Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang

Ihwan Ihwan(1), Nurdiyah Lestari(2), Fauziah Wulansari(3), Wulansari Wulansari(4*), Miftakhul Khasanah(5)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kupang
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kupang
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

ak satu tahun yang lalu Indonesia masih mengadakan pembelajaran daring akibat terjadinya pandemi corona. Selama pembelajaran daring terjadi peserta didik di dusun Grujugan mendapatkan pembelajaran yang berfokus pada pengerjaan soal pada buku tematik saja. Jika melihat dari kegiatan tersebut tentunya hanya aspek kognitif saja yang terpenuhi sedangkan aspek psikomotorik dan afektif belum terpenuhi. Sehingga hal ini menjadikan peneliti melakukan pengabdian masyarakat di dusun Grujugan. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pengembangan diri berbasis seni agar aspek psikomotorik dan afektif peserta didik selama masa pandemi tetap didapatkan. Mitra pengabdian pada KKN Dikmas ini adalah peserta didik kelas 4 dan 5. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode pelatihan. Dimana peneliti memberikan contoh terhadap suatu karya yang harus dibuat lalu peserta didik dapat meniru atau membuat karya dengan tema sendiri. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa dengan mengadakan pengembangan diri berbasis seni yaitu menggambar dan mewarnai, pointilis, menggunting dan menempel, membuat celengan, mozaik, kreasi cap menggunakan bahan alam, tie dye, dan clay peserta didik dapat memenuhi aspek psikomotorik pada tingkatan naturalisasi yaitu membuat suatu produk dan aspek afektif yang terpenuhi ialah tingkatan menghargai yaitu ikut serta dalam pembuatan karya seni.

Keywords

seni kriya; seni rupa; pengembangan diri

Full Text:

PDF

References

Aini, A. (2010). Upaya Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Bermain Melipat, Menggunting, Menempel di TK NGUTER. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bppsdmk.kemkes.go.id. (2018). Kata Kerja Operasional (KKO) Edisi Revisi Teori Bloom.

Detikcom, T. (2020). Pecah Rekor Lagi! Kasus Positif Corona di RI Tambah 3.308 Per 29 Agustus. Detik.Com, p. 1.

Fadhilah, N. (2014). Meningkatkan Kemampu-an Motorik Halus Melalui Kegiatan Me-warnai di Kelompok B TK KKLKMD Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul. Skripsi.

Haryadi, T., & Aripin, A. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psiko-motorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi" Warungku". ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(02), 122-133. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i02.963.

Hidajat, Yana, E., & Heni. (2020). Pelatihan Motorik Anak dan Pemanfaatan Limbah. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2, 51.

Ihsanuddin. (2020). Fakta Lengkap Kasus Per-tama Virus Corona di Indonesia. Kompas.Com, p. 1.

Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkem-bangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Ka-nak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1, 2.

Karyati, T. 2019. Mengembangkan Motorik Ha-lus Anak Melalui Tehnik Mozaik Dengan Kertas Origami Di PAUD Miftahul Huda Tribudisyukur Kebun Tebu Lampung Barat. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia DiniFakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Kemendikbud, P. web. (2020). Laksanakan Arahan Presiden, Kemendikbud Terus Galang Dukungan Pembelajaran Daring. Kemendikbud.

Kumaat, J. (2020). Penerapan Metode Meng-gambar dan Mewarnai. Jurnal Pendidi-kan, 1, 1.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Laili, L. N. (2020). Peningkatan Kemampuan Seni Rupa Pada Anak Usia 4-5 Tahun dengan Menggunakan Teknik Kreasi Cap dari Bahan Alam di RA AL-HIKAM Ma-lang (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/25047/1/15160007.pdf

Makarim, N. A. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyeb-aran Corona Virus Desease (Covid- 19).

Mulyasa, H.E. dan A.S. Wardhan. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kuriku-lum 2013 Cetakan keempat. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nirwana, N., Widyaningsih, O., & Sapaile, N. (2019). Pelatihan Kreativitas Clay bagi Guru PAUD Kecamatan Tambora, Jakarta Pusat. Sarwahita. https://doi.org/10.21009/sarwahita.151.02

Nurhidayati, A., & Sunarsih, E. S. (2013). Pen-ingkatan Hasil Belajar Ranah Afektif me-lalui Pembelajaran Model Motivasional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 6(2). https://doi.org/10.20961/jiptek.v6i2.12614.

Pamadhi, Hajar dan S Evan Sukardi. (2009). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Univer-sitas Terbuka.

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Cetakan kedua. Penerbit Kencana, Jakarta.

Rasidi, A. 2018. Kemampuan Menggambar Mo-tif Batik Teknik Pointilis oleh Siswa Kelas X Di SMA Negeri 9 Gowa. Skripsi. Pro-gram Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.

Ridwan Abdullah Sani. (2016). Penilaian Aut-entik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sabri, T. (2012). Memupuk kemandirian sebagai strategi pengembangan kepribadian indi-vidu siswa dalam belajar. Jurnal Pendidi-kan Sosiologi dan Humaniora, 1(1).

Setioningtyas, W. P., Murtadho, A. M., Jannah, M., & Sukmawati, I. (2019). Peningkatan Ide dan Kreatifitas Siswa SD Melalui Kreasi Batik Jumputan. Penamas Adi Bu-ana, 2.

Sidabutar, R.R., dan H. Siahaan. 2019. Pening-katan Motorik Halus Anak Usia Dini Me-lalui Pemanfaatan Media Daun dalam Kegiatan Pembelajaran. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education. Vol. 2 (1). pp. 39 – 47. doi; http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.930.

Sulistiyo, E.B. (2018). Panduan Lengkap Me-warnai dengan Krayon. Penerbit Cikal Aksara. Jakarta.

Taqwil, M. (2020). Model Program Pengem-bangan Diri dalam Potensi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Peterongan Jombang. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 10(2), 149-168.

Utomo, A. C., Widyawati, L., Supyanti, R., Gun-tur, N., Dhita, L. A. A., Rahmadhanti, A., ... & Marwan, M. (2020). Pengenalan Ke-budayaan Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 77-82.

Wijaya, H. (2010). Titik sebagai Dasar Pencip-taan Karya Seni. Humaniora. https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2867.

Article Metrics

Abstract view(s): 1088 time(s)
PDF: 957 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.