Pengembangan Sistem Klasifikasi Kepustakaan dengan Dewey Decimal Classification (DDC)

Diah Bekti Anggraeni(1*), Widyastuti Widyastuti(2), Fitri Puji Rahmawati(3), Madya Giri Aditama(4)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) STKIP Muhammadiyah Batang
(*) Corresponding Author

Abstract

Perpustakaan suatu sekolah menjadi salah satu tolak ukur suatu sekolah dikatakan maju atau tidak. Perpustakaan yang ideal ialah yang memiliki ruang perpustakaan nyaman, bahan pustaka yang lengkap, serta pustaka-wan yang melakukan pelayanan secara COMFORT. SD Negeri 1 Gema-wang berada di Kecmatan Girimarto Kabupaten Wonogiri mempunyai koleksi pustaka yang memadai, akan tetapi sistem administratif per-pustakaan serta belum adanya sumber manusianya sebagai pustakawan. Perpustakaan di SD Negeri 1 Gemawang telah mendapatkan bahan pustaka baru dari Dinas Pendidikan yang belum ditata dan dilakukan pengadminitrasian. Pembuatan kategorisasi bahan pustaka yang dil-akukan di perpustakaan SD Negeri 1 Gemawang menggunakan sistem klasifikasi Dewey Decimal Classification (DDC). Mengklasifikasi bahan pustaka dengan menggunakan sistem klasifikasi DDC terdiri dari nomor klasifikasi, lalu diikuti 3 huruf awal nama pengarang kemudian satu huruf kecil dari judul buku. Penyusunan buku harus sistematis. Penyusunan pertama dimulai dari nomor klasifikasi, dimulai dari nomor klasifikiasi terkecil dari bahan pustaka di perpustakaan hingga ke terbesar, kemudian menurut abjad dari tiga huruf awal pengarang, dan menurut abjad terkecil dari huruf pertama judul. Dengan adanya pembu-atan kategorisasi bahan pustaka menurut DDC memberikan kemudahan bagi pustakawan dalam temu kembali koleksi. Selain itu, diharapkan dapat menumbuhkan minat baca para siswa-siswi dan menjadikan SD Negeri 1 Gemawang sekolah yang semakin maju dan berkembang.

Keywords

bahan pustaka; dewey decimal classification; kepustakaan; sistem klasifikasi

Full Text:

PDF

References

Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., ... & Sholihah, I. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97-105.

Budiywono, E. (2015). Manfaat Penataan Ru-ang Di Perpustakaan Al Irfan Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Eko Budiywono Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Banyuwangi. Darussalam: Jurnal Pen-didikan, Komunikasi, Dan Pemikiran Hukum Islam, 7(1), 127–140.

Darmawan, E., & Suparman, S. (2019). Design of Mathematics Learning Media based on Discovery Learning to Improve Problem Solving Ability. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 1(2), 20-28. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.7564

Hastari, N., Rusmono, D., & Suhardini, D. (2015). Hubungan Persepsi Pemustaka Tentang Sistem Klasifikasi Dewey Deci-mal Classification ( Ddc ) Dengan Pem-anfaatan Sistem Telusur Elektronik Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 2(1), 78–88.

Nurhayati, A. (2018). Perkembangan Per-pustakaan dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat. Jurnal Per-pustakaan, 2018 9(1): 21-32

Pustakawan, K., Mengklasifikasi, D., Pustaka, B., Menggunakan, D., Soppeng, K., Putri, S. R. I. E. K. A., Adab, F., Humaniora, D. A. N., Islam, U., & Alauddin, N. (2017). Keterampilan pustakawan dalam mengklasifikasi bahan pustaka dengan menggunakan. Ddc.

Safaruddin, M., Golung, A. M., & Harindah, S. (2016). Kajian Pentingnya Penataan Koleksi Untuk Temu Kembali Informasi Di Perpustakaan Smk Negeri 1 Manado. E-Journal “Acta Diurna,” V(1), 1–9. https://media.neliti.com/media/publications/90253-ID-kajian-pentingnya-penataan-koleksi-untuk.pdf

Saputro, B. I. (2017). Penerapan Sistem Klas-ifikasi Perpustakaan Arkeologi di Per-pustakaan Balai Arkeologi Daerah Is-timewa Yogyakarta. Berkala Ilmu Per-pustakaan dan Informasi, 13(2), 107. https://doi.org/10.22146/bip.23453

Subroto, G. (2009). Klasifikasi bahan pustaka. Pustakawan Perpustakaan UM, 1–13.

Syahdan, S., Ridwan, M. M., Ismaya, I., Aminullah, A. M., & Elihami, E. (2021). Analisis Penerapan Sistem Klasifikasi Ddc Dalam Pengolahan Pustaka. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 63-80. Re-trieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/1669

Watthananon, J. “The relationship of text cate-gorization using Dewey Decimal Classifi-cation techniques,” Int. Conf. ICT Knowl. Eng., Vol. 2015-Januari, No. January, pp. 72–77,

Mulyani, E., Muhamad, F. P. B., Cahyanto K. A. (2015) Pengaruh N-Gram terhadap Klasifikasi Buku Menggunakan Ekstraksi dan Seleksi Fitur pada Multinomial Naïve Bayes. Jurnal Media Informatika Budidarma 5[1], Januari 2021, Page 264-272 https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/mib DOI 10.30865/mib.v5i1.2672

Article Metrics

Abstract view(s): 1325 time(s)
PDF: 2052 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.