Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Berkomunikasi di Sekolah Inklusi

Salsabila Khoirunisa(1*), Muhroji Muhroji(2), Riyani Wulandari(3), Anggia Suci Pratiwi(4)

(1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Surakarta
(4) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(*) Corresponding Author

Abstract

Rasa percaya diri merupakan timbulnya keyakinan dalam diri individu terhadap kemampuan yang dimilikinya. Dengan percaya diri anak akan mudah memahami dan mengenal dirinya sendiri. Kurangnya rasa percaya diri menyebabkan terhambatnya pengembangan potensi diri pada anak. Anak dengan rasa percaya diri tinggi akan mampu berkomunikasi dengan baik di lingkunganya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya-upaya guru dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam membangun komunikasi di sekolah inklusi. Jenis kualitatif desain deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik interaktif. Hasil menunjukan: 1. Upaya guru dalam menumbuhan kepercayaan diri pada anak berkebutuhan khusus (ABK) dilakukan dengan memberikan motivasi, apresiasi, pujian, menciptakan rasa aman, nyaman, mencari potensi anak, mendorong anak mengikuti lomba, ekstrakulikuler, menerapkan skill berani dan memberi hak yang sama. 2. Dalam membangun komunikasi yang baik guru melatih emosional anak, memberikan pemahaman tentang persatuan, memberikan bimbingan membaca, menulis, menciptakan komunikasi bermakna, menggunakan media gerakan tubuh media tulisan, menjadi juru bicara dan membebaskan anak untuk berinteraksi di lingkungan sekitar. Berbagai upaya tersebut dinilai mampu meningkatkan rasa percaya diri anak dalam berkomunikasi di lingkungan sekolah. Terutama anak-anak berkebutuhan khusus yang merasa dirinya berbeda dengan anak-anak regular.

Keywords

anak berkebutuhan khusus; sekolah inklusi; rasa percaya diri

Full Text:

PDF

References

Aini, Q., & Alifia, P. (2022). Gangguan Keterlambatan Berbicara (speech delay) pada Anak Ssia 6 tahun di RA An-Nuur Subang 8 (Vol. 1).

Aisyiyah, Heny, P., Rahmawati, K., & Kudus, I. (2018). Kegiatan Pengembangan Diri Da-lam Menggali Potensi Anak … 98 Konsel-ing Edukasi: Journal of Guidance and Counseling.

Allizaputri, A. I., Arroyantri Prananjaya, B., & Suryani, P. R. (2022). Faktor Risiko Angka Kejadian Depresi dan Kecemasan Pada Caregiver Anak Dengan Disabilitas Intel-ektual. In JKJ): Persatuan Perawat Na-sional Indonesia (Vol. 10).

Ayudia Faizzah, N., & Desvita Putri, N. P. (2023). Pola Komunikasi Guru dan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Tunas Kasih. Prosiding Seminar Nasional, 1622–1628. https://doi.org/10.26714/jkj.10.1.2022.163-172

Bahri, Dasar, P., Lestari, A., Setiawan, F., Agustin, E., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Desember, 2(6), 610. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/arzusin

Bariyah, A., Jannah, M., & Ruwaida, H. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 572–582. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4604

Busyra, N. Z., & Pulungan, W. (2018). Penera-pan Konseling Direktif Untuk Meningkat-kan Kepercayaan Diri Pada Korban Bully-ing di SDN Kenari Jakarta. https://journal.paramadina.ac.id/index.php/inquiry/article/download/217/pdf_13/1126

Damayanti. (2019). Pengaruh Konseling Ke-lompok Dengan Teknik. http://repository.radenintan.ac.id/8202/1/SKRIPSI.pdf

Ekawati, F. F., Ismaryati, I., Rahayu, T. W., & Prasetyo, H. J. (2022). Peningkatan Pema-haman Tentang Aktivitas Fisik untuk Anak Cerebral Palsy pada Guru Kelas dan Orang Tua. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdi-an Masyarakat, 6(1), 43–48. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v6i1.3838

