Green Literature untuk Menumbuhkembangkan Kesadaran Ekologis di SD Muhammadiyah Program Khusus Bayat, Klaten

Siti Hadiyati Nur Hafida(1), Akhirul Insan Nur Rokhmah(2*), Ramadhan Bima Kuncara(3), Vifi Ayu Wardani(4), Alvin Dwi Novianti(5), Kartika Yuniandari(6), Gigih Yulia Sahira(7), Manarul Hidayat(8), Amalia Luthfi Yudiantari(9), Erfin Dwi Fitria Handayani(10), Almuntaqo Zainuddin(11)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(10) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(11) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh intensitas bencana alam berupa banjir yang cukup tinggi di area Bayat, Klaten sehingga diperlukan adanya kesadaran ekologis sejak dini. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya pengaruh green literature terhadap kesadaran ekologis di SD Muhammadiyah Program Khusus Bayat. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi tiga tahapan yakni 1) Tahap persiapan, 2) Tahap pelaksanaan, dan 3) Tahap evaluasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif dengan cara advokasi dan difusi IPTEKS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh green literature berbanding lurus dengan tingkat kesadaran ekologis peserta didik di SD Muhammadiyah Program Khusus Bayat.  Hal ini ditunjukkan dari karya sastra yang dihasilkan oleh siswa telah mengintegrasikan konsep ekologis. Kesadaran ekologis yang ditanamkan sejak dini sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan bencana alam masa yang akan datang.

Keywords

ekologi sastra; green literature; literasi; reboisasi

Full Text:

PDF

References

AR, Syahruddin., Imam Bachtiar, Wayan Merta, Kusmiyati. 2019. “Latihan Tentang Teknik Penelitian Ekologi pada Siswa dan Guru Biologi MAN 2 Kota Mataram Nusa Tenggara Barat” Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 2(2). 311-316.

Boca, G. D., & Saraçli, S. (2019). Environmental Education and Student’s Perception, for Sustainability. Sustainability (Switzerland), 11(1553), 1–18. https://doi.org/10.3390/su11061553

Cresswel. John W. 2017. Research Design Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewojati, Cahyaningrum. 2018. “Pengembangan Pembelajaran Penulisan Kreatif Berwawasan Lingkungan Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia bagi Guru dan Siswa Pondok Pesantren Muqimus Sunnah di Palembang” Bakti Budaya. 1(1). 45-56.

Du, Y., Wang, X., Brombal, D., Moriggi, A., Sharpley, A., & Pang, S. (2018). Changes in Environmental Awareness and Its Connection to Local Environmental Management in Water Conservation Zones: The Case of Beijing, China. Sustainability (Switzerland), 10(2087), 1–24. https://doi.org/10.3390/su10062087

Endraswara, Suwardi. 2016. Sastra Ekologis Teori dan Praktik Pengkajian.Yogyakarta:CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Ikhsan, F.A., F.A. Kurnianto, B. Apriyanto., E. A. Nurdin., R.W. Bachtiar. 2019. “The Efectivity of Environmental Education in Scaffolding Students’ Ecological Literacy” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 8(3). 398-406.

Kociszewska, M. (2014). Ecological Awareness and Education of The Society in The Light of Sustainability Idea – Selected Aspects. Pedagogika Rodziny, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.2478/fampe-2014-0004

Murti, F. N. (2019). Indonesia’s Green Literature: “The Sleeping Beauty” Literary. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(012165). https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012165

Omoogun, A. C., Egbonyi, E. E., & Onnoghen, U. N. (2016). From Environmental Awareness to Environmental Responsibility: Towards a Stewardship Curriculum. Journal of Educational Issues, 2(2), 60–72. https://doi.org/10.5296/jei.v2i2.9265

Permatasari, Bernadetta Lisa Andika. 2018. “Sastra Hijau dan Pembelajaran Sastra Anak: Alternatif Gerakan Ekologis dalam Puisi” Halauan Sastra Budaya. 2(2). 187-203.

Pradopo, Rachmat D. 2012. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Pradana, Batha Handini., Nurul Fatimah, Totok Rochana. 2017. “Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa di SMA N 4 Magelang” Solidarity. 6(2).167-179.

Pranoto, Naning, Soesi Sastro, Sides Sudyarto DS. 2013. Seni Menulis Sastra Hijau bersama Perhutani. Jakarta:Perhutani.

Purnami, W., Utama, W. G., & Madu, F. J. (2016). Internalisasi Kesadaran Ekologis Melalui Pengelolaan Sampah di Lingkungan Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 487–491. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/173947-ID-internalisasi-kesadaran-ekologis-melalui.pdf

Ratih, K., Prayitno, H. J., Sutopo, A., Tamatea, L., & Syahriandi, M. (2019). Preparing for Quality EFL Teachers: The Disjuncture Between Policies and Practice in The Internet Communication Technology (ICT) Use in Classroom Context.

Ratnawati, Luluk Agustin. 2018. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri Bhayangkara Yogyakarta” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 36(7).

Roque, M.-À. (2011). Ecological Science and Ecological Awareness. Quaderns de La Mediterrània, 16, 11–15. Retrieved from https://www.iemed.org/observatori-en/arees-danalisi/arxius-adjunts/qm-16-originals/roquema_ecological science and awarness_qm16.pdf/at_download/file

Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A., ... & Suistri, S. (2020). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2).

Setiawan, F. A., Arisanty, D., Hastuti, K. P., & Rahman, A. M. (2020). The Effect of Metacognitive Ability on Learning Outcomes of Geography Education Students. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 82-90.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Susanti, S., & Rachmawati, T. S. (2018). Menumbuhkan Kesadaran Hidup Ekologis melalui Komunikasi Lingkungan di Eco Learning Camp. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(2), 188–202. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i2.3961

Suwandi, Sarwiji., Ahmad Yunus., dan Laili Etika Rahmawati. 2017. “Ecological Intellegence Values in Indonesian Language Textbooks for Junior High School Students” Pertanika Journal Social Sciences and Humanities. 25(S). 237-248.

Wahid, A. 2019. BNPB: Karhutla 2019 Bakar 857 Ribu Ha, Terparah dalam 3 Tahun. URL: https://www.detik.com/news/berita/d-4755492/bnpb-karhutla-2019-bakar-lahan-857-ha-terparah-dalam-3-tahun. Diakses pada tanggal 28 Februari 2020.

Undang-Undang No 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Wensing, E. J., Calos A. Torre. 2009. “The Ecology of Education: Knowledge Systems for Sustainable Development and Sustainability” Journal of Teacher Education for Sustainbility. 11(1). 3-17.

Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6153

Zsóka, Á., Szerényi, Z. M., Széchy, A., & Kocsis, T. (2013). Greening due to Environmental Education? Environmental Knowledge, Attitudes, Consumer Behavior and Everyday Pro-environmental Activities of Hungarian High School and University Students. Journal of Cleaner Production, 48, 126–138. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2012.11.030

Article Metrics

Abstract view(s): 801 time(s)
PDF: 682 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.