Peningkatan Pemahaman Pola Asuh melalui Sosialisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Menciptakan Generasi Emas

Kurniawan Jati(1*), Yossinta Intaniasari(2), Rizky Septiana Ningrum(3), Siti Hadiyati Nur Hafida(4), Ratnasari Dyah Utami(5), Muhammad Yusuf Ariyadi(6), Toni Ahmad Subekti(7)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
(7) Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Karanganyar
(*) Corresponding Author

Abstract

Tumbuh Kembang anak atau pertumbuhan dan perkembangan adalah proses alami yang terjadi di kehidupan manusia. Saat ini tumbuh kem-bang anak haruslah dipantau dan diperhatikan apalagi pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk peningkatan pemahaman pola asuh orang tua melalui sosialisasi yang mendukung ter-wujudnya generasi emas. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan narasumber penduduk Kampung Panggung Rejo yang berusia 30-40 tahun dan berjumlah 2 orang. Data diperoleh mengggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara kepada narasumber. Penelitian ini juga menggunakan studi pustaka un-tuk menambah wawasan dan informasi yang relevan. Subjek dari pengabdian ini adalah masyarakat Kampung Panggung Rejo kemudian objek dari pengabdian ini yaitu pemahaman pola asuh dalam tumbuh kembang anak usia dini. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Pelaksanaan so-sialisasi menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil yang diperolehyaitu kegiatan sosialisasi tumbuh kembang anak mendapatkan respon yang baik dari masyarakat terlihat dari antusiasme warga masyarakat cukup tinggi sekitar 70% terhadap kegiatan sosialisasi ini. Acara tersebut dihadiri oleh para kader posyandu menur 23, guru dan kepala sekolah PAUD.

Keywords

generasi emas; golden age; keberagaman sosial; pola asuh; tumbuh kembang anak

Full Text:

PDF

References

Andriana, D. (2013). Tumbuh Kembang dan Therapy Bermain pada Anak. Selemba Medika.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika, 8(1), 50–58.

Asmarani, N., Afrizawati, Nurjanah, I., Auva, S. (2022). Sosialisasi Pentingnya Pola Asuh Orang Tua yang Tepat Sesuai dengan Dominasi Kecerdasan Anak (Pemahaman Kecerdasan Majemuk) di PAUD Al-Yumna Batam. Jurnal Al Tamaddun Batan, 2(1), 1-7.

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Fuadi, D., Anif, S., Muliasari, K. C., Rahmawati, T., & Lestari, D. (2021). Pemberdayaan Potensi Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat melalui Community Based Learning bagi Masyarakat Usia Produktif. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.13944

Hariyanto, D., Abror, M., Yani, M., & Dharma, F. A. (2021). Pembudayaan Permainan Tradisional sebagai Wahana Belajar Luar Ruang bagi Anak. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(1), 56–68. https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i1.9265

Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2020). Pola Asuh Ayah dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 909–922. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.627

Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program Parenting untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua di Paud. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8–17.

Merita. (2019). Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 1(2), 83. https://doi.org/10.36565/jak.v1i2.29

Muzaqi, A., Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 70–77.

Ngurah, I. D. G., & Utama, M. S. (2018). Peran Modal Sosial, Potensi Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat pada Pembangunan Pariwisata berbasis Masyarakat di Kawasan Strategis Pariwisata Lebih. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 6. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i06.p06

Novianti, R., Febrialismanto, Puspitasari, E., & Hukmi. (2020). Meningkatkan pengetahuan orang tua dalam mendidik anak di era digital di Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak Provinsi Riau. Riau Journal Of Empowerment, 3(3), 183–190.

Padjrin. (2016). Pola Asuh Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Intelektualita, 5(1), 1. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v5i1.720

Prihastuti, L., Fitriyani, S., Romadhon, F. H., Pratiwi, D. R., & Prayitno, H. J. (2021). Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 21–30. http://journals.alptkptm.org/index.php/jikm/article/view/3

Rachma, A. N., & Sasanti, A. E. (2021). Implementasi Pembelajaran BTA Melalui Metode Iqro ’ pada Anak SD Dukuh Tebon Gede. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 31–40.

Rahmat, S. T. (2018). Pola Asuh yang Efektif dalam Mendidik Anak di Era Digital. Journal Education and Culture Missio, 10(2), 143.

Riati, I. K. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Karakter Anak Usia Dini. Infantia, 4(2), 8.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA). PUSAKA.

Saraswati, A., & Indriyani, Y. (2012). Pola Asuh Anak Pra Sekolah. 2–11.

Utomo, A. C., Widyawati, L., Supyanti, R., Guntur, N., Dhita, L. A. A., Rahmadhanti, A., Pratama, E. A., Riskiana, A., Amilia, N. Y., & Marwan, M. (2020). Pengenalan Kebudayaan Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 77–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10791

Veryawan, Hasibuan, R. H., Suhelayanti. (2022). Pemahaman Pola Asuh Positif Bagi Anak Usia Dini. Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-12.

Wardhani, P. I., Sarjono, A. A., Prahesti, F. S., Hajandi, F. A. W., Ariesta, W., Ardiansyah, J., Noviyanti, H., Nurdeni, R. A., & Listiawati, Y. (2020). Peningkatan Sistem Motorik Anak Usia Prasekolah melalui kegiatan Outbound di KB Aisyiyah Jonggrangan, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 63–69. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10772

Widiasari, C., Almahi, H., Prasetyoningrum, D., Rohmatika, N. L., Sendy, E. N., Satria, Y. L., Permatasari, J. A. N., Grandis, R. T., Astara, A. R., & Kurniawan, M. E. (2020). Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 91–96. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10775

Widyastuti, T., & Juni Astuti, R. (2016). Penataan Halaman Sekolah Sebagai Ekoedukasi. BERDIKARI : Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 4(1), 54–62. https://doi.org/10.18196/bdr.416

Article Metrics

Abstract view(s): 1161 time(s)
PDF: 1113 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.