Pengenalan Game Edukasi sebagai Digital Learning Culture pada Pembelajaran Sekolah Dasar
Dwi Jayanti(1*), Jelita Intan Septiani(2), Ika Candra Sayekti(3), Ipin Prasojo(4), Irma Yuliana(5)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Sains dan Teknologi, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan PKU Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, Tuti. 2015. “Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi dan Komu-nikasi”. Jurnal Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu sosial dan Budaya. Vol.12, No.1: 127-150, 2015.
Competences, C., & Age, O. (2013). Digital Literacy. Digital Literacy, April. https://doi.org/10.4018/978-1-4666-1852-7
Esper, S., Foster, S. R., & Griswold, W. G. (2013). On the nature of fires and how to spark them when you’re not there. SIGCSE 2013 - Proceedings of the 44th ACM Technical Symposium on Computer Science Education, 305–310. https://doi.org/10.1145/2445196.2445290
fkip.ums.ac.id, (2021, 8 Maret). Mahasiswa KKNDik FKIP UMS: Selesaikan Tugas Hadirkan Pendidikan MKPT Masa Pan-demi. Diakses pada 12 Maret 2021, dari https://fkip.ums.ac.id/2021/03/08/mahasiswa-kkndik-fkip-ums-selesaikan-tugas-hadirkan-pendidikan-mkpt-masa-pandemi/
Gasson, J., & Haden, P. (2014). Modern digital literacy: The computer science curriculum goes mainstream. Proceedings of ASCILITE 2014 - Annual Conference of the Australian Society for Computers in Tertiary Education, 49–57.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2.
Lutfina, E., & Wardhani, A. K. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Pemrograman Berbasis Blok Bagi Anak. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 107–111. https://doi.org/10.24246/jms.v1i12020p107-111
Maria, E., & Sediyono, E. (2017). Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 59. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p59-71
Martin, A. (2009). Digital literacy for the third age: Sustaining identity in an uncertain world. ELearning Papers, 12(February), 1–15.
Novianto, Sendi dan Kardinawati, Acun, 2020. “Pelatihan Berpikir Praktis Melalui Per-mainan Komputer untuk Siswa SD ISBA 2 Semarang”. Jurnal Adimasku. Vol.3, No.2: 1-10, 2020.
Nurhidayat, N., Katoningsih, S., Utami, R. D., Maryana, W., Ishartono, N., Sidiq, Y., ... & Siswanto, H. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Materi IPA Siswa SD Kelas Rendah. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 83-90.
Saputri, A., Sukirno, S., Kurniawan, H., & Probowasito, T. (2020). Developing Android Game-Based Learning Media “Go Accounting” in Accounting Learning. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 91-99.doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9998
Weigend, M., Vaníček, J., Pluhár, Z., & Pesek, I. (2019). Computational thinking education through creative unplugged activities. Olympiads in Informatics, 13, 171–192. https://doi.org/10.15388/ioi.2019.11
Yuliana, I., Hermawan, H. D., Prayitno, H. J., Ratih, K., Adhantoro, M. S., Hidayati, H., & Ibrahim, M. H. (2021). Computational Thinking Lesson in Improving Digital Literacy for Rural Area Children via CS Unplugged. Journal of Physics: Conference Series, 1720(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1720/1/012009
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta.
Article Metrics
Abstract view(s): 1813 time(s)PDF: 1771 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.