Penguatan Literasi Budaya Indonesia pada Siswa Sanggar Belajar Sentul Kuala Lumpur dengan Permainan Tradisional

Djumadi Djumadi(1), Hernawan Sulistyanto(2*), Sabar Narimo(3), Harun Joko Prayitno(4), Suleha Suleha(5), Erni Rosita(6), Nabila Fitriyani(7), Shohenuddin Shohenuddin(8)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(7) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Mataram
(8) Sanggar Belajar Sentul Kuala Lumpur
(*) Corresponding Author

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Keanekaragaman budaya ini patut untuk diketahui oleh seluruh anak Indonesia dimanapun berada sebagai generasi pelestari budaya Indonesia. Pengenalan budaya dapat dilakukan melalui pendidikan formal, informal, dan non formal. Pemenuhan kebutuhan pendidikan anak-anak migran di Malaysia telah diupayakan oleh perkumpulan masyarakat Indonesia yang bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur melalui Sanggar Bimbingan (SB) yang sudah berjalan secara rutin, salah satunya yakni SB Sentul Kuala Lumpur. Kemampuan mengenal keragaman budaya daerah Indonesia menjadi masalah utama anak migran Indonesia di SB Sentul karena mereka tinggal di luar Indonesia. Oleh karenanya anak-anak migran tersebut perlu dikenalkan dengan budaya tanah air Indonesia. Tujuan dari Pengabdian Masyarakat (PkM) Kemitraan Internasional (KI) ini adalah untuk menguatkan pengetahuan budaya Indonesia. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan bentuk permainan tradisional yang dilakukan melalui demonstrasi dan pendampingan. Metode demonstrasi digunakan untuk mencontohkan bentuk permainan, sedangkan metode pendampingan memberikan kesempatan kepada peserta untuk berinteraksi dengan mencoba mempraktekkan permainan yang diajarkan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini lebih dari 93% anak telah mampu memahami beragam budaya Indonesia. Akhirnya mereka diharapkan tetap mengenal budaya Indonesia meskipun berada di negara asing.

Keywords

kebudayaan Indonesia; literasi budaya; permainan tradisional

Full Text:

PDF

References

Aguswan, A., Saputra, T., Astuti, W., Eka, E., & Syofian, S. (2020). Bimbingan Teknis Perencanaan Partisipatif Pembangunan Desa di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Warta LPM, 23(1), 63–72.

Akbar, H. (2009). The Effect of Traditional Games in Fundamental Motor Skill Development in 7-9 Years Old Boys. Iranian Journal of Pediatrics, 19(2), 123–129.

Al Kadri, H., & Widiawati, W. (2020). Strategic Planning in Developing the Quality of Educators and Education Personnel. Indonesian Research Journal in Education, 4(2), 324–346.

Aliyyah, R. R., Rahmawati, Septriyani, W., & Safitri, J., Ramadhan, S. N. P. (2021). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 663–676.

Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2).

Arquero, J. L., Fernández-Polvillo, C., Hassall, T., & Joyce, J. (2017). Relationships between communication apprehension, ambiguity tolerance and learning styles in accounting students. Revista de Contabilidad, 20(1), 13–24. https://doi.org/10.1016/j.rcsar.2015.10.002

Arrajiv, D. A., Wahyuningsih, T., Kartini, K., & Rahmawati, L. E. (2021). Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Implementasi Literasi Digital Siswa SMA Negeri 2 Sukoharjo. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(1), 55–64.

Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Wulandari, M. (2021). Male or Female, who is better? Students’ Perceptions of Mathematics Physics E-Module Based on Gender. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(3), 207–224.

Baskara, F. R., Puri, A. D., & Wardhani, A. R. (2023). ChatGPT and the Pedagogical Challenge: Unveiling the Impact on Early-Career Academics in Higher Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(3), 311–322. https://doi.org/10.23917/IJOLAE.V5I3.22966

Boro, J. (2015). Sport in Harmonisation of Humanities. Journal of Humanities and Social Science, 20(3), 87–91.

Chua, A. Y. K., & Balkunje, R. S. (2012). Comparative Evaluation of Community Question Answering Websites. In Proceedings of 14th International Conference on Asia-Pacific Digital Libraries - ICADL ’12 (Issue February 2006, pp. 209–218). https://doi.org/10.1007/978-3-642-34752-8_27

Haiyudi, H., & Art-In, S. (2021). Challenges, strategies, and solutions of teaching Bahasa Indonesia in COVID-19 crises: Case in Khon Kaen University. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(2), 142–152.

