Pemberdayaan Literasi-Numerasi Siswa Sanggar Kulim Kedah dan Ar-Rahmah Penang Malaysia dengan Media Digital

Hernawan Sulistyanto(1*), Djumadi Djumadi(2), Sabar Narimo(3), Harun Joko Prayitno(4), Sofyan Anif(5), Heriyanti Tahang(6), Anggun Kusuma Budi(7), Fadtma Alfita Setyaningrum(8)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sorong
(7) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(*) Corresponding Author

Abstract

Kemampuan literasi dan numerasi merupakan ketrampilan dasar kependidikan yang perlu dimiliki oleh siswa termasuk anak pekerja migran asal Indonesia di Malaysia. Paguyuban masyarakat Indonesia melalui Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) telah bekerja sama dengan pihak Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur membentuk sanggar-sanggar belajar (SB) yang sudah berjalan secara rutin dengan target para siswa dapat mengikuti “Kejar Paket”, diantaranya yakni SB Ar-Rahmah Penang dan SB Kulim Kedah. Sesuai hasil observasi, kemampuan literasi dan numerasi menjadi permasalahan utama pada siswa migran Indonesia di kedua SB tersebut. Sehingga tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Kemitraan Internasional (PkM KI) ini yang terintegrasi dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ialah memberdayakan kemampuan literasi dan numerasi siswa dengan berbantuan media digital. Pendekatan yang digunakan yaitu Partisipatori Rural Appresial (PRA). Sasaran kegiatan yakni 36 siswa SB Ar-Rahmah Penang dan SB Kulim Kedah Malaysia. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode ceramah, demonstrasi, latihan, dan pendampingan. Hasil utama pengabdian ini yakni adanya peningkatan sebesar 83% pada kemampuan literasi dan 74% pada kemampuan numerasi. Berdasarkan hasil yang telah dicapai maka kegiatan PkM KI dan KKN ini amatlah penting sehingga pendampingan literasi dan numerasi akan terus dilakukan secara berkesinambungan setelah selesainya masa kegiatan ini melalui daring.

Keywords

Literasi, media digital, numerasi, sanggar bimbingan

Full Text:

PDF

References

Adimihardja, Kusnaka, & Hikmat, H. (2023). Participatory Research Appraisal : Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. Humaniora.

Aliyyah, R. R., Rahmawati, Septriyani, W., & Safitri, J., Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676.

Ataizi, M., & Donmez, M. (2014). Book Review: 21st Century Skills -Learning for Life in Our Times. Contemporary Educational Technology, 5(3), 272–274.

Chua, A. Y. K., & Balkunje, R. S. (2012). Comparative Evaluation of Community Question Answering Websites. In Proceedings of 14th International Conference on Asia-Pacific Digital Libraries - ICADL ’12 (Issue February 2006, pp. 209–218). https://doi.org/10.1007/978-3-642-34752-8_27

Hellstrand, H., Korhonen, J., Räsänen, P., & Linnanmäki, K., Aunio, P. (2020). Reliability and Validity Evidence of the Early Numeracy Test for Identifying Children at Risk For Mathematical Learning Difficulties. International Journal of Educational Research, 102(5), 101.

Isbandi, R. . (2009). Perencanaan Parsipatoris Berbasis Aset Komunitas: Dari Pemikiran Menuju Penerapan. FISIP UI Press.

Lechner, C. M., Gauly, B., Miyamoto, A., Wicht, A. (2021). Stability and Change in Adult’s Literacy and Numeracy Skills: Evidence from Two Large-scale Panel Studies. Personality and Individual Differences, 108(2), 110.

Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., & Fauziati, E., Aisah, N., Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22.

Maulina, Y. (2018). Penggunaan Konjungsi dalam Wacana Pembelajaran Literasi. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(2), 66–71.

Murray, E., Harrison, L. J. (2021). The Influence of Being Ready to Learn on Children’s Early School Literacy and Numeracy Achievement. Educational Psychology, 31(5), 529–545.

Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., & Sufanti, M., Rohmadi, R. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 161–168.

Ouedraogo, I., Hirakawa, Y., & Taniguchi, K. (2021). A Fair Chance for Acquiring Literacy Skills? Suggestions for Primary School Dropouts in Rural Burkina Faso. Journal of Education, 49(4), 433–447.

Piaw, C. Y. (2014). Relationship between Thinking Styles and Ability to Pay Attention of Malaysian Male and Female Student Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1035

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., W., R. B., Huda, M., Muthali’in, A., A., & A. (2020). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107.

Rahmawati, Y., Ridwan, A., Hadinugrahaningsih, T., & Soeprijanto. (2019). Developing critical and creative thinking skills through STEAM integration in chemistry learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series1156.

Setyaningsih, E., Agustina, P., Anif, S., Ahmad, C., Sofyan, I., Saputra, A., Salleh, W., Shodiq, D., Rahayu, S., & Hidayat, M. (2022). PBL-STEM Modul Feasibility Test for Preservice Biology Teacher. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(2), 118–127.

Sulistyanto, H., Anif, S., Sutama, Narimo, S., Sutopo, A., Haq, M. I., & Zakaria, G. A. N. (2022). Education Application Testing Perspective to Empower Students’ Higher Order Thinking Skills Related to The Concept of Adaptive Learning Media. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(3), 257–271.

Sulistyanto, H., Syafira, I. M., Isnaini, A. Q., Prasetyo, F. H., Qolby, W., Pramita, E., Tyas, R. A., F, I. K., Muhammad, F., & Khusain, R. (2019). Pembiasaan Pengelolaan Sampah sebagai Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa MI Muhammadiyah Cekel, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 42–49.

Umar, A., Savitri, A., Pradani, Y., Mutohat, Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat Di Tengah Pandemi COVID. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39–47.

Utomo, A. C., Widyawati, L., Supyanti, R., Guntur, N., Dhita, L. A. A., R., A., Pratama, E. A., Riskiana, A., A., & N. Y., Marwan, M. (2020). Pengenalan Kebudayaan Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 77–82.

Article Metrics

Abstract view(s): 701 time(s)
PDF: 674 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.