dolanan Anak Cublak-Cublak Suweng”. Jurnal Taman Cendekia. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa.
Narimo, S., Maryadi, M., Fatoni, A., Anif, S., Sumardjoko, B., & Adhantoro, M. S. (2018, November). Pancasila and Citizens Education (PKn) Learning Based on Local Culture in The Establishment of Student Characters. In Profunedu International Conference Proceeding (Vol. 1, pp. 255-260).
Prasetyo, A., & Rivasintha, E. (2015, Juni 26). Retrieved Februari 24, 2020, from Kompa-siana:http;//www.edukasi.kompasiana.com
Rusdianti, Famila. (2015). “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Menuju Generasi Emas Indonesia”. (famila rusdiantiblog.wordpress.com). Diakses hari Sabtu tanggal 25 April 2020 pukul 22.35.
Samani, Muchlas, dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suyanto. (2009). Urgensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional.
Thambu, N., Prayitno, H. J., & Zakaria, G. A. N. (2020). Incorporating Active Learning into Moral Education to Develop Multiple Intelligences: A Qualitative Approach. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 17-29.
Ujiningsih. (2010). Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan di Sekolah sebagai Upaya untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Retrieved februari 27, 2020, from pustaka.ut.ac.id:http;//www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdfprosiding2/fkip201034.pdf.
Article Metrics
Abstract view(s): 3512 time(s)PDF: 19154 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.