Hellstrand, H., Korhonen, J., Räsänen, P., Linnanmäki, K., & Aunio, P. (2020). Reliability and validity evidence of the early numeracy test for identifying children at risk for mathematical learning difficulties. International Journal of Educational Research, 102(May), 101580. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101580

Kovačević, T., & Opić, S. (2014). Contribution of Traditional Games to The Quality of Student Relatian and Frequency of Student Socialization in Primary Education. Croatian Journal of Education, 16(4), : 95-112.

Lechner, C. M., Gauly, B., Miyamoto, A., Wicht, A. (2021). Stability and Change in Adult’s Literacy and Numeracy Skills: Evidence from Two Large-scale Panel Studies. Personality and Individual Differences, 108(2), 110.

Mafruhah, I., Mulyani, N. S., Istiqomah, N., & Ismoyowati, D. (2019). Development of ecotourism based on community empowerment (a case study of Kebumen Regency). Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi Dan Pembangunan, 19(2), 196–206.

Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22.

Makmur, S. M., Dunggio, R., Pilomonu, M. Z., & Maulana, R. (2023). Penguatan Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pancasila dan Metode Repetisi bagi Siswa di Sanggar Bimbingan Rawang Selangor, Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 74–83.

Maulina, Y. (2018). Penggunaan Konjungsi dalam Wacana Pembelajaran Literasi. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 9(2), 191–202.

Murray, E., Harrison, L. J. (2021). The Influence of Being Ready to Learn on Children’s Early School Literacy and Numeracy Achievement. Educational Psychology, 31(5), 529–545.

Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., & Sufanti, M., Rohmadi, R. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 161–168.

Ouedraogo, I., Hirakawa, Y., & Taniguchi, K. (2021). A fair chance for acquiring literacy skills? Suggestions for primary school dropouts in rural Burkina Faso. Education 3-13, 49(4), 433–447. https://doi.org/10.1080/03004279.2020.1733042

Piaw, C. Y. (2014). Relationship between Thinking Styles and Ability to Pay Attention of Malaysian Male and Female Student Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1035

Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1).

Rahmawati, Y., Ridwan, A., Hadinugrahaningsih, T., & Soeprijanto. (2019). Developing critical and creative thinking skills through STEAM integration in chemistry learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series1156.

Rivas, P. G. (2017). Strategies for Teaching and Dissemination of Artistic Heritage by Promoting Critical and Creative Thinking Among Future Primary Education Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237(June 2016), 717–722. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.112

Setyaningsih, E., Agustina, P., Anif, S., Ahmad, C. N. C., Sofyan, I., Saputra, A., Salleh, W. N. W. M., Shodiq, D. E., Rahayu, S., & Hidayat, M. L. (2022). PBL-STEM Modul Feasibility Test for Preservice Biology Teacher. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(2), 118–127. https://doi.org/10.23917/ijolae.v4i2.15980

Siagawati, M., & Prastiti, W. D. (2007). Mengungkap Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Permainan Tradisional Gobag Sodor.

Subadi, T. (2010). Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia (Studi Kasus TKW Asal Jawa Tengah dengan Pendekatan Fenomenologi). Forum Geografi, 24(2), 155–172.

Sulistyanto, H., Anif, S., Sutama, S., Narimo, S., Sutopo, A., Haq, M. I., & Nasir, G. A. (2022). Education Application Testing Perspective to Empower Student’s Higher Order Thinking Skills Related to the Concept of Adaptive Learning Media. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 4(3), 257–271.

Sulistyanto, H., Syafira, I. M., Isnaini, A. Q., Prasetyo, F. H., Qolby, W., Pramita, E., Tyas, R. A., F, I. K., Muhammad, F., & Khusain, R. (2019). Pembiasaan Pengelolaan Sampah sebagai Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan bagi Siswa MI Muhammadiyah Cekel, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 42–49.

Tedi, W. (2015). Perubahan Jenis Permainan Tradisional menjadi permainan Modern Anak-Anak Di Desa Ijuk Kecamatan Belitang Hulu Kabupaten Sekadu. Sociologique, 3(4), 1–17.

Umar, A., Savitri, A., Pradani, Y., Mutohat, & Khamid, N. (2021). Peranan Kuliah Kerja Nyata sebagai Wujud Pengabdian Kepada Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus IAIN Salatiga KKN 2021). E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Utomo, A. C., Widyawati, L., Supyanti, R., Guntur, N., Dhita, L. A. A., Rahmadhanti, A., Pratama, E. A., Riskiana, A., Amilia, N. Y., & Marwan, M. (2020). Pengenalan Kebudayaan Tradisional melalui Pendidikan Seni Tari pada Anak Usia Dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 77–82.

Article Metrics

Abstract view(s): 459 time(s)
PDF: 355 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.