Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang
Ihwan Ihwan(1), Nurdiyah Lestari(2), Fauziah Wulansari(3), Wulansari Wulansari(4*), Miftakhul Khasanah(5)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kupang
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kupang
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, A. (2010). Upaya Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Bermain Melipat, Menggunting, Menempel di TK NGUTER. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Bppsdmk.kemkes.go.id. (2018). Kata Kerja Operasional (KKO) Edisi Revisi Teori Bloom.
Detikcom, T. (2020). Pecah Rekor Lagi! Kasus Positif Corona di RI Tambah 3.308 Per 29 Agustus. Detik.Com, p. 1.
Fadhilah, N. (2014). Meningkatkan Kemampu-an Motorik Halus Melalui Kegiatan Me-warnai di Kelompok B TK KKLKMD Sedyo Rukun Bambanglipuro Bantul. Skripsi.
Haryadi, T., & Aripin, A. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psiko-motorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi" Warungku". ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(02), 122-133. https://doi.org/10.33633/andharupa.v1i02.963.
Hidajat, Yana, E., & Heni. (2020). Pelatihan Motorik Anak dan Pemanfaatan Limbah. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2, 51.
Ihsanuddin. (2020). Fakta Lengkap Kasus Per-tama Virus Corona di Indonesia. Kompas.Com, p. 1.
Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkem-bangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Ka-nak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1, 2.
Karyati, T. 2019. Mengembangkan Motorik Ha-lus Anak Melalui Tehnik Mozaik Dengan Kertas Origami Di PAUD Miftahul Huda Tribudisyukur Kebun Tebu Lampung Barat. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia DiniFakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Kemendikbud, P. web. (2020). Laksanakan Arahan Presiden, Kemendikbud Terus Galang Dukungan Pembelajaran Daring. Kemendikbud.
Kumaat, J. (2020). Penerapan Metode Meng-gambar dan Mewarnai. Jurnal Pendidi-kan, 1, 1.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Laili, L. N. (2020). Peningkatan Kemampuan Seni Rupa Pada Anak Usia 4-5 Tahun dengan Menggunakan Teknik Kreasi Cap dari Bahan Alam di RA AL-HIKAM Ma-lang (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/25047/1/15160007.pdf
Makarim, N. A. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyeb-aran Corona Virus Desease (Covid- 19).
Mulyasa, H.E. dan A.S. Wardhan. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kuriku-lum 2013 Cetakan keempat. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Nirwana, N., Widyaningsih, O., & Sapaile, N. (2019). Pelatihan Kreativitas Clay bagi Guru PAUD Kecamatan Tambora, Jakarta Pusat. Sarwahita. https://doi.org/10.21009/sarwahita.151.02
Nurhidayati, A., & Sunarsih, E. S. (2013). Pen-ingkatan Hasil Belajar Ranah Afektif me-lalui Pembelajaran Model Motivasional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 6(2). https://doi.org/10.20961/jiptek.v6i2.12614.
Pamadhi, Hajar dan S Evan Sukardi. (2009). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Univer-sitas Terbuka.
Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Cetakan kedua. Penerbit Kencana, Jakarta.
Rasidi, A. 2018. Kemampuan Menggambar Mo-tif Batik Teknik Pointilis oleh Siswa Kelas X Di SMA Negeri 9 Gowa. Skripsi. Pro-gram Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.
Ridwan Abdullah Sani. (2016). Penilaian Aut-entik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sabri, T. (2012). Memupuk kemandirian sebagai strategi pengembangan kepribadian indi-vidu siswa dalam belajar. Jurnal Pendidi-kan Sosiologi dan Humaniora, 1(1).
Setioningtyas, W. P., Murtadho, A. M., Jannah, M., & Sukmawati, I. (2019). Peningkatan Ide dan Kreatifitas Siswa SD Melalui Kreasi Batik Jumputan. Penamas Adi Bu-ana, 2.
Sidabutar, R.R., dan H. Siahaan. 2019. Pening-katan Motorik Halus Anak Usia Dini Me-lalui Pemanfaatan Media Daun dalam Kegiatan Pembelajaran. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education. Vol. 2 (1). pp. 39 – 47. doi; http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.930.
Sulistiyo, E.B. (2018). Panduan Lengkap Me-warnai dengan Krayon. Penerbit Cikal Aksara. Jakarta.
Taqwil, M. (2020). Model Program Pengem-bangan Diri dalam Potensi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Peterongan Jombang. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 10(2), 149-168.
Utomo, A. C., Widyawati, L., Supyanti, R., Gun-tur, N., Dhita, L. A. A., Rahmadhanti, A., ... & Marwan, M. (2020). Pengenalan Ke-budayaan Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 77-82.
Wijaya, H. (2010). Titik sebagai Dasar Pencip-taan Karya Seni. Humaniora. https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2867.
Article Metrics
Abstract view(s): 1088 time(s)PDF: 957 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.