Efektivitas Digital Marketing Sebagai Alternatif Pengembangan Strategi Marketing di Konveksi BUMDes

Ananda Muslimah Rahmayanie(1), Aliftya Virgy Afiffah(2), Indah Dewi Anggraini(3), Hardika Dwi Hermawan(4*), Latutik Mukhlasin(5), Dani Kurniawan(6)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Muhammadiyah Madiun
(6) Fakultas Sosial Humaniora, Universitas Muhammadiyah Klaten
(*) Corresponding Author

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul banyaknya platform seperti Sosial Media, E-Commerce dan web yang sering dimanfaatkan masyarakat dalam kegiatan kehidupan sehari - hari contohnya dalam kegiatan jual beli. Metode yang digunakan adalah metode pengabdian, dalam kegiatan pengabdian ini tim pengabdian mendemonstrasikan atau memberikan contoh untuk menghasilkan keterampilan mengenai pengembangan dalam penggunaan media digital marketing. Tujuan dari pengabdian ini adalah mengetahui tingkat efektivitas digital marketing terhadap proses transaksi dan marketing produk di Konveksi BUMDes. Hasilnya menunjukkan bahwa digital marketing sangat efektif untuk digunakan dalam pengembangan strategi marketing, hal ini dilihat dari kunjungan terhadap produk yang dipasarkan. Kesimpulan hasil pengabdian ini adalah penggunaan digital marketing sebagai strategi marketing dapat meningkatkan jangkauan produk, memudahkan customer untuk menemukan produk, serta mempermudah proses jual beli, maka dianjurkan agar meneruskan penggunaan digital marketing untuk tujuan marketing produk di konveksi BUMDes.

Keywords

digital marketing; strategi marketing; konveksi BUMDes

Full Text:

PDF

References

Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40–47.

Azrin, U., Ziad, I., & Suroso, S. (2022). Rancang Bangun Smart Box Penerima Paket Berbasis IoT Menggunakan Raspberry Pi. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 22(2), 118–125.

Fitri, I. (2016). Analisis promosi penjualan online, harga, kepercayaan, dan kemudahan terhadap keputusan pembelian online ceker brontak (Studi pada ceker brontak kota bandar lampung). Lampung: Jurnal Ilmiah Universitas Lampung Fakultas Sosial Dan Ilmu Politik.

Hafsah & Afni. (2021). Pendidikan Kecerdasan Moral Sebagai Penguatan Kepribadian Siswa Era Industry 4.0. CIVICUS. 9(1); 24-30

Harini, C., Wulan, H. S., & Agustina, F. (2022). Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Menggunakan Digital Marketing pada Umkm Kota Semarang. Jurnal Manajemen Dayasaing, 23(2), 90–96.

Krisno, R. (2018). Mengukur Efektivitas digital marketing Bagi Perusahaan. Gramedia Pustaka Utama.

Oktavia, Y. (2019). Pengaruh Hashtag Engagement# peoplewearoemahetnik di Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image UKM Oemah Etnik. Universitas Airlangga.

Oscario, A. (2013). Pentingnya Peran Logo dalam Membangun Brand. Humaniora, 4(1), 191–202.

Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53.

Pramadyanto, M. R. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness Brand Fashion Streetwear Urbain Inc. Komuniti: Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 14(1), 69–92.

Prayogo, F., & Nurdian, Y. (2020). Resureksi Bawang Goreng Produk Unggulan Sumberdadap Tulungagung di Tengah Pandemi. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 145–149.

Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh kemampuan e-commerce dan promosi di media sosial terhadap kinerja pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15–20.

Putra, E. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa STIE Pasaman). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 467–474.

Rifai, Z., & Meiliana, D. (2020). Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 604–609.

Roosinda, F. W., & Salshabila, F. A. (2021). Rebranding Koperasi Intako Melalui Program Redecor Showroom dan Pemberdayaan Digital Marketing. Warta LPM, 24(2), 176–186.

Salamah, I., & Kusumanto, R. D. (2017). Pengukuran Penerimaan Mobile Internet di Kalangan Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(2), 95–99.

Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133–142.

Suliswanto, M. S. W., & Rofik, M. (2019). Digitalization of micro, small & medium enterprises (MSMEs) in East Java, Indonesia. Muhammadiyah International Journal of Economics and Business, 2(1), 34–43.

Torres, R., & Sidorova, A. (2019). Reconceptualizing information quality as effective use in the context of business intelligence and analytics. International Journal of Information Management, 49, 316–329.

Widagdo, P. B. (2016). Perkembangan electronic commerce (e-commerce) di Indonesia. Researchgate Article.

Woon, S. L., & Suki, N. M. (2020). Strengthening the Marketing Strategies for the Traditional Property Developer in Malaysia. Global Business Management Review, 12(1), 89–110.

Article Metrics

Abstract view(s): 1605 time(s)
PDF: 1134 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.