Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan Pendidikan Berpihak pada Anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia
Djalal Fuadi(1*), Choiriyah Widyasari(2), Harun Joko Prayitno(3), Eka Destriyanto Pristi(4), Himatus Syaadah(5), Muliadi Muliadi(6), Nanda Dwi Rohmah(7), Adelia Kurnia Putri(8), Alfina Dian Arista(9), Dwi Wulan Sari(10), Osfir Candikia Rara Komara(11), Tazkiyatunnafs Elhawwa(12)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(5) Sekolah Indonesia Kuala Lumpur
(6) Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Malaysia
(7) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(8) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(9) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(10) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(11) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
(12) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulrazzaq, A. H. (2022). Teacher Appraisers' Perceptions of Teacher Appraisal. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(3), 233-245.
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492
Cahyaningtyas, H., Dale, A. A., Karimah, F. N., & Caesaria, I. (2020). Kebahagiaan pada guru sekolah luar biasa (SLB). Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 93-102.
Finn, J. D., Pannozzo, G. M., & Achilles, C. M. (2003). The “Why’s” of Class Size: Student Behavior in Small Classes. In Review of Educational Research (Vol. 73, Issue 3). https://doi.org/10.3102/00346543073003321
Fuadi, D., Harsono, H., Syah, M. F. J., Susilo, A., Suhaili, S., & Wahyono, B. (2021). Self-Governance: Internationalization management of distinctive higher education towards the world class university. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(2), 96-113.
Hermita, N., Putra, Z. H., Alim, J. A., Wijaya, T. T., Anggoro, S., & Diniya, D. (2021). Elementary Teachers' Perceptions on Genially Learning Media Using Item Response Theory (IRT). Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(1), 1-20.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi.
Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Naskah Akademik Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differented Instruction) pada Kurikulum
Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar. Diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan
Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,
Republik Indonesia. Cetakan ke-1, 2021
Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–129. https://dikti.kemdikbud.go.id/
Mandasari, Y., Ahmad, A., Yulianti, N., Sufanti, M., & Rahmawati, L. E. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran di Sumberjatipohon, Grobogan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 100-106.
Nareswari, A., & Inayati, N. L. (2022). Pembentukan Karakter melalui Program Trenclass di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 152-163.
Nurhalimah, A., Mawaddah, M., & Abdillah, A. (2021). Peningkatan Profesionalisme Mahasiswa Sebagai calon Guru Melalui Program Kampus Mengajar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 12-20.
Nareswari, A., & Inayati, N. L. (2022). Pembentukan Karakter melalui Program Trenclass di SMA Muhammadiyah Wonosobo. Jurnal Keilmuan dan Keislaman, 152-163.
Nurtianingsih, T., Indratyaseta, A. D. P., Putra, R. I., & Indah, T. (2022). Upaya Meningkatkan Literasi Siswa melalui Program Kelompok Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 17-24.
Prayitno, H., Rahmawati, F., Pemberdayaan, F. P.-J., & 2022, undefined. (n.d.). Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Ykgm.OrgHJ Prayitno, FN Rahmawati, FG PradanaJurnal Pemberdayaan Masyarakat, 2022•ykgm.Org. Retrieved September 18, 2023, from http://ykgm.org/index.php/jpm/article/view/261
Prihastuti, L., Fitriyani, S., Romadhon, F. H., Pratiwi, D. R., & Prayitno, H. J. (2021). Pembelajaran Kreatif Guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 21-30
Wingard, A. K., Hermawan, H. D., & Dewi, V. R. (2020). The effects of students’ perception of the school environment and students’ enjoyment in reading towards reading achievement of 4th grades students in Hong Kong. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 2(2), 68-74.
Article Metrics
Abstract view(s): 595 time(s)PDF: 538 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.