Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital

Naillysa Rahmawati(1), Wibowo Heru Prasetiyo(2*), Rudy Bagus Wicaksono(3), Achmad Muthali'in(4), Miftakhul Huda(5), Atang Atang(6)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Sudirman
(*) Corresponding Author

Abstract

Literasi adalah hal yang sangat esensial di era digital ini. Peningkatan literasi akan mengoptimalkan sumber daya manusia terutama dalam me-menuhi keterampilan abad 21 dan pembentukan good citizen. Sayangnya eksistensi perpustakaan saat ini belum mampu menggugah siswa untuk membaca bahkan hanya untuk sekedar berkunjung. Pemanfaatan sudut baca di kelas menjadi solusi yang sangat efektif untuk meningkatkan budaya membaca dan menjelaskan pentingnya literasi di era digital saat ini. Hal inilah yang menjadi tujuan dari penelitian ini. Metode dalam penelitiann ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terkait pemanfaatan sudut baca untuk meningkatkan literasi kewarganegaraan di kelas IV SD Negeri Tempuran 2. Hasil pelaksanaan pemanfaatan sudut baca berjalan secara efektif sesuai rencana sehingga pembiasaan membaca siswa sudah mulai terbentuk dengan mengikuti tiga tahapan. Pertama, sebelum membaca melalui: a) sosialisasi dan koordinasi pemanfaatan sudut baca dengan guru, b) pemberian motivasi membaca kepada siswa c) penyusunan tata ruang dan rak buku. Kedua, ketika membaca melalui: a) memaksimalkan pemanfaatan sudut baca, b) melaksanakan kegiatan membaca di sudut baca selama 15 menit, c) melakukan kegiatan diskusi dan pembahasan terkait hasil bacaan. Ketiga, setelah membaca melalui: a) membuat ring-kasan, b) mengevaluasi hasil ringkasan, dan c) merefleksi terkait isi bacaan yang dibaca siswa. Kelemahan dalam penelitian ini ialah sebagian siswa masih memiliki minat yang kurang terhadap kebiasaan membaca dan siswa yang masih lemah dalam menjalankan proses diskusi setelah membaca.

Keywords

era digital; literasi kewarganegaraaan; sudut baca

Full Text:

PDF

References

Agustina, L., Arffianto, A., Hasna, S., Indarwati, L., Putri, D. R., El-majid, E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., & G, W. A. S. (2019). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi , Klaten. 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771

Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15696

Dewi, F. (2015). Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatann Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metodik Didaktik Vol. 9, No. 2, 9, 220–224. https://doi.org/10.1037/10522-098

Fatiha, N., & Nuwa, G. (2020). Kemerosotan Moral Siswa Pada Masa Pandemic Covid 19: Meneropong Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam. Kemerosotan Moral Siswa Pada Masa Pandemic Covid, 19, 1–17.

Febrianti, L. Y. P., & Irianto, O. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi Mea. 640–647.

Fudge, D., & Skipworth, S. A. (2017). Kids in the capitol: improving civic literacy through experiential learning. Learning: Research and Practice, 3(2), 163–167. https://doi.org/10.1080/23735082.2017.1349169

Ginting, E. S. (2020). Penguatan Literasi Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III, 35–38.

Hartyatni, M. S. (2018). Membangun Budaya Baca Melalui Pengelolaan Media Sudut Baca Kelas Dengan “12345.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 1. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5906

Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah.

Jati, W. R. (2019). Pemilih Pemula dalam Pilpres 2019, Bagaimana Karakter Mereka di Tengah Menguatnya Konservatisme.

Kemendikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Kemendikbud.

Mantu, K. S. (2021). Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 877. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021

Maulani, A., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2020). Korelasi Antara Tingkat Minat Baca dengan Kompetensi Pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 215. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27347

Morgan, L. (2016). Developing Civic Literacy and Efficacy: Insights Gleaned through the Implementation of Project Citizen. I.E.: Inquiry in Education, 8(1), 3.

