Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali
Febriyanto Arif Nugroho(1*), Muhammad Iqbal(2), Fachri Ramadhan(3), Annisa Swastika(4), Obby Taufik Hidayat(5)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afghani, D. R., Prayitno, H. J., Jayanti, E. D., Zsa-zsadilla, C. A., Salsabilla, T. A., Saputri, E. D., Septiyanti, N. D., & Siswanto, H. (2022). Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 143–152. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19185
Agustina, L., Arffianto, A., Hasna, S., Indarwati, L., Putri, D. R., El-majid, E., Rahayu, K. S., Nurleli, D. Y., G, W. A. S., & Sholihah, I. (2019). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa di SD Muhammadiyah Nurul Ilmi, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 97–105. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10771
Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2021). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2), 87–92. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420
Arifin, S., & Mufaridah, H. (2018). Pengembangan Desain Konseling Berbasis Pesantren dengan Pendekatan Service-Learning. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 8(2), 110–132.
Dewi, R. P., & Arnandi, W. (2019). Peningkatan Produktivitas Peternak Itik melalui Penerapan Mesin Penetas Telur. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(2), 193–196.
Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685
Febriyanti, Desiyanti, A., Fadhilah, R., & Susilo, A. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling. Buletin Pengembanga Perangkat Pembelajaran, 3(1), 24–33. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19389
Machromah, I. U., Mahendra, A., Dianingsih, F. R., Indriani, N., Agustina, D. R., Fatimah, S., Arifah, N. Z. M., Khusna, M. Al, Novianto, D., Nugroho, F. C., & Zainuddin, A. (2020). Perpustakaan Dinding sebagai Program Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatan Kemampuan Membaca Siswa MI Muhammadiyah Kuncen Cawas, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 100–104. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.10796
Nasucha, Y., Sutopo, A., Ahmad, Fatmawati, Astuti, T. I., & Mrihatini, A. (2021). Penguatan Generasi Cerdas dan Berkarakter bagi Masyarakat Tangen Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 63–73. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14668
Nugroho, A., Fatonah, A., Wardana, A. P., Rahmawati, O. E., Astari, N., Ermayanti, G., Ristivana, M., Khuroida, A., Jati, L., Nugroho, A. S., & Fachrurozzi, M. R. (2020). Menumbuhkembangkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan di MIM Pakang Andong, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 8–13. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10786
Olim, A. (2010). Mencari Metode Pendidikan Karakter Untuk Paud: Belajar Berbasis Layanan (Service Learning). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI, November, 146–161.
Prayitno, H. J., Sutama, Hikmat, M. H., Wulandari, M. D., Djumadi, Harsono, Syah, M. F. J., & Hafida, S. H. N. (2022). Buku Panduan KKN Dik FKIP UMS 2022 Edisi VI Optimalisasi Amal Usaha Muhammadiyah Bidang Pendidikan dan Pimpinan Cabang/Ranting Muhammadiyah. Muhammadiyah University Press.
Purnomo, E., & Pratiwi, D. R. (2021). Wujud Karakter Pelajar Pancasila dalam Dongeng Nusantra Bertutur. Seminar Nasional SAGA #3, 3(1), 119–128.
Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561
Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri, S. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Se Karesidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1217
Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Huda, M., Muthali’in, A., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822
Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.
Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya, 1(2), 143. https://doi.org/10.22146/bb.41076
Sunanda, A., Salma, I. A., Nugroho, Y. S., Aulia, K. M., Wilartono, R. Y., Farisa, D., Susilowati, E., Kusumaningrum, H., Puspitasari, N. H., & Imaduddin, Z. (2020). Revitalisasi Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca dan Budaya Literasi Siswa MI Muhammadiyah Jambangan, Sragen. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 63–68. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11842
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330
Article Metrics
Abstract view(s): 493 time(s)PDF: 558 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.