Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pembelajaran Bagi Para Guru di SMA Teladan Palembang

Yuliarni Yuliarni(1*), Fatmah Fatmah(2), Apriana Apriana(3), Heryati Heryati(4), Nurhayati Nurhayati(5), Dewi Setyawati(6), Yusinta Tia Rusdiana(7)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pelembang
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pelembang
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pelembang
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pelembang
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pelembang
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pelembang
(7) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Pelembang
(*) Corresponding Author

Abstract

Fenomena menurunnya minat belajar siswa dengan mata pelajaran yang materinya cukup banyak menjadi masalah yang cukup lama masih terus akan dipecahkan. Ditambah lagi dengan pola ajar guru yang masih ada menggunakan cara konvensional menambah kebosanan bagi para siswa. Tidak sedikit siswa yang mengantuk, mengobrol dan bahkan menggunakan ponsel ketika mengikuti mata pelajaran. Hal tersebut menjadi permasalahan yang harus dipecahkan. Setelah banyak penelitian mengenai brosur, leaflet atau banner sebagai bahan ajar untuk mata pelajaran di sekolah, maka penelitian ini menghadirkan bahan ajar lain berupa komik. Tujuan diadakan sosialisasi pembuatan komik ini adalah agar para guru dapat menyajikan materi yang mampu menarik minat belajar siswa secara lebih. Sekolah mitra yang dijadikan sebagai tempat melaksanakan pengabdian ini adalah di SMA Teladan Palembang. Metode pelaksanaan sosialisasi ini disampaikan melalui persentasi dan ceramah. Tahapan pelaksanaannya dimulai dari mengidentifikasi permasalahan di sekolah sasaran, merancang dan membuat komik, dan sosialisasi di sekolah sasaran. Hasilnya, kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh para guru di SMA Teladan Palembang dengan antusias dan bersemangat.

Keywords

desain komik; media pembelajaran; komik pembelajaran; kerajaan sriwijaya

Full Text:

PDF

References

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003.

Dahidi Ahmad, S. (2007). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Dewi, N. K. K., & Julianto, I. N. L. (2022). Perancangan Desain Karakter Pada Komik in Game Rwa Bhineda: The World of Balance Studi Independen Agate. REKA MAKNA: Jurnal Komunikasi Visual, 2(1), 47–58.

Fauziyah, N. (2013). Faktor penyebab kejenuhan belajar sejarah kebudayaan Islam (SKI) pada siswa kelas XI jurusan keagamaan di MAN Tempel Sleman. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 99–108.

Irfan, N. K. S. (2022). Kerajaan Sriwijaya: pusat pemerintahan dan perkembangannya. Kiblat Buku Utama.

Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y., & Atmaja, H. T. (2018). Pengaruh penggunaan media power point terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bumiayu Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 31–41.

Kurniawan, A. (2017). Hubungan antara minat belajar sejarah dengan prokrasinasi akademikpada mata pelajaran sejarah siswa kelas xi SMA Negeri 1 Ngimbang. Avatara, 5(1).

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia, 173.

Lickona, T. (2019). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar & Baik. Nusamedia.

Listiyani, I. M., & Widayati, A. (2012). Pengembangan komik sebagai media pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar persamaan dasar akuntansi untuk siswa SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2).

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105.

Muljana, S. (2006). Sriwijaya. LKIS PELANGI AKSARA.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen berbasis sekolah: konsep, strategi dan implementasi.

Munadi, Y. (2008). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung persada press.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.

Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) dalam pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energ. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 2(1).

Sakriani, S., & Ammade, S. (2022). Pemberdayaan Digital Comic dan Strategi PQRST dalam Pengembangan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 47-57.

Saputro, A. D. (2016). Aplikasi komik sebagai media pembelajaran. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(1), 1–19.

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Dinamika Pendidikan, 5(2).

Sri, A. (2008). Media pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret.

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas pemanfaatan komik sebagai media pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135–141.

Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.

Suwarti, S., Laila, A., & Permana, E. P. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Kearifan Lokal untuk Menentukan Pesan dalam Dongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 7(2), 140–151.

Wibawa, M. (2014). Analisis Kualitas Desain Sampul Buku Sekolah Elektronik (BSE) Mata Pelajaran Seni Budaya.

Article Metrics

Abstract view(s): 392 time(s)
PDF: 343 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.