Peningkatan Pemahaman Pola Asuh melalui Sosialisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Menciptakan Generasi Emas
Kurniawan Jati(1*), Yossinta Intaniasari(2), Rizky Septiana Ningrum(3), Siti Hadiyati Nur Hafida(4), Ratnasari Dyah Utami(5), Muhammad Yusuf Ariyadi(6), Toni Ahmad Subekti(7)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
(7) Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriana, D. (2013). Tumbuh Kembang dan Therapy Bermain pada Anak. Selemba Medika.
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika, 8(1), 50–58.
Asmarani, N., Afrizawati, Nurjanah, I., Auva, S. (2022). Sosialisasi Pentingnya Pola Asuh Orang Tua yang Tepat Sesuai dengan Dominasi Kecerdasan Anak (Pemahaman Kecerdasan Majemuk) di PAUD Al-Yumna Batam. Jurnal Al Tamaddun Batan, 2(1), 1-7.
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Fuadi, D., Anif, S., Muliasari, K. C., Rahmawati, T., & Lestari, D. (2021). Pemberdayaan Potensi Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat melalui Community Based Learning bagi Masyarakat Usia Produktif. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.13944
Hariyanto, D., Abror, M., Yani, M., & Dharma, F. A. (2021). Pembudayaan Permainan Tradisional sebagai Wahana Belajar Luar Ruang bagi Anak. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(1), 56–68. https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i1.9265
Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627
Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program Parenting untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua di Paud. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8–17.
Merita. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 1(2), 83. https://doi.org/10.36565/jak.v1i2.29
Muzaqi, A., Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 70–77.
Ngurah, I. D. G., & Utama, M. S. (2018). Peran Modal Sosial, Potensi Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat pada Pembangunan Pariwisata berbasis Masyarakat di Kawasan Strategis Pariwisata Lebih. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i06.p06
Novianti, R., Febrialismanto, Puspitasari, E., & Hukmi. (2020). Meningkatkan pengetahuan orang tua dalam mendidik anak di era digital di Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak Provinsi Riau. Riau Journal Of Empowerment, 3(3), 183–190.
Padjrin. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Intelektualita, 5(1), 1. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720
Prihastuti, L., Fitriyani, S., Romadhon, F. H., Pratiwi, D. R., & Prayitno, H. J. (2021). Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 21–30. http://journals.alptkptm.org/index.php/jikm/article/view/3
Rachma, A. N., & Sasanti, A. E. (2021). Implementasi Pembelajaran BTA Melalui Metode Iqro ’ pada Anak SD Dukuh Tebon Gede. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 31–40.
Rahmat, S. T. (2018). Pola Asuh yang Efektif dalam Mendidik Anak di Era Digital. Journal Education and Culture Missio, 10(2), 143.
Riati, I. K. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Karakter Anak Usia Dini. Infantia, 4(2), 8.
Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA). PUSAKA.
Saraswati, A., & Indriyani, Y. (2012). Pola Asuh Anak Pra Sekolah. 2–11.
Utomo, A. C., Widyawati, L., Supyanti, R., Guntur, N., Dhita, L. A. A., Rahmadhanti, A., Pratama, E. A., Riskiana, A., Amilia, N. Y., & Marwan, M. (2020). Pengenalan Kebudayaan Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 77–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10791
Veryawan, Hasibuan, R. H., Suhelayanti. (2022). Pemahaman Pola Asuh Positif Bagi Anak Usia Dini. Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-12.
Wardhani, P. I., Sarjono, A. A., Prahesti, F. S., Hajandi, F. A. W., Ariesta, W., Ardiansyah, J., Noviyanti, H., Nurdeni, R. A., & Listiawati, Y. (2020). Peningkatan Sistem Motorik Anak Usia Prasekolah melalui kegiatan Outbound di KB Aisyiyah Jonggrangan, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 63–69. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10772
Widiasari, C., Almahi, H., Prasetyoningrum, D., Rohmatika, N. L., Sendy, E. N., Satria, Y. L., Permatasari, J. A. N., Grandis, R. T., Astara, A. R., & Kurniawan, M. E. (2020). Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 91–96. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10775
Widyastuti, T., & Juni Astuti, R. (2016). Penataan Halaman Sekolah Sebagai Ekoedukasi. BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 4(1), 54–62. https://doi.org/10.18196/bdr.416
Article Metrics
Abstract view(s): 1181 time(s)PDF: 1130 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.