Morgan, L. A. (2016). Mengembangkan Civic Literacy and Efficacy : Wawasan yang Didapatkan Melalui Implementasi Project Citizen Mengembangkan Civic Literacy dan Efficacy Wawasan yang Didapatkan Melalui Implementasi Proyek. 8.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Nabilah, L. N. (2020). Pengembangan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model Creative Problem Solving. https://doi.org/10.31219/osf.io/6vwhd

Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., Sufanti, M., & Rohmadi, R. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 161–168. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.14550

Nugrahini, E. (2016). Jendela Pendidikan dan Kebudayaan Gerakan Literasi Untuk Tumbuhkan Literasi, (Edisi VI). Eka Nugrahini, Jendela Pendidikan dan Kebudayaan Gerakan Literasi Untuk Tumbuhkan Literasi, (Edisi VI), (Jakarta: Kemeneterian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurlinasari, L., & Hamid, S. I. (2018). the Effectiveness of Critical Multiliteracies Model in Improving Elementary Students ’ Civic Literacy on the Civic Education Subject Efektivitas Model Multiliterasi Kritis Dalam Mengembangkan Civic Literacy Siswa Sd Pada. 18(2), 9–18.

Octavialis, N., & Ananda, A. (2021). Pembinaan Literasi Kewarganegaraan di SMP Negeri 11 Padang. 4(2), 122–128.

Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework Definition.

Prasetyo, D. S. (2009). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Think.

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan abad 21: Kompetensi pendidikan masa depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151.

Prianto, J. S. (2020). Budaya baca untuk kemajuan suatu bangsa. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 01–20.

Putri Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81–85. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.599

Queiruga-Dios, M. Á., López-Iñesta, E., Diez-Ojeda, M., Sáiz-Manzanares, M. C., & Dorrío, J. B. V. (2020). Citizen science for scientific literacy and the attainment of sustainable development goals in formal education. Sustainability (Switzerland), 12(10). https://doi.org/10.3390/su12104283

Raharjo, R., Armawi, A., & Soerjo, D. (2017). Penguatan Civic Literacy Dalam Pembentukan Warga Negara Yang Baik (Good Citizen) Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Warga Negara Muda (Studi Tentang Peran Pemuda HMP PPKn Demokratia pada Dusun Binaan Mutiara Ilmu di Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(2), 51. https://doi.org/10.22146/jkn.26457

Ramadhanti, N. N. (2019). Pemanfaatan sudut baca dalam meningkatkan minat baca siswa di madrasah ibtidaiyah negeri 2 samarinda. Jurnal Tarbiyag Dan Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, I(1), 39–46.

Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405

Sindonews. (2019). Tingkat Baca Indonesia Masih Rendah, Sri Mulyani Gencarkan Literasi.

Supriyono, Nugraha, D. M., & Gumelar, A. (2021). Membangun kecakapan warganegara melalui pendidikan kewarganegaraan di era abad 21. 6(1), 1–12.

Sutama, Sofia, & Novitasari, M. (2019). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika Berorientasi Pisa dalam Konten Perubahan dan Hubungan pada Siswa SMP. Varia Pendidikan, 31(1), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/8898/4794

Tachyudin, M., Cahyono, H., & UTAMI, P. (2020). Penguatan Civic Literasi Dalam Membentuk Wawasan Kebangsaan. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 4(2), 31–39. https://doi.org/10.31597/ccj.v4i2

Wantoro, J., Sutama, S., Zuhriah, S., & Hafida, S. H. N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar Bebasis Hots. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8453

Yusuf, R., Sanusi, Maimun, Hayati, E., & Fajri, I. (2019). Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Project Citizen. Prosiding Seminar Nasional Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia, 185–199.

Article Metrics

Abstract view(s): 2882 time(s)
PDF: 2835 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.