Penguatan Keterampilan Menstimulasi Perkembangan Literasi, Numerasi, dan Life Skill bagi Cikgu di Sanggar Belajar Subang Mewah Malaysia

Junita Dwi Wardhani(1*), Mauly Halwat Hikmat(2), Sutama Sutama(3), Yasir Sidiq(4), Siti Nurjanah(5), Nisa Febrianti(6), Nikmatu Jakia(7), Rizkya A. Masir(8), Bambang Harmanto(9), Condro Nur Alim(10)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(10) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract

Guru mempunyai peran yang esensial dan memiliki pengaruh besar terhadap kualitas pembelajaran. Sanggar Belajar (SB) Subang Mewah merupakan sanggar belajar baru dan jumlah gurunya sangat terbatas. Keterampilan guru dalam menstimulasi perkembangan literasi, numerasi dan life skill pada anak sangat minim, padahal ke-3 komponen ini sangat dibutuhkan di era digital ini. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat kemitraan internasional (PkM-KI) ini adalah memberikan Penguatan Keterampilan Guru dalam Menstimulasi Perkembangan Literasi, Numerasi dan Life Skill di Sanggar Belajar (SB) Subang Mewah Malaysia. Pengabdian PkM K-I ini melibatkan 2 dosen dan 4 mahasiswa. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan melalui beberapa tahap yaitu, (1) pemetaan awal kondisi mitra, penyamaan persepsi dan koordinasi tentang permasalahan mitra, (2) pembekalan untuk mahasiswa tentang stimulasi literasi, numerasi dan life skill pada anak, selanjutnya mahasiswa praktik, (3) pendampingan oleh tim pengabdian kepada mahasiswa dan guru tentang teknik stimulasi literasi, numerasi dan life skill, (4) mahasiswa diterjunkan ke lokasi memberikan contoh praktik mengajarkan literasi, numerasi dan life skill kepada anak (5) guru didampingi tim pengabdian mengamati proses pembelajaran yang dilakukan mahasiswa, (6) guru menerapkan berbagai metode mengajar, (7) hasil penerapan dievaluasi untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya. Kesimpulan dari pengabdian menunjukkan pemahaman & keterampilan pedagogis guru SB Subang Mewah mengalami peningkatan. Guru SB Subang Mewah mampu menerapkan Best Practice, penggunaan inovasi pembelajaran, teknik modeling, dan mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Anak didik sangat senang, karena kegiatan literasi, numerasi dan life skill disampaikan guru dengan cara yang menyenangkan, mudah, menarik, dan menantang pemahaman anak.

Keywords

keterampulan literasi; keterampilan numerasi; keterampilan life skill

Full Text:

PDF

References

Abuya, B. A., Mutisya, M., & Ngware, M. (2015). Association Between Mother's Education and Grade Six Children Numeracy and Literacy in Kenya. Education 3-13, 43(6), 653–665. https://doi.org/10.1080/03004279.2013.855250

Agustina, L., Arffianto, A., Khalishah, S. H., Indarwati, L., Putri, D. R., El-Majid, S. E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., Agung, W., & Sholihah, I. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105.

Alston-Abel, N. L., & Berninger, V. W. (2018). Relationships Between Home Literacy Practices and School Achievement: Implications for Consultation and Home–school Collaboration. Journal of Educational and Psychological Consultation, 28(2), 164–189. https://doi.org/10.1080/10474412.2017.1323222

Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2).

Ball, J., Paris, S. G., & Govinda, R. (2014). Literacy and Numeracy Skills among Children in Developing Countries. In Learning and education in developing countries: Research and policy for the post-2015 UN development goals (pp. 26–41). Springer.

