Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital
Naillysa Rahmawati(1), Wibowo Heru Prasetiyo(2*), Rudy Bagus Wicaksono(3), Achmad Muthali'in(4), Miftakhul Huda(5), Atang Atang(6)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Biologi, Universitas Jenderal Sudirman
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L., Arffianto, A., Hasna, S., Indarwati, L., Putri, D. R., El-majid, E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., & G, W. A. S. (2019). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi , Klaten. 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771
Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–174. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15696
Dewi, F. (2015). Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatann Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metodik Didaktik Vol. 9, No. 2, 9, 220–224. https://doi.org/10.1037/10522-098
Fatiha, N., & Nuwa, G. (2020). Kemerosotan Moral Siswa Pada Masa Pandemic Covid 19: Meneropong Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam. Kemerosotan Moral Siswa Pada Masa Pandemic Covid, 19, 1–17.
Febrianti, L. Y. P., & Irianto, O. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi Mea. 640–647.
Fudge, D., & Skipworth, S. A. (2017). Kids in the capitol: improving civic literacy through experiential learning. Learning: Research and Practice, 3(2), 163–167. https://doi.org/10.1080/23735082.2017.1349169
Ginting, E. S. (2020). Penguatan Literasi Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III, 35–38.
Hartyatni, M. S. (2018). Membangun Budaya Baca Melalui Pengelolaan Media Sudut Baca Kelas Dengan “12345.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 1. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5906
Husna, Z. (2020). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah.
Jati, W. R. (2019). Pemilih Pemula dalam Pilpres 2019, Bagaimana Karakter Mereka di Tengah Menguatnya Konservatisme.
Kemendikbud. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Kemendikbud.
Mantu, K. S. (2021). Pengelolaan Sudut Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik Kelas III SD Negeri 04 Popayato Barat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 877. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.877-884.2021
Maulani, A., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2020). Korelasi Antara Tingkat Minat Baca dengan Kompetensi Pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 215. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27347
Morgan, L. (2016). Developing Civic Literacy and Efficacy: Insights Gleaned through the Implementation of Project Citizen. I.E.: Inquiry in Education, 8(1), 3.
Morgan, L. A. (2016). Mengembangkan Civic Literacy and Efficacy : Wawasan yang Didapatkan Melalui Implementasi Project Citizen Mengembangkan Civic Literacy dan Efficacy Wawasan yang Didapatkan Melalui Implementasi Proyek. 8.
Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Nabilah, L. N. (2020). Pengembangan Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Model Creative Problem Solving. https://doi.org/10.31219/osf.io/6vwhd
Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., Sufanti, M., & Rohmadi, R. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 161–168. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.14550
Nugrahini, E. (2016). Jendela Pendidikan dan Kebudayaan Gerakan Literasi Untuk Tumbuhkan Literasi, (Edisi VI). Eka Nugrahini, Jendela Pendidikan dan Kebudayaan Gerakan Literasi Untuk Tumbuhkan Literasi, (Edisi VI), (Jakarta: Kemeneterian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurlinasari, L., & Hamid, S. I. (2018). the Effectiveness of Critical Multiliteracies Model in Improving Elementary Students ’ Civic Literacy on the Civic Education Subject Efektivitas Model Multiliterasi Kritis Dalam Mengembangkan Civic Literacy Siswa Sd Pada. 18(2), 9–18.
Octavialis, N., & Ananda, A. (2021). Pembinaan Literasi Kewarganegaraan di SMP Negeri 11 Padang. 4(2), 122–128.
Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework Definition.
Prasetyo, D. S. (2009). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Think.
Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan abad 21: Kompetensi pendidikan masa depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151.
Prianto, J. S. (2020). Budaya baca untuk kemajuan suatu bangsa. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 01–20.
Putri Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81–85. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.599
Queiruga-Dios, M. Á., López-Iñesta, E., Diez-Ojeda, M., Sáiz-Manzanares, M. C., & Dorrío, J. B. V. (2020). Citizen science for scientific literacy and the attainment of sustainable development goals in formal education. Sustainability (Switzerland), 12(10). https://doi.org/10.3390/su12104283
Raharjo, R., Armawi, A., & Soerjo, D. (2017). Penguatan Civic Literacy Dalam Pembentukan Warga Negara Yang Baik (Good Citizen) Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Warga Negara Muda (Studi Tentang Peran Pemuda HMP PPKn Demokratia pada Dusun Binaan Mutiara Ilmu di Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Jurnal Ketahanan Nasional, 23(2), 51. https://doi.org/10.22146/jkn.26457
Ramadhanti, N. N. (2019). Pemanfaatan sudut baca dalam meningkatkan minat baca siswa di madrasah ibtidaiyah negeri 2 samarinda. Jurnal Tarbiyag Dan Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, I(1), 39–46.
Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405
Sindonews. (2019). Tingkat Baca Indonesia Masih Rendah, Sri Mulyani Gencarkan Literasi.
Supriyono, Nugraha, D. M., & Gumelar, A. (2021). Membangun kecakapan warganegara melalui pendidikan kewarganegaraan di era abad 21. 6(1), 1–12.
Sutama, Sofia, & Novitasari, M. (2019). Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Matematika Berorientasi Pisa dalam Konten Perubahan dan Hubungan pada Siswa SMP. Varia Pendidikan, 31(1), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/8898/4794
Tachyudin, M., Cahyono, H., & UTAMI, P. (2020). Penguatan Civic Literasi Dalam Membentuk Wawasan Kebangsaan. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 4(2), 31–39. https://doi.org/10.31597/ccj.v4i2
Wantoro, J., Sutama, S., Zuhriah, S., & Hafida, S. H. N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar Bebasis Hots. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8453
Yusuf, R., Sanusi, Maimun, Hayati, E., & Fajri, I. (2019). Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Project Citizen. Prosiding Seminar Nasional Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia, 185–199.
Article Metrics
Abstract view(s): 2937 time(s)PDF: 2882 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.