Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis di SMK Sukawati Gemolong Kala Pandemi
Fitri Wahyu Ningrum(1), Awalia Nurheni(2), Siti Aulia Umami(3), Main Sufanti(4*), Rohmadi Rohmadi(5)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adyana, Sunanda, dkk. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Mu-hammadiyah Jambangan, Sragen. Jurnal Buletin KKN Pendidikan, 2(2),63-68. doi: 10.23917/bkkndik.v2i2.11842
Ariefika, L. 2018. Konsep Dan Pengunaan Warna Dalam Infografis. Jurnal Desain, 6(1), 1019. doi:http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v6i01.2837
Arkiang, F. (2021). Analisis Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 di Daerah 3T (Nusa Tenggara Timur). Jurnal Pendidikan, 12(1): 57-64. http://dx.doi.org/10.31258/jp.12.1.57-64
Dewi, Rany Puspita dan Arnandi, Wendi. (2019). Peningkatan Produktivitas Peternak Itik melalui Penerapan Mesin Penetas Telur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2): 193-196.
Ella A., Andy F. W., & Siswidiyanto. 2015. Re-vitalisasi Pasar Tradisional dalam Per-spektif Good Governance (Studi di Pasar Tumpang Kabupaten Malang). Jurnal Ad-ministrasi Publik, 3(5), 758-762.
Farid A., & Hamidullah I. 2018. Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. CV. Pilar Nusantara.
Febrianto Saptodewo. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 1(3) 163-218. doi: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v1i03.563
Herliani, dkk. (2020). (2014). Penyuluhan Pentingnya Literasi di Masa Pandemik pada Siswa SMK Profita Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3): 277-283.
Ishartono, N., Alfian, I. A., & Firdaus, N. (2016). Pelatihan Penggunaan Software Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Dimensi Tiga Untuk Guru-Guru Matematika Sekolah Menengah Muhammadiyah Se-Sukoharjo (Training on the Use of Geogebra Software in Three Dimensional Space Building Materials for Muhammadiyah Mid. The 4th University Research Coloquium 2016, 264–270. https://doi.org/http://hdl.handle.net/11617/7705
Machromah, I. U., Ishartono, N., Mirandhani, A., Muhroji, Samsudin, M., Basry, W., & Ernitasari. (2021). PISA Problems Solving of Students with a Visual Learning Styles. Journal of Physics: Conference Series, 1720, 012010. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1720/1/012010
Mansur, H., & Rafiudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Developing Infographical Media i n Learning To Increase The Students ’ Interest. 4(1), 37–48. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/443
Maria, R. T., Adeline L. L., & Kristofel, B. N. Pemanfaatan Infografis Dalam Gerakan Literasi Sekolah di SMK Katolik Kefamenanu. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 85-91. DOI: https://doi.org/10.32938/bc.v3i2.555
Riyanti H. P., & Ferry D. 2019. Infografis se-bagai Pendukung Berita In-depth dalam Situs Tirto.id. Jurnal MediaTor, 12 (1), 35 45.doi: https://doi.org/10.29313/mediator.v12i1.4484
Saputra, Sandi Jaya. (2018). Pentingnya literasi Media. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (3): 254-258.
Shavab, O. A. K. (2020). Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Edmodopada Pembelajaran Sejarah. Vol. 14, N, hlm. 142-152. https://doi.org/10.17977/um020v14i22020p142.
Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., ... & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63-68.
Suprayitno, Totok. (2018). Urgensi Literasi moral dalam Arus Gerakan Literasi Nasional. Prosiding Nasional, 2018.
Umami, M. R., Budi, S., & Ashadi. (2016). Pengaruh Media Infografis Dan Poster Pada Pembelajaran Joyful Learning Terhadap Prestasi Semester Gasal Sma Negeri Gondangrejo. 5(3), 9–17. https://www.neliti.com/id/publications/124491/
Wingard, A., Hermawan, H., & Dewi, V. (2020). The Effects of Students’ Perception of the School Environment and Students’ Enjoyment in Reading towards Reading Achievement of 4th Grades Students in Hong Kong. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 68-74. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9350
Wenny, F. S., dkk. (2019). Peran Infografis Sebagai
Penunjang Dalam Proses Pembelajaran Siswa. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 55-62.
Yogiswari, Krisna Sukma. (2019). Hoax di Era Post-Truth dan Pentingnya Literasi Media. Seminar Nasional Filsafat (SENAFI) I, 173.
Article Metrics
Abstract view(s): 896 time(s)PDF: 1078 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.