Pendampingan Organisasi Pemuda Muhammadiyah dalam Penyelenggaraan Kejuaraan Olahraga Tradisional untuk Meningkatkan Warisan Budaya dan Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Menengah

Agam Akhmad Syaukani(1*), Eko Sudarmanto(2), Muhad Fatoni(3), Vera Septi Sistiasih(4), Ahmad Sulaiman(5), Ika Yulianingsih(6)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada Organisasi Pemuda Muhammadiyah Kowangan dalam penyelenggaraan kejuaraan olahraga tradisional tingkat SMP se-Kabupaten Temanggung. Olahraga tradisional tidak hanya menjadi bagian penting dalam warisan budaya, tetapi juga merupakan sarana efektif untuk mengembangkan karakter dan keterampilan siswa SMP.  Kegiatan ini mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kejuaraan olahraga tradisional. Tim pengabdian memfasilitasi Organisasi Pemuda Muhammadiyah Kowangan dalam menyusun rencana kegiatan, memilih tempat, dan menyusun aturan main yang adil. Selain itu, pendampingan dilakukan melalui workshop untuk meningkatkan keterampilan teknis dan manajerial panitia kejuaraan. Kegiatan ini menghasilkan respon yang positif dari peserta dan jajaran Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Temanggung. Secara internal, ketua PCPM menyatakan bahwa banyak manfaat yang diperoleh sepanjang kegiatan pendampingan ini. Selanjutnya, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh PCPM dalam kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan agenda-agenda kerja yang akan datang. Pendampingan yang dilakukan selama 3 bulan memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan kapasitas organisasi PCPM Kowangan. Kegiatan ini dikatakan baru yang pertama kali diikuti oleh PCPM Kowangan. Ke depan diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan agenda kerja yang belum terlaksana agar dapat dilaksanakan dengan baik melalui perencanaan yang matang dan kolaborasi dengan pihak eksternal dengan skim kerja sama sponsorship seperti yang telah dilaksanakan pada kegiatan ini.

Keywords

olahraga tradisional; pemuda muhammadiyah; pengembangan karaker siswa; warisan budaya

Full Text:

PDF

References

Alcaraz-Muñoz, V., Cifo Izquierdo, M. I., Gea García, G. M., Alonso Roque, J. I., & Yuste Lucas, J. L. (2020). Joy in Move-ment: Traditional Sporting Games and Emotional Experience in Elementary Physical Education. Frontiers in Psychol-ogy, 11, 588640. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.588640

Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59

Farhan, B. Y. (2022). An Organization’s Success and a Three-Factor Model of Leadership: Evidence from Harvard University. Inter-change, 53(2), 167–191. https://doi.org/10.1007/s10780-021-09446-0

Fatmawati, A. (2010). Pelatihan Pemanfaatan Web Bagi Pemuda Muhammadiyah Cabang Kartasura.

Gusmarani, K., & Rajiyem, R. (2022). Strategi komunikasi internal dalam perubahan or-ganisasi di masa transisi tahun 2019-2020. Jurnal Manajemen Komunikasi, 6(2), 137. https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.35518

Gustian, U., Supriatna, E., & Purnomo, E. (2019). Efektifitas modifikasi permainan tradisional dalam pengembangan physical literacy anak taman kanak-kanak. Jurnal Keolahragaan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jk.v7i1.22166

Hakim, L. (2011a). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PDAM Kota Surakarta).

Hakim, L. (2011b). Membangun Budaya organ-isasi unggul sebagai upaya meningkatkan kinerja karyawan di era kompetitif.

Hassan, A., Gallear, D., & Sivarajah, U. (2018). Critical factors affecting leadership: A higher education context. Transforming Government: People, Process and Policy, 12(1), 110–130. https://doi.org/10.1108/TG-12-2017-0075

Ishartono, N., Ulya, N. H. A., Sidiq, Y., Kholid, M. N., Ningtyas, Y. D. W. K., Kartini, N. H., & Oktiatama, F. B. (2023). Pening-katan Keterampilan Guru dalam Mengajarkan Matematika Berbasis Model Project-Based Learning Terintegrasi Pen-dekatan HOTS di Sanggar Belajar Sungai Buloh Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 107–116.

Prasetio, P. A., & Praramdana, G. K. (2020). Gobak Sodor dan Bentengan Sebagai Permainan Tradisional dalam Pembelaja-ran Penjasorkes Berbasis Karakter pada Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2858

Prastikawati, E. F., Adeoye, M. A., & Ryan, J. C. (n.d.). Fostering Effective Teaching Practices: Integrating Formative Assess-ment and Mentorship in Indonesian Pre-service Teacher Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Edu-cation (IJOLAE), 6(2), 23–253.

Prayitno, H. J., Wulandari, M. D., Utami, R. D., Siswanto, H., Syaadah, H., Purnomo, E., Muhajir, M., Vitayala, N., Saputri, P. Y., & Ulayya, P. I. (2023). Penguatan Karakter Keindonesiaan Berpendekatan Pembelaja-ran Holistik Bagi Guru & Fasilitor Sanggar Belajar SIKL Ikaba Imaba 1 Malaysia pa-da Era Komunikasi Global. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 198–210.

PWM Jateng. (2024, October 1). Pemuda Mu-hammadiyah [Blog]. Pemuda Muham-madiyah. https://pwmjateng.com/pemuda-muhammadiyah/

Soliha, E., & Maharani, R. K. (2011). Organ-isasi dan Lingkungannya.

Suhra, S., Djubaedi, D., & Haji Mail, A. A. B. (2020). The Contribution of Bugis’ Tradi-tional Games in Strengthening Students’ Character Education at Madrasa. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 233–244. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i2.9753

Sulistyanto, H., Djumadi, D., Sumardjoko, B., Haq, M., Zakaria, G., Narimo, S., Astuti, D., Adhantoro, M., Setyabudi, D., Sidiq, Y., & Ishartono, N. (2023). Impact of Adaptive Educational Game Applications on Improving Student Learning: Efforts to Introduce Nusantara Culture in Indonesia. Indonesian Journal on Learning and Ad-vanced Education (IJOLAE), 5(3), 249-261. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v5i3.23004

Wahib, A. (2023). The Influence of Workplace Spirituality, Commitment and Organiza-tional Culture on Teacher Productivity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 07(01).

Wardhani, P. I., Sarjono, A. A., Prahesti, F. S., Hajandi, F. A. W., Ariesta, W., Ardian-syah, J., Noviyanti, H., Nurdeni, R. A., & Listiawati, Y. (2020). Peningkatan Sistem Motorik Anak Usia Prasekolah melalui kegiatan Outbound di KB Aisyiyah Jong-grangan, Klaten. Buletin KKN Pendidi-kan, 1(2), 63–69.

Article Metrics

Abstract view(s): 129 time(s)
PDF: 83 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.