Eko Retnosari dan Rahayu Pujiastuti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya Jalan Dukuh Menanggal XII, I., Gayungan, K., Suraba-ya, K., & Timur, J. (n.d.). Maksim Kuanti-tas dan Maksim Kualitas Dalam Tuturan Bahasa Indonesia Pada Anak Disabilitas Intelektual Quantity Maxim and Quality Maxim in Indonesian Speech of Children with Intellectual Disabilities. https://doi.org/10.26499/rnh/v9i2.4053

Farid Haebah, A., Sa, C., & Farid Haebah Pen-didikan Dasar, A. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Anak Berkebu-tuhan Khusus Tipe Celebral Palsy dalam Menyelesaikan Soal Matematika di Sekolah Inklusi. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Faridatul. (2023). Upaya Meningkatkan Ke-percayaan Diri Pada Anak Tunarungu Me-lalui Keterampilan Merias di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember. http://digilib.uinkhas.ac.id/17531/1/SITI%20FARIDATUL%20MAGHFIROH-D20183026.pdf

Fauzia. (2020). Mengenali dan Menangani Speech Delay Pada Anak.

Fithriyana, R. (n.d.). Hubungan Kejadian Acne Vulgaris Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswi Kelas XI di SMAN 2 Bangkinang Ko-ta. http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/ners

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Ke-percayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Hanifah, S., Haer2, A. B., Widuri3, S., Santoso, B., Program, M., Sarjana, S., Sosial, K., Unpad, F., Csr, P. S., Sosial, K., & Masyarakat, P. (2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Men-jalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar (Vol. 2, Issue 3).

Ifalahma, D. (2023). Faktor Perkembangan Mo-rorik dan Perkembangan Kognitif Anak. https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.707-714

Istiqlal. (n.d.). Gangguan Keterlambatan Ber-bicara Speech Delay. 2021. https://doi.org/10.18860/preschool.v2i2.12026

Helmahera, B., Rosemary, R., & Rahmani, S. (2023). Analisis Komunikasi Interpersonal Proses Pembelajaran Guru Dalam Mening-katkan Kepercayaan Diri Siswa di SLB Negeri Bambi Kabupaten Pidie. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP USK (Vol. 3, Is-sue 8). www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

Hw, S., & Santosa, J. (2012). Revitalisasi Sekolah Luar Biasa (SLB) Pasca Imple-mentasi Program Pendidikan Inklusi.

Kamil, N., & Jailani, J. (2018). Peningkatan Ra-sa Percaya Diri Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing Dengan Pen-dekatan Saintifik. Profesi Pendidikan Da-sar, 5(2), 155-166.

Kusuma, R. S. (2017). Komunikasi antar pribadi sebagai solusi konflik pada hubungan remaja dan orang tua di SMK Batik 2 Sura-karta. Warta Lpm, 20(1), 49-54.

Liza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa. Jermal, 1(2), 89–97. https://doi.org/10.31629/jermal.v1i2.2214

Mareza, L. (2016). Pengajaran Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus pada Pendidikan Inklusi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikolo-gi, 1(2).

Masni, H. (n.d.). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v17i1.104

Muttaqien, P. I. (2020). Implementasi Pendidi-kan Inklusif Di Kota Tasikmalaya (Studi Kasus: Sdn Gunung Lipung 4 Kota Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan Ilmu So-sial, 30(1), 28-38.