Friesen, A., Butera, G., Kang, J., Horn, E., Lieber, J., & Palmer, S. (2014). Collaboration and Consultation in Preschool to Promote Early Literacy for Children: Lessons Learned From the CSS Curriculum. Journal of Educational and Psychological Consultation, 24(2), 149–164. https://doi.org/10.1080/10474412.2014.903189

Hellstrand, H., Korhonen, J., Räsänen, P., Linnanmäki, K., & Aunio, P. (2020). Reliability and Validity Evidence of the Early Numeracy Test for Identifying Children at Risk For Mathematical Learning Difficulties. International Journal of Educational Research, 102(May), 101580. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101580

Kurniawati, N., & Hayati, T. (2020). Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Kegiatan Practical Life Skill. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 49–60. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8105

Lechner, C. M., Gauly, B., Miyamoto, A., & Wicht, A. (2021). Stability and Change in Adult's Literacy and Numeracy Skills: Evidence from Two Large-scale Panel Studies. Personality and Individual Differences, 180(February), 110990. https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110990

Lee, J. Y., Ham, O. K., Oh, H. S., Lee, E. J., Ko, Y., & Kim, B. (2020). Effects of Life Skill Training on the School Violence Attitudes and Behavior among Elementary School Children. Journal of School Nursing, 1–11. https://doi.org/10.1177/1059840520934183

Lehrl, S., Smidt, W., Grosse, C., & Richter, D. (2014). Patterns of Literacy and Numeracy Activities in Preschool and Their Relation to Structural Characteristics and Children’s Home Activities. Research Papers in Education, 29(5), 577–597. https://doi.org/10.1080/02671522.2013.792865

Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22.

Muktamar, R. N., Rahayu, T., Rachman, H., & Rahayu, S. (2018). Model of Motor Skills to Improve Life Skill of Elementary School Children in Palembang, Indonesia. 247(Iset), 408–412. https://doi.org/10.2991/iset-18.2018.83

Murray, E., & Harrison, L. J. (2011). The Influence of Being Ready to Learn on Children’s Early School Literacy and Numeracy Achievement. Educational Psychology, 31(5), 529–545. https://doi.org/10.1080/01443410.2011.573771

Ouedraogo, I., Hirakawa, Y., & Taniguchi, K. (2021). A Fair Chance for Acquiring Literacy Skills? Suggestions for Primary School Dropouts in Rural Burkina Faso. Education 3-13, 49(4), 433–447. https://doi.org/10.1080/03004279.2020.1733042

Pusiol, D. J. (2007). Patent Application Publication ( 10 ) Pub . No .: US 2007 / 0197807 A1. Us 2007 / 0197807 A1, 1(60), 19–21.

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1).

Rina, G., & Karmila, M. (2020). Pendidikan Keterampilan Hidup (Life Skill) Anak Usia Dini selama Masa Pandemi Covid-19 di Lingkungan Keluarga. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 53. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15473

Ruthven, K. (2020). Problematising Learning to Teach through Mathematical Problem Posing. International Journal of Educational Research, 102(July), 0–1. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2019.07.004

Silinskas, G., Di Lonardo, S., Douglas, H., Xu, C., LeFevre, J. A., Garckija, R., Gabrialaviciute, I., & Raiziene, S. (2020). Responsive Home Numeracy as Children Progress from Kindergarten through Grade 1. Early Childhood Research Quarterly, 53, 484–495. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.06.003

Skwarchuk, S. L., Sowinski, C., & LeFevre, J. A. (2014). Formal and Informal Home Learning Activities in Relation to Children’s Early Numeracy and Literacy Skills: The Development of a Home Numeracy Model. Journal of Experimental Child Psychology, 121(1), 63–84. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2013.11.006

Sumiyati, S., Indriasih, A., & Sumaji, S. (2020). Life–skill Based Learning to Improve Early Child Creativity. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 2(2), 73–82. https://doi.org/10.31098/ijeiece.v2i2.213

Susperreguy, M. I., Douglas, H., Xu, C., Molina-Rojas, N., & LeFevre, J. A. (2020). Expanding the Home Numeracy Model to Chilean Children: Relations among Parental Expectations, Attitudes, Activities, and Children’s Mathematical Outcomes. Early Childhood Research Quarterly, 50, 16–28. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.06.010

Widodo, M. M., & Ruhaena, L. (2018). Lingkungan Literasi di Rumah pada Anak Pra Sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7.

World Health Organization (WHO). (1994). Training Workshops for the Development and Implementation of Life Skills Programmes (pp. 5–119).

Article Metrics

Abstract view(s): 807 time(s)
PDF: 819 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.