Pendampingan Organisasi Pemuda Muhammadiyah dalam Penyelenggaraan Kejuaraan Olahraga Tradisional untuk Meningkatkan Warisan Budaya dan Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Menengah
Agam Akhmad Syaukani(1*), Eko Sudarmanto(2), Muhad Fatoni(3), Vera Septi Sistiasih(4), Ahmad Sulaiman(5), Ika Yulianingsih(6)(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(5) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember
(6) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alcaraz-Muñoz, V., Cifo Izquierdo, M. I., Gea García, G. M., Alonso Roque, J. I., & Yuste Lucas, J. L. (2020). Joy in Move-ment: Traditional Sporting Games and Emotional Experience in Elementary Physical Education. Frontiers in Psychol-ogy, 11, 588640. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.588640
Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59
Farhan, B. Y. (2022). An Organization’s Success and a Three-Factor Model of Leadership: Evidence from Harvard University. Inter-change, 53(2), 167–191. https://doi.org/10.1007/s10780-021-09446-0
Fatmawati, A. (2010). Pelatihan Pemanfaatan Web Bagi Pemuda Muhammadiyah Cabang Kartasura.
Gusmarani, K., & Rajiyem, R. (2022). Strategi komunikasi internal dalam perubahan or-ganisasi di masa transisi tahun 2019-2020. Jurnal Manajemen Komunikasi, 6(2), 137. https://doi.org/10.24198/jmk.v6i2.35518
Gustian, U., Supriatna, E., & Purnomo, E. (2019). Efektifitas modifikasi permainan tradisional dalam pengembangan physical literacy anak taman kanak-kanak. Jurnal Keolahragaan, 7(1), 23–33. https://doi.org/10.21831/jk.v7i1.22166
Hakim, L. (2011a). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus PDAM Kota Surakarta).
Hakim, L. (2011b). Membangun Budaya organ-isasi unggul sebagai upaya meningkatkan kinerja karyawan di era kompetitif.
Hassan, A., Gallear, D., & Sivarajah, U. (2018). Critical factors affecting leadership: A higher education context. Transforming Government: People, Process and Policy, 12(1), 110–130. https://doi.org/10.1108/TG-12-2017-0075
Ishartono, N., Ulya, N. H. A., Sidiq, Y., Kholid, M. N., Ningtyas, Y. D. W. K., Kartini, N. H., & Oktiatama, F. B. (2023). Pening-katan Keterampilan Guru dalam Mengajarkan Matematika Berbasis Model Project-Based Learning Terintegrasi Pen-dekatan HOTS di Sanggar Belajar Sungai Buloh Malaysia. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 107–116.
Prasetio, P. A., & Praramdana, G. K. (2020). Gobak Sodor dan Bentengan Sebagai Permainan Tradisional dalam Pembelaja-ran Penjasorkes Berbasis Karakter pada Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2858
Prastikawati, E. F., Adeoye, M. A., & Ryan, J. C. (n.d.). Fostering Effective Teaching Practices: Integrating Formative Assess-ment and Mentorship in Indonesian Pre-service Teacher Education. Indonesian Journal on Learning and Advanced Edu-cation (IJOLAE), 6(2), 23–253.
Prayitno, H. J., Wulandari, M. D., Utami, R. D., Siswanto, H., Syaadah, H., Purnomo, E., Muhajir, M., Vitayala, N., Saputri, P. Y., & Ulayya, P. I. (2023). Penguatan Karakter Keindonesiaan Berpendekatan Pembelaja-ran Holistik Bagi Guru & Fasilitor Sanggar Belajar SIKL Ikaba Imaba 1 Malaysia pa-da Era Komunikasi Global. Buletin KKN Pendidikan, 5(2), 198–210.
PWM Jateng. (2024, October 1). Pemuda Mu-hammadiyah [Blog]. Pemuda Muham-madiyah. https://pwmjateng.com/pemuda-muhammadiyah/
Soliha, E., & Maharani, R. K. (2011). Organ-isasi dan Lingkungannya.
Suhra, S., Djubaedi, D., & Haji Mail, A. A. B. (2020). The Contribution of Bugis’ Tradi-tional Games in Strengthening Students’ Character Education at Madrasa. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 233–244. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i2.9753
Sulistyanto, H., Djumadi, D., Sumardjoko, B., Haq, M., Zakaria, G., Narimo, S., Astuti, D., Adhantoro, M., Setyabudi, D., Sidiq, Y., & Ishartono, N. (2023). Impact of Adaptive Educational Game Applications on Improving Student Learning: Efforts to Introduce Nusantara Culture in Indonesia. Indonesian Journal on Learning and Ad-vanced Education (IJOLAE), 5(3), 249-261. doi:https://doi.org/10.23917/ijolae.v5i3.23004
Wahib, A. (2023). The Influence of Workplace Spirituality, Commitment and Organiza-tional Culture on Teacher Productivity. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 07(01).
Wardhani, P. I., Sarjono, A. A., Prahesti, F. S., Hajandi, F. A. W., Ariesta, W., Ardian-syah, J., Noviyanti, H., Nurdeni, R. A., & Listiawati, Y. (2020). Peningkatan Sistem Motorik Anak Usia Prasekolah melalui kegiatan Outbound di KB Aisyiyah Jong-grangan, Klaten. Buletin KKN Pendidi-kan, 1(2), 63–69.
Article Metrics
Abstract view(s): 129 time(s)PDF: 83 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.