Muzakkir. (2020). Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Mengikuti Pendidikan Inklusi. 5(1), 24–32. https://jurnal.usk.ac.id/suloh/article/download/20660/13727

Nilawati, E., & Suryana, D. (n.d.). Gangguan Terlambat Bicara (Speech Delay) Dan Pengaruhnya Terhadap Social Skill Anak Usia Dini. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/download/195/177

Nofiaturrahmah, F. (2018). Problematikan Anak Tunarungu dan Cara Mengatasinya (Vol. 6, Issue 1). http://dx.doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744

Nordin, M. N., Shafiai, S., & Johari, S. (2021). Stimulating Self-Confidence of Special Ed-ucation Students. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23156.07048

Nurfadillah, S., Riswanti, C., Mufliha, D., & Solatun, S. (n.d.). T S A Q O F A H Jurnal Penelitian Guru Indonesia Pendidikan Inklusi: Gangguan Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Siswa SDN Sukasari 5.https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/tsaqofah

Nurvitasari, S., Azizah, L. Z., & Susarno, S. (2018). Konsep dan Praktik Pendidikan Inklusi di Sekolah Alam Ramadhani Kedi-ri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi.

Pasaribu, R., Radiana, U., Wicaksana, L., & Salarasati, C. D. P. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENYE-LENGGARAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SMP NEGERI 4 JELAI HULU. Manajemen Pendidikan, 18(2), 165-176.

Pendidikan, J. I., Pembelajaran, D., Yuniari, N. M., Gusti, I., Indah, A., & Juliari, T. (n.d.). Strategi Terapis Wicara Yang Dapat Dit-erapkan Oleh Orang Tua Penderita Keterlambatan Berbicara (Speech Delay). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29190

Ratri Desiningrum, D. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. https://core.ac.uk/download/pdf/76939829.pdf

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Rizal, Y. K., Hidayat, S., & Suryana, Y. (2021). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Model Pengembangan Karakter Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar Melalui Program Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci. In All rights reserved (Vol. 8, Issue 1). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Salah, B. M., Sakher, S., Darawsheh, S. R., Quraann, E. A., Zaghlool, Z. D. M., Alkhawaldeh, M. A., Asha, I. K. K., & Al Sabi, Y. N. (2023). Guidance for Autistic Children in Increasing Confidence in So-cializing. Information Sciences Letters, 12(2), 807–812. https://doi.org/10.18576/isl/120222

Sari, E. R., & Kurniaman, O. (2019). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN 067 Pekanbaru. Pri-mary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Da-sar, 8(2), 125. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7628

Satya. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidi-kan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6187/5167

Sulfemi, W. B., Yasita, O., Muhammadiyah Bo-gor, S., Wijaya, S., & Bogor, H. (n.d.). Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.951.2020

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Syukri, M., & Lubis, A. (2019). Melacak Kesu-litan Anak Saat Belajar Perspektif Psikolo-gi. In Jurnal Pendidikan dan Keislaman (Vol. 14). https://doi.org/10.30821/alfatih.v2i1.22

Tania, A. S. R., & Nurudin, N. (2021). Self Dis-closure Komunikasi Antar Pribadi Pasan-gan Jarak Jauh dalam Mempertahankan Hubungan Saat Physical Distancing Era Pandemic COVID-19. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informa-si, 13(1), 1-15.

Utami. (2015). Layanan Bimbingan Belajar Bagi Anak Autistik di SDN Inklusif Ngleri Playen Gunungkidul Yogyakarta. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/135

Wardhani, P. I., Nisa, S. K., Ratnakannyaka, I. W., Damayanti, L., & Sari, D. E. (2020). Penggunaan gawai dalam pembelajaran bahasa Inggris bagi anak berkebutuhan khusus di SMK Negeri 8 Surakarta. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 156-163.

Yulika, R. (2019). Pengaruh Keceerdasan Emo-si Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa. https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.7838

Zaman, B. (2021). Membangun kepercayaan diri dalam pendidikan islam. SUHUF, 33(1), 77-94.

Zulkifli, M. (2019). Peranan Komunikasi Inter-personal Guru dalam Meningkatkan Penge-tahuan Anak (Studi pada Guru-guru di PAUD Kharisma dan PAUD Lestari). http://journal.trunojoyo.ac.id/pamator

Article Metrics

Abstract view(s): 342 time(s)
PDF: 310 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.