Penguatan Karakter Islami melalui Kegiatan Pemberdayaan Keterampilan pada Anak Jalanan di Kota Parepare
Nasir Nasir(1), Henny Setiawati(2*), Asniar Khumas(3)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare
(2) Universitas Muhammadiyah Parepare
(3) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayupradani, N. T., Sofiyana, L. N., Huda, M., Nasucha, Y., & Siswanto, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Anggota Karang Taruna Tunas Harapan sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 169–173.
Dewi, N., & Putri, D. R. (2018). Peran Sistem Pendidikan Tinggi Dalam Melunturkan Karakter Jujur Mahasiswa. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 23–35.
Febriyanti, Desiyanti, A., Fadhilah, R., & Susilo, A. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling. Buletin Pengembanga Perangkat Pembelajaran, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19389
Hanafi, S. H., & Sujarwo, S. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK Kota Bima. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 215–225.
Hanifah, A. N. U., Haq, C. A., Suranto, S., Susilo, A., Zainuddin, A., & Khoirunnisa, I. (2021). Peningkatan Kreativitas Anak dengan Memanfaatan Barang Bekas Hiasan Kain Flannel bagi Anak TPA Nurul Yaqin Desa Sugihan. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 144–151.
Jayanti, I. T., Cahyo, A. N., Setyaningsih, E., Purnomo, E., Winarti, A., & Mawardi, M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Religius di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Nurul Yaqin Desa Jagoan. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 69–79.
Khumas, A., & Halimah, A. (n.d.). BOLA MASAGENAE: Program Sociopreneur dan Rumah Literasi Bagi Kaum Dhuafa di Kota Parepare. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.
Maita, M., & Subhan, S. (2018). Peningkatan Ketrampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kerajinan Tangan. Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–14.
Mandasari, Y., Ahmad, A., Yulianti, N., Sufanti, M., & Rahmawati, L. E. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran di Sumberjatipohon, Grobogan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 100–106.
Muhibbin, A., & Sundari, S. (2017). Revitalisasi Perkuliahan Patroli Keamanan Sekolah untuk Meningkatkan Karakter Disiplin dan Peduli Sosial pada Mahasiswa PPKnSebagai Bekal Calon Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 48–61.
Nasution, M. D. N., & Nashori, H. F. (2007). Harga diri anak jalanan. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1).
Purnomo, E., & Pratiwi, D. R. (2021). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam Dongeng Nusantra Bertutur. Seminar Nasional SAGA #3, 3(1), 119–128.
Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561
Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73–80.
Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.
Romadhan, A. N., & Purwandari, E. (2020). Peran sanggar regoling ma’rifat dalam penanaman karakter pada anak di era digital. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 67–79.
Sobakhah, L. B., & Izzati, Z. A. (2018). Pelatihan Seni Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas Di SDN Sukalela Bawean. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 1(2), 44–50.
Sofyan, A. M., & Tenripadang, A. (2017). Tanggung Jawab Negara Terhadap Anak Jalanan Pada Bidang Pendidikan. AL-MAIYYAH: Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 10(1), 68–88.
Sukoco, B. (2016). Pendekatan Restoratif Justice Sebagai Upaya Penyelesaian Cybercrime Dengan Pelaku Anak (Studi Kasus Penyelesaian Tindak Pidana Anak Usia Sekolah). Law and Justice, 1(1), 54–64.
Widiasari, C., Almahi, H., Prasetyoningrum, D., Rohmatika, N. L., Sendy, E. N., Satria, Y. L., Permatasari, J. A. N., Grandis, R. T., Astara, A. R., & Kurniawan, M. E. (2020). Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 91–96.
Article Metrics
Abstract view(s): 263 time(s)PDF: 153 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.