Penguatan Keterampilan dengan Stimulasi Literasi Berbasis TIK bagi Guru Ikatan Guru Aisyiyah Bustanul Athfal (IGABA) Kartasura

Junita Dwi Wardhani(1*), Sri Katoningsih(2), Tri Asmawulan(3), Nabila Mar’atus Nasywa(4), Arreta Chori Mahaeswari(5)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Salah satu indikator kompetensi profesional guru adalah mampu memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran untuk menjawab tantangan zaman. Hal ini sangat sesuai dengan kompetensi guru abad 21 yaitu memiliki keterampilan dan literasi digital yang baik. Stimulasi literasi harus disesuaikan karakteristik dan kebutuhan anak. Metode yang dilakukan harus fun tidak membuat anak merasa terbebani serta memaksimalkan semua indera anak. Literasi merupakan jalan utama guna mencerdaskan dan menyejahterakan anak bangsa, mewujudkan sumber daya manusia unggul, mandiri, kreatif, kritis dan berdaya saing di era global. Salah satu karakter siswa generasi alpha yang menonjol adalah tech savvy. Anak sangat antusias dengan hal-hal berbau digital dan teknologi. Berdasarkan kenyataan yang ditemui banyak guru yang belum mampu mengintegrasikan terknologi dalam pembelajaran. Khalayak sasaran yang terlibat dalam pengabdian ini adalah guru-guru Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Keraton Kartasura. Metode yang dilakukan yaitu dengan ceramah, diskusi dan pelatihan. Artikel kegiatan pengabdian masyarakat yang dimuat dalam jurnal nasional bereputasi. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pelatihan kepada para guru dalam melakukan stimulasi literasi berbasis TIK, dan cara pandang baru yang lebih luas dan modern sebagai bekal dalam menghadapi tantangan global dalam dunia pendidikan.

Keywords

IGABA; pembelajaran abad 21; penguatan keterampilan guru; stimulasi literasi berbasis TIK

Full Text:

PDF

References

Dastpak, M., Behjat, F., & Taghinezhad, A. (2017). A Comparative study of Vygotsky’s perspectives on child language develop-ment with nativism and behaviorism. In-ternational Journal of Languages Educa-tion and Teaching, 5 (2), 230-238.

Dickinson, D. K., & Caswell, L. (2007). Building support for language and early literacy in preschool classrooms through in-service professional development: Effects of the Literacy Environment Enrichment Program (LEEP). Early Childhood Research Quar-terly, 22, 243–260

Hidayatullah, M.F. (2019). 11 Kebijakan UNS unggul 2019-2023. Dipresentasikan pada seminar pemilihan Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Hohmann, C. (1998) Evaluating and selecting software for children. Child Care Infor-mation Exchange, 9 (98), 60–62.

Healey, J. (1998) Failure to connect: How com-puters affect our children’s minds–for better or worse. New York: Simon and Schuster.

Hutinger, P., & Johanson, J. (2000). Implement-ing and maintaining an effective early childhood comprehensive technology sys-tem. Topics in Early Childhood Special Education, 20 (3), 159–173.

Kerckaert, S., Vanderlinde, R., & Van Braak, J. (2015). The role of ICT in early childhood education: Scale development and research on ICT use and influencing factors. Euro-pean Early Childhood Education Research Journal, 23 (2), 183-199.

Konca, A.S., & Koksalan, B. (2017). Preschool children‘s interaction with ICT at home. International Journal of Research in Edu-cation and Science (IJRES), 3 (2), 571-581.

Magnuson, K. A., Ruhm, C., & Waldfogel, J. (2007). The persistence of preschool ef-fects: Do subsequent classroom experienc-es matter? Early Childhood Research Quarterly, 22, 18– 38.

Marsh, J. (2010). Young children’s play in online virtual worlds. Journal of Early Childhood Research, 8 (1), 23–29.

Merga, M.K., & Roni, S.M. (2018) Empowering parents to encourage children to read be-yond the early years. Reading Teacher. 72 (2), 213-221.

Merchant, G. (2007). ‘Digital writing in the early years’, in J. Coiro, M. Knobel, C. Lank-shear & D. Leu (Eds.). New Literacies Re-search Handbook. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum, 755–778.

Prioletta, J., & Pyle, A. (2017). Play and gender in Ontario kindergarten classrooms: impli-cations for literacy learning. International Journal of Early Years Education, 25(4), 393–408.

Prayogi., D.W, & Estetika., R. (2019) Kecaka-pan Abad 21: Kompetensi Digital Pen-didik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan - Vol. 14, No. 2: 144-151.

Qonitah Faizatul Fitriyah, Sutama, Anindya Desy Pinastika Putri, Nur Rakhma Ardhiani. Pengembangan Media Critical Smart Bounding pada Perilaku Online Anak di TK Aisyiyah Kartasura, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 2023 | 4 DOI: 10.31004/obsesi. v7i1.2514.

Prihastuti, L. ., Fitriyani, S. ., Romadhon, F. H. ., Pratiwi, D. R. ., & Prayitno, H. J. . (2021). Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(1), 21–30. https://doi.org/10.56972/jikm.v1i1.3

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Ket-erampilan Abad Ke-21 dalam Pembelaja-ran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1.

Ruhaena, L. (2013). Proses pencapaian kemam-puan literasi dasar anak prasekolah dan dukungan faktor-faktor dalam keluarga. Laporan Akhir Penelitian Disertasi Doktor

Sari, N. A. Md. Y., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2018). Hubungan antara kemampuan literasi dengan kompetensi inti penge-tahuan bahasa Indonesia siswa kelas V SD gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara tahun pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 1 (2), 94-103.

Susilo, A & Sarkowi. 2018. Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, Vol. II, No. 1

Schluter, P. J., Audas, R., Kokaua, J., McNeill, B., Taylor, B., Milne, B. et al. (2020). The efficacy of preschool developmental indica-tors as a screen for early primary school-based literacy interventions. Child Devel-opment, 91 (1), 59-76.

Wardhani, J.D., Hidayatullah, M.F., Asrowi, Wiranto, Nizam, M., & Rahmawati, E. (2020b). Exploration of early childhood lit-eracy ability based on analytical hierarchy process (AHP). Universal Journal of Edu-cational Research, 8 (12A): 7843-7852.

Wardhani, J. D., Hikmat, M. H., Sutama, S., Sidiq, Y., Nurjanah, S., Febrianti, N., ... & Alim, C. N. (2022). Penguatan Keterampilan Menstimulasi Perkembangan Literasi, Numerasi, Dan Life Skill Bagi Cikgu Di Sanggar Belajar Subang Mewah Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 184-193.

Watts, D.M, & Lioyd, C. (2004). The use of in-novative ICT in the active pursuit of litera-cy. Journal of Computer Assisted Learning. 20, 50-58.

Wahab, Abdul Aziz. (2007). Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.

Weigel, D.J., Martin S.S., & Bennett, K.K. (2010). Pathway to literacy: connections between family assets and preschool chil-dren’s emergent literacy skills. Journal of Early Childhood Research, 8 (1), 5-22.

Wohlwend, K. (2009). Early adopters: Playing new literacies and pretending new technol-ogies in print-centric classrooms. Journal of Early Childhood Literacy, 9 (2), 117–140.

Yaman, F., Donmez, O., Avci, E., & Yurdakul, I.K. (2016). Integrating mobile applica-tions into hearing impaired children's liter-acy instruction. Education and Science, 41, 153-174.

Article Metrics

Abstract view(s): 274 time(s)
PDF: 227 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.