Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah

Madya Giri Aditama(1*), Maila Huda Shofyana(2), Rachmat Imam Muslim(3), Imam Pamungkas(4), Susiati Susiati(5)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendal Batang
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka menuntut peningkatan kemampuan guru untuk menyesuaikannya. Salah satu poin utama dalam aplikasi kurikulum tersebut adalah penerapan metode Project Based Learning yang dianggap memiliki potensi besar dalam memaksimalkan kompetensi siswa. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meingkatakan kompetensi guru di daerah Kota Pekalongan dalam memahami Project Based Learning dan penerapannya. Kegitan yang di selenggarakan di SMA Sains Cahaya Al Quran Pekalongan ini diikuti oleh 32 peserta, terdiri dari guru-guru yang berasal dari beberapa sekolah di kota pekalongan. Metode pelatihan diterapkan dalam kegiatan pengabdian ini yang dikemas dalam konsep Temu Pendidik Daerah. Fakta dilapangan yang telah terjadi bahwa mayoritas pendidik hanya memahami PjBL sebatas pemberian tugas keapada siswa, padahal PjBL lebih dari itu. Metode ini dapat memaksimalkan kompetensi siswa, menerapkan 6 profil pelajar pancaseila dengan maksimal, serta dapat membantu guru dalam penilaian apabila dikombinasikan dengan asesmen yang tepat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan selain meluruskan miskonsepsi tersebut juga untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun pembelajaran dalam era Merdeka Belajar.

Keywords

project based learning; temu pendidik; kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References

Addiin, I., Redjeki, T., & Ariani, S. R. D. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Pokok Larutan Asam dan Basa di Kelas XI Ipa 1 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(4), 11.

Aditama, M. G., Prasetyawan Aji Sugiharto, Eki Nurwulandari, & Aisyiah Happy Hardiyani. (2021). Meningkatkan Kemampuan Guru SMK dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui In-House Training. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 2(1), 53–59. https://doi.org/10.37373/bemas.v2i1.130

Aditama, M. G., & Sugiharto, P. A. (2021). Implementation of 5M Strategy in Distance Learning of English Language Teaching (ELT). EDUTEC : Journal of Education And Technology, 5(1), 78–88. https://doi.org/10.29062/edu.v5i1.239

Aini, S. I. Y. I. N., Firdiansyah, B. A., Desta, D., Tamarani, F. D., & Sistiasih, V. S. (2019). Penggunaan Pendekatan SAVI (Somatik Auditori Visual Intelektual) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SDN Donoyudan. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i1.9285

Anif, S. (2013). Profil Kompetensi Profesional Guru Mapel Biologi. Varidika (Varia Pendidikan), 25(2), 205–223.

Anif, S., Sutama, Prayitno, H. J., & Sukartono. (2019). Kompetensi Profesional Guru Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Kendal. Varidika (Varia Pendidikan), 31(1), 63–72.

Fitria, D., Ilhami, M. D., & Susanti, M. (2020). Project Based Learning Model in Improving The Ability and Trust. International Journal of Science, Technology & Management, 1(3), 237–243.

Kristanti, Y. D., Subiki., & Handayani.,R., D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project Based Learning Model ) Pada Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 123.

Lubis, R. R., Habib, M., Sadri, M., & Rambe, N. (2022). Pelatihan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Guru. 6(3), 2176–2187.

M. Aditama, R. Amelia, and H. P. (2022). Implementation of Character Education in english Language Learning for Junior High School. Jurnal education and development, 10(3), 367–370. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.4097

Nugraha, M I., Tuken, R., Hakim, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. PINISI: Journal of Education, 1(2), 142–167.

Nugrohadi, S., & Anwar, M. T. (2022). Pelatihan Assembler Edu untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Merancang Project-based Learning Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16(1), 77–80.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 1.

Nurrahmah, A., Karim, A., & Suhendri, H. (2020). Pelatihan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis IT Bagi Guru MI. J-Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 19–23. https://doi.org/https://doi.org/10.25047/jdinamika.v5i1.1399

Pratiwi, K. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMKN 2 Klaten. Respository UNY.

Prayitno, H. J., Wulandari, M. D., Widyasari, C., Nursalam, N., Malaya, K. A., Bachtiar, F. Y., Hermawan, H., Wulandari, D. T., & Aditama, M. G. (2020). Pemberdayaan Guru dalam Peningkatan Layanan Bimbingan Konseling di SD/MI Muhammadiyah Se-Surakata pada Era Komunikasi Global. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 56–62. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11853

Putra, A P., & Basuki, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model PjBL Berbantuan Software EKTS Pada Mapel IML di SMKN 1 Kediri. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(4), 11–17.

Rahmawanti, K., Sundari, S., Ishartono, N., & Waluyo, M. (2021). Penggunaan Kartu Perkalian sebagai Media Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 135–143. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15697

Rekapitulasi Data Pokok Pendidikan Kabupaten Pekalongan. (n.d.).

Setyorini, A., & Masulah, M. (2020). Penerapan Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru Sekolah Dasar Sidoarjo dalam Menulis Kreatif Cerita Anak. 4(1), 131–137.

Sopian, Y. (2022). Pengaruh Penerapan Kombinasi Model Flip Classroom dan Project- Based Learning pada Pelatihan Upskilling Guru Kejuruan Berstandar Industri. Oase Nusantara, 1(1), 59–68.

Sriwijayanti, R. P., Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., & Pratiwi, E. Y. R. (2022). Pelatihan Menulis Kreatif dalam Konteks Cerita Anak Melalui Project-based Learning: Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 3(2), 367–372. https://doi.org/10.47679/ib.2022231

Titu, M. A. (2015). Penerapan Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Jurnal Prosiding Seminar Nasional, 9(2), 179–180.

Yulmi, Y. (2021). Peningkatan kemampuan guru dalam menyusun kelengkapan mengajar melalui in-house training. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 136–141. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29210/02823jpgi0005

Article Metrics

Abstract view(s): 1690 time(s)
PDF: 1